Dasar Belajar Renang

SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel

Pengenalan Air

Pengenalan air amat butuh untuk mereka yang baru pertama kali studi renang. tujuannya yaitu untuk menghilangkan rasa takut pada air serta mengetahui karakter – karakter air layaknya basah, dingin, dan seterusnya.

backstroke
Latihan pengenalan air bisa dikerjakan didalam wujud permainan atau yang lain, contohnya :

  • Berkejar – kejaran di kolam yang dangkal
  • Saling mencipratkan air ke muka teman
  • Memasukkan kepala serta badan ke didalam air
  • Menyelam melewati halangan yang dibikin teman
  • Main tebak – tebakan didalam air
  • Jalan melingkari kolam
  • Bermain kereta keretaan di air.

Meluncur

Sesudah mengetahu karakter – karakter air, maka dilanjutkan dengan latihan meluncur serta mengapun, caranya yaitu :

  • Berdiri dengan ke-2 tanganlurus, bungkukkan badan ke depan.
  • Tempatkan ke-2 kaki pada lantai kolam, sampai badan terdorong ke depan didalam sikap mengembang serta meluncur.

Atau Dapat Juga Dikerjakan Lewat Cara :

  • Berdiri dengan satu kaki, namun kaki satu yang lain ditekuk dengan telapak kaki melekat pada dinding kolam.
  • Ke-2 tangan lurus serta bungkukkan badan ke depan, lantas tolakkan kaki yang melekat pada dinding hingga badan terdorong ke didalam sikap mengapung serta meluncur.
  • Untuk orang yang tetap takut, sebelum saat berlatih meluncur mereka terlebih dulu menggerakkan kaki sembari duduk di tepi kolam atau memegang parit kolam serta menggerak – gerakkan kaki.

Latihan Pernafasan

A. Tehnik Gerakan Pernafasan

1). Sikap Permulaan

  • Berdiri kongkang di kolam dasar
  • Membungkukkan tubuh rata dengan air
  • Muka menghadap ke depan diantara ke-2 lengan yang dilurukjan ke depan.

2.) Gerakan

  • Pernafasan dikerjakan memutar kepala ke kiri atau ke kokan, hingga mulut mengambil nafas.
  • Gerakan tersebut berbarengan lengan searah dengan putaran kepala ada di belakang samping tubuh.
  • Latihan pernafasan ini digabungkan dengan gerakan lengan supaya bisa mengatur irama pengambilan nafas.
  • Pada prinsipnya mengambil hawa melalui mulut hembuskan didalam air.

B. Cara Lakukan Gerak Dasar Mengambil Nafas

  • Kerjakan dengan posisi telungkup terapung, serta ke-2 tanmgan memegang dinding kolam.
  • Ambil nafas melewati mulut serta masukkan muka ke didalam air, mata lihat ke depan sedikit.
  • Permukaan air di dahi, buang nafas melewati hidung. sesudah itu, putarkan kepala ke samping kanan / kiri berporos leher. hingga mulut serta mulut diatas permukaan air.
  • Buka mulut lantas ambillah nafas melewati mulut dengan cepat, lantas masukkan muka ke didalam air serta buang nafas didalam air.

C. Jenis – Jenis Gaya Didalam Olahraga Renang

1.) Renang Gaya Bebas

Style bebas ( bhs Inggris : front crawl ) yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. ke-2 belah lengan dengan bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sesaat ke-2 belah kaki dengan bergantian dicambukkan naik turun ke atas serta ke bawah. pada saat berenang style bebas, posisi muka menghadap ke permukaan air. pernapasan dikerjakan waktu lengan digerakkan ke luar dari air, waktu tubuh jadi miring serta kepala berpaling ke samping. pada saat mengambil napas, perenang dapat memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. dibanding style berenang yang lain, style bebas adalah style berenang yang dapat bikin tubuh melaju lebih cepat di air.

2.) Renang Gaya Dada

Style dada atau style katak yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapi tidak sama dari style bebas, batang tubuh senantiasa didalam situasi terus. ke-2 belah kaki menendang ke arah luar sesaat ke-2 belah tangan diluruskan di depan. ke-2 belah tangan di buka ke samping layaknya gerakan membelah air supaya badan maju lebih cepat ke depan. gerakan tubuh mengikuti gerakan katak tengah berenang hingga dimaksud style katak. pernapasan dikerjakan saat mulut ada di permukaan air, sesudah satu kali gerakan tangan-kaki atau 2 x gerakan tangan-kaki.

3.) Renang Gaya Punggung

Style punggung yaitu berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. gerakan kaki serta tangan sama dengan style bebas, namun dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. ke-2 belah tangan dengan bergantian digerakkan menuju pinggang layaknya gerakan mengayuh. mulut serta hidung ada di luar air hingga gampang mengambil atau buang napas dengan mulut atau hidung.

4.) Renang Gaya Kupu – Kupu

Style kupu-kupu yaitu di antara style berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. ke-2 belah lengan dengan berbarengan ditekan ke bawah serta digerakkan ke arah luar sebelum saat diayunkan ke depan. sesaat ke-2 belah kaki dengan berbarengan menendang ke bawah serta ke atas layaknya gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. hawa dihembuskan kuat-kuat dari mulut serta hidung sebelum saat kepala nampak dari air, serta hawa dihirup melalui mulut saat kepala ada di luar air.

D. Perbedaan Tiap-Tiap Gaya Renang

1.) Membedakan Renang Gaya Bebas Dengan Style Punggung

Terdapat banyak perbedaan yang berlangsung pada renang style bebas dengan renang style punggung. perbedaan diantaranya :

  • Posisi Badan

Layaknya yang terdaftar dimuka bahwa didalam renang style bebas, posisi badan mesti horisontal, meskipun kaki tetap cukup didalam didalam air, namun pada renang style pungung, posisi badan terlentang. untuk menjaga posisi tersebut, adabeberapa perihal yang butuh di perhatikan :

  1. Dada, bahu, serta panggul ada didalam air
  2. Muka ada sedikit di atas permukaan air hingga bisa leluasauntuk mengambil nafas
  3. Ke-2 kaki lebih rendah dari punggung serta dengan bergantian menendang air.
  • Gerakan Kaki

Gerakan kaki pada style punggung pada prinsipnya sama juga dengan gerakan kaki pada style bebas, cuma didalam posisi terbalik.

Bentuk-Bentuk Latihan Gerakan Kaki :

  1. Duduk di tepi kolam ke-2 kaki diluruskan ke didalam air, lantas kerjakan gerakan kaki
  2. Dengan posisi terlentang, ke-2 tangan pepegang tepi kolam
  3. Dengan posisi terlentang memakai pelampung
  •  Pernafasan

Pengambilan nafas style punggung amat tidak sama dengan style bebas. pengambilan nafas style punggung lebih gampang dikarenakan mulut serta hidung selalau di atas permukaan air, tinggal mengatur waktunya saja.

2.) Membedakan Renang Gaya Bebas Dengan Style Kupu-Kupu

Pola renang style bebas memiliki persamaan serta perbedaan dengan pola style renang kupu-kupu. persamaan terdapat pada tehnik meluncurnya. namun perbedaannya terdapat pada gerakan lengan. gerakan lengan :

  1. Pada renang style bebas ada 3 jenis gerakan lengan, yakni gerakan menarik ( pull ), mendorong ( push ), serta istirahat ( recovery ).
  2. Pada waktu renang style kupu-kupu, ada dua jenis gerakan renang, yakni waktu lengan di atas air serta di bawah air.

3.) Membedakan Renang Gaya Bebas Dengan Gaya Dada

Yang membedakan style bebas dengan style dada yaitu dari tehnik gerakan kaki. adapun cara untuk lakukan gerakan kaki pada renang style dada yaitu :

  1. Tarik ke-2 kaki mendekati pinggul, ke-2 paha agak terbuka, putar pergelangan kaki menghadap kaluar serta siap mendorong
  2. Dorongkan ke-2 kaki dengan berbarengan ke belakang agak menyamping sampai membentuk ½ lingkaran dibawah permukaan air.

E. Perihal – Perihal Yang Di Perhatikan Didalam Renang

  • Perihal – Perihal Yang Perlu Dikerjakan Sebelum Saat Berenang

Lakukan pemanasan untuk menghindar berlangsungnya kejang – kekang otot pada waktu berenang. pemanasan senam dapat dikerjakan lewat cara menggerak – gerakkan badan ( senam kecil ) atau dengan lari – lari kecil.

  1. Mandi pada air pencuran yang ada sebelum saat masuk ke kolam renang. perihal ini ditujukan untuk meyakinkan bawa tubuh didalam situasi bersih serta tubuh bisa sesuaikan dengan suhu air.
  2. Latihlah irama kaki terlebih dulu, sebelum saat wujud – wujud latihan yang lain.
  3. Ukurlah kekuatan diri atau sesuai dengan kemampuannya.
  4. Menggunakan baju renang yang berwarna ( tidak putih ) dikarenakan air kolam bisa mengakibatkan baju berwarna putih beralih jadi kekuning – kuningan ( mangkak )
  5. Jalan – jalan terlebih dulu didalam kolam dengan kedalaman yang pas adalah kesenangan yang menarik.
  6. Janganlah berenang didalam keaddan perut kosong atau terlampau kenyang. dikarenakan didalam berenang dibutuhkan banyak tenaga serta jika perut terlampau kenyang maka beban tubuh jadi lebih berat.
  • Perihal – Perihal Yang Perlu Dikerjakan Setelah Berenan
  1. Membersihkan mata supaya bersih dari kotoran. perihal ini butuh dikerjakan dikarenakan air didalam kolam renang umumnya kotor.
  2. Bila telinga kemasukan air, diusahakan air dapat keluar kembali sembari loncat – loncat atau lewat cara yang lain.
  3. Keringkan baju renang di area yang teduh ( tidak panas )
  4. Istirahat cukup
  5. Makan cukup

sumber : esaunggul.ac.id

Incoming search terms:

Leave a Reply