Belajar Mengapung Renang

Belajar Renang, Lainnya 0
banner 468x60

mengapungBelajar Mengapung Renang

Pada waktu permulaan belajar berenang, terutama pada saat masuk ke dalam air atau waktu melakukan berbagai gerakan timbul perasaan bahwa air itu seolah-olah turut mengangkat dirinya. Kemampuan mengambang akan menyadarkan anda, bahwa air itu dapat membantu sekalipun dengan sedikit usaha atau bahkan tanpa usaha apapun. Kebanyakan anda yang sedang belajar renang permulaan ada keyakinan, bahwa untuk tidak tenggelam, maka harus selalu menggerak-gerakan tangan dan kaki. Tetapi keyakinan tersebut lama kelamaan akan luntur, sesuai dengan kemampuan dan kemajuan renang yang dicapainya. Makin pandai anda dapat berenang, makin yakin bahwa bila seseorang masuk ke dalam air yang dalam, anda tidak tenggelam.

Mengapung Pada Permulaan Renang

Dan anda akan terapung-apung dengan sendirinya.Sikap tiarap, kedua telapak tangan pada dasar kolam selebar bahu, jari-jari tangan ke depan; kedua lengan lurus. Kedalaman air  setinggi lutut. Dari sikap tiarap kedua tangan bertelekan pada dasar kolam tersebut, selanjutnya kedua tangan diangkat ke atas. Dengan sepasif mungkin usahakan badan tetap mengapung. Lakukan latihan tersebut berulang kali.  Lama kelamaan akan terbukti, bila kedua lengan terangkat, badan akan terapung dengan sendirinya.Pada waktu akan bertelekan ambil nafas sedalam-dalamnya, dan pada waktu di dalam air udara dikeluarkan sedikit demi sedikit dari mulut ataupun dari mulut dan hidung.  Sikap permulaan jongkok pada dasar kolam, sehingga  kepala berada di bawah permukaan air.

Kedalaman air lebih kurang setinggi dada. Dan sikap tersebut selanjutnya kedua kaki terangkat dari dasar kolam. Kedua lutut tertekuk, kedua paha dekatkan dengan kepala atau dada, kedua  tangan berpegangan pada bagian bawah lutut. Dengan sepasif mungkin usahakan badan akan tetap mengapung. Jangan lupa ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan nafas dari mulut atau dari hidung sedikit demi sedikit. Sikap permulaan berdiri membungkuk, kepala di atas  permukaan air. Ambil nafas dalam-dalam kemudian kepala masukkan ke dalam air. Kedua tangan bebas di dalam air. Kedua kaki terangkat dari dasar kolam.

Semua anggota badan rileks dan dengan cara sepasif mungkin usahakan badan tetap mengapung seperti sikap ubur-ubur. Sikap ini ialah kedua kaki dan kedua lengan mengarah ke bawah. Pada waktu mengapung keluarkan udara sedikit demi sedikit dari mulut atau dari mulut dan hidung. Mata tetap terbuka, usahakan mengapung  di dalam air dalam sikap ubur-ubur tersebut selama mungkin. Bila sudah kehabisan nafas, kedua lutut diluruskan sampai pada sikap berdiri membungkuk kembali dan kepala di atas permukaan air. Ulangi latihan tersebut berkali-kali.

Incoming search terms:

Tags:
banner 468x60
Rate this article!
Belajar Mengapung Renang,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply