Macam-Macam Gaya Didalam Berenang

SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel

Didalam olahraga berenang ada empat ( 4 ) jenis style, salah satunya yaitu renang style bebas, renang style dada ( katak ), renang style pungggung, serta renang style kupu-kupu. adapun penjelasan tiap-tiap style yaitu seperti berikut.

macam-macam gaya renang

1.) Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas adalah style berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. renang style bebas sendiri yaitu style yang tidak terikat dengan tehnik-teknik dasar spesifik. renang style bebas dikerjakan dengan beragam macam gerakan didalam berenang yang dapat bikin perenang bisa melaju didalam air. hingga gerakan didalam style bebas dapat dipakai oleh sebagian orang, baik yang telah terlatih ataupun beberapa pemula.
posisi renang style bebas

  1. Posisi dada menghadap ke permukaan air.
  2. Ke-2 belah tangan dengan bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sesaat ke-2 belah kaki dengan bergantian dicambukkan naik turun ke atas serta ke bawah.
  3. Pada saat berenang style bebas, posisi muka menghadap ke permukaan air. pernapasan dikerjakan waktu lengan digerakkan ke luar dari air, waktu tubuh jadi miring serta kepala berpaling ke samping.
  4. Pada saat mengambil napas, perenang dapat memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. dibanding style berenang yang lain, style bebas adalah style berenang yang dapat bikin tubuh melaju lebih cepat di air.

2.) Renang Gaya Dada

Renang gaya dada adalah style berenang yang sangat popular untuk renang rekreasi. posisi tubuh stabil serta kepala bisa ada di luar air kurun waktu yang lama.

  1. Posisi renang gaya dada atau style katak
  2. Posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapi tidak sama dari style bebas, batang tubuh senantiasa didalam situasi terus.
  3. Ke-2 belah kaki menendang ke arah luar sesaat ke-2 belah tangan diluruskan di depan.
  4. Ke-2 belah tangan di buka ke samping layaknya gerakan membelah air supaya badan maju lebih cepat ke depan.
  5. Gerakan tubuh mengikuti gerakan katak tengah berenang hingga dimaksud style katak.
  6. Pernapasan dikerjakan saat mulut ada di permukaan air, sesudah satu kali gerakan tangan-kaki atau 2 x gerakan tangan-kaki.

Mulialah studi dengan berpegangan pada tepi kolam terlebih dulu, sembari gerakkan kaki layaknya diatas. terus ulangilah gerakan kaki, hingga betul-betul lancar.

3.) Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggunggaya punggung adalah style berenang yang nyaris serupa dengan style renang bebas. tetapi, cuma saja style punggung mempunyai posisi punggung yang menghadap kepermukaan air serta posisi muka menghadap ke atas. renang style punggung ini telah dikenal sejak zaman kuno.
pertama kali diperlombakan di olimpiade paris 1900, style punggung adalah style renang tertua yang diperlombakan sesudah style bebas.

Posisi Renang Gaya Punggung :

  1. Berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. posisi muka ada diatas air hingga orang gampang mengambil napas. tetapi perenang cuma bisa lihat atas serta tidak dapat lihat ke depan. pada saat berlomba, perenang memperkirakan dinding pinggir kolam hitung jumlah gerakan.
  2. Didalam style punggung, gerakan lengan serta kaki sama dengan style bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.
  3. Ke-2 belah tangan dengan bergantian digerakkan menuju pinggang layaknya gerakan mengayuh. mulut serta hidung ada di luar air hingga gampang mengambil atau buang napas dengan mulut atau hidung. Pada saat berlomba, tidak sama dari sikap start perenang style bebas, style dada, serta style kupu-kupu yang seluruhnya dikerjakan diatas balok start, perenang style punggung lakukan start dari didalam kolam. perenang menghadap ke dinding kolam dengan ke-2 belah tangan memegang besi pegangan. ke-2 lutut ditekuk diantara ke-2 belah lengan, sesaat ke-2 belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.

4.) Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba yaitu di antara style berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

Posisi Renang Gaya Kupu-Kupu :

  1. Posisi dada menghadap ke permukaan air.
  2. Ke-2 belah lengan dengan berbarengan ditekan ke bawah serta digerakkan ke arah luar sebelum saat diayunkan ke depan. sesaat ke-2 belah kaki dengan berbarengan menendang ke bawah serta ke atas layaknya gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba.
  3. Hawa dihembuskan kuat-kuat dari mulut serta hidung sebelum saat kepala nampak dari air, serta hawa dihirup melalui mulut saat kepala ada di luar air.

sumber : sepengatahuanku.blogspot.com

Incoming search terms:

Leave a Reply