Cara Menguasai Dengan Cepat Gerakan Renang Gaya Dada

Gaya Dada 0
banner 468x60

Cara Menguasai Dengan Cepat Gerakan Renang Gaya Dada

gaya dadaSetelah menguasai posisi badan, macam-macam gerakan kaki,lengan/tangan, dan cara pernafasan yang lebih penting lagi adalah adanya koordinasi yang baik sehingga merupakan gerakan yang serasi dan utuh dalam gaya dada. Koordinasi ini hanya dapat terjadi setelah melalui latihan yang sungguh-sungguh dan terus-menerus. Anda diberi kesempatan untuk mempraktekan gerakan sebanyak mungkin sesuai dengan batas kemampuan. Ada dua pendapat tentang gerakan-gerakan yang lebih dahulu perlu di pelajari.

Pendapat pertama mengatakan dalam gaya dada yang perlu dipelajari dahulu adalah gerakan tangan dan kepala sewaktu mengambil dan mengeluarkan nafas, baru kemudian dilanjutkan dengan gerakan kaki. Sedang pendapat kedua gerakan kakilah yang penting dipelajari dahulu, baru kemudian gerakan lengan dan kepala dalam hal pernafasan. Keseluruhan dan keutuhan gerakan untuk terkoordinasikan dengan baik dalam gaya dada diuraikan sebagai berikut:

  1. gerakan tubuh meluncur maju. Dikatakan pula berakhirnya kedua kaki, menutup dan gerakan cambuk dan kedua tangan lurus ke depan, kepala masuk ke dalam air, telapak tangan menghadap ke belakang. 
  2. Kedua tangan ditarik, kepala khususnya mulut keluar di atas permukaan air untuk mengambil nafas melalui mulut, kedua kaki tetap lurus ke belakang. Tarikan kedua tangan setelah sampai pada bagian bawah dada akan menuju ke dagu, kedua kaki mulai ditarik ke depan dan dibuka. 
  3. Kedua kaki melakukan gerakan menutup, bersamaan dengan itu kedua tangan mulai akan meluruskan ke depan, kepala masuk ke dalam air. Kedua kaki mengakhiri gerakan menutup dengan cambukan pada pergelangan kaki, kedua tangan kembali diluruskan ke depan, kepala masuk ke dalam air diikuti dengan mengeluarkan nafas melalui mulut atau mulut dan hidung. 

Saat-saat tubuh meluncur ke depan. Kedua kaki lurus ke belakang, kedua tangan lurus ke depan, kepala masuk ke dalam air. Sikap ini kembali seperti gambar a, yaitu termasuk saat-saat berakhirnya gerakan maju.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply