Si Kecil Juga Dapat Kok Diajarkan Berenang

Belajar Renang 0
banner 468x60

baby renangTiap-tiap anak tentu suka bermain air. nah, kenapa kesenangan ini tidak digunakan untuk mengajarinya berenang ? faedahnya banyak loh.

Sesepuh renang di Indonesia, m. f. siregar, didalam satu peluang wawancara dulu mengeluh. begitu sukar melacak atlet renang yang memiliki bakat, terlebih yang dapat berprestasi tinggi. di antaranya dikarenakan banyak anak yang tidak diperkenalkan dengan olahraga ini sejak awal.

Menurut dr. karel staa, sp. a dari rs pondok indah Jakarta, tidak seluruh orang tua memiliki keberanian memperkenalkan olahraga renang pada anaknya. beberapa besar orang tua memanglah mencemaskan anaknya akan tenggelam, paparnya.

Lantaran itu, tidak sedikit orang tua yang baru mengajari si anak berenang atau memasukkannya ke pelatihan renang sesudah ia mulai besar. pastinya ini bukan hanya satu kekeliruan. bagaimanapun, tidak ada kata terlambat untuk seseorang mulai studi. cuma saja, apabila sejak awal si kecil telah diajarkan berenang, maka faedahnya pasti dapat lebih merasa.

Susan meredith, didalam bukunya teach your child to swim, menyebutkan, berenang untuk batita bukan hanya sebatas olahraga, namun juga menolong anak mengembangkan ketrampilan motoriknya jadi kuat serta lebih cepat. di samping pastinya untuk kesehatan serta kesehatan, hingga anak tidak mudah terkena penyakit.

Keuntungan lain, layaknya dikatakan karel, berenang bisa melatih keyakinan diri serta mengembangkan inteligensi si anak. apalagi, berenang juga dapat jadikan arena stimulasi psikologis dikarenakan berlangsung hubungan keluarga yang melibatkan bapak, ibu serta anak, bermain berbarengan didalam air. apabila didalam satu keluarga berlangsung jalinan hubungan yang terus-menerus, kedepannya jalinan emosional antar bagian keluarga dapat jadi baik, tuturnya.

Lalu, kapan tepatnya si kecil diajari berenang ? menurut karel, sejak bayi lalu telah dapat diajarkan berenang. terlepas umur tiga bln., bila kepalanya telah tegak serta dinyatakan sehat baik dengan motorik, pernafasan, pencernaan ataupun jantung, bayi telah dapat mulai diajarkan berenang, kata dokter yang bekas atlet renang serta pemegang rekor nasional 200 mtr. style dada pada 1960-1962 ini.

Namun dikarenakan di Indonesia belumlah umum mengajari bayi berenang, maka karel menganjurkan untuk mengajari si kecil saat usianya tetap hitungan balita. tidak usah cemas anak dapat tenggelam, tuturnya. karel menanggung, kemungkinan tenggelam amat kecil apabila orang tua telah mempersiapkan anak-anaknya studi berenang dengan benar serta safe.

  • Mulai Mengapung

Apabila si kecil terlihat telah akrab dengan air, barulah anda bisa mengajaknya ke kolam renang publik. dikarenakan sesudah bermain-main dengan air di tempat tinggal, diinginkan rasa yakin dirinya telah tumbuh. ia sudah berasumsi air sebagai sahabatnya. disamping, motoriknya juga telah makin bagus. enzim-enzim di tubuhnya juga telah masak, nature. hingga bermain air tidak lagi mudah mengakibatkan penyakit, terang karel.

Pada bagian ini anda bisa mulai mengajarinya gerakan mengapung di permukaan air. didalam posisi tubuh si kecil telentang, tempatkan telapak tangan anda dibagian tengkuk serta bokongnya hingga posisi tubuhnya sejajar dengan air. lantas giring si kecil didalam gerakan maju-mundur. demikian juga waktu si kecil didalam posisi tengkurap. namun ingat, tinggi tubuhnya mesti sejajar dengan permukaan air. langkahnya dengan menyangga sisi dada, perut serta pinggul si kecil. upayakan supaya kepalanya senantiasa menyembul di permukaan air.

Bila si kecil telah mahir mengapung, anda bisa meneruskan pelajaran ke step selanjutnya, yaitu mengajarkan dasar-dasar gerakan renang layaknya meluncur atau menggerak-gerakkan kaki gunakan alat bantu. contohnya pelampung yang dililitkan di lengan, ban plastik yang dililitkan di pinggang, maupun papan renang. umumnya, sebelum saat umur 3 th., dengan penanganan yang baik, anak-anak telah bisa lakukan gerakan mengapung dengan baik tanpa alat bantu, terang karel.

Setelah itu, anda juga butuh mengajari si kecil latihan bawah air. pegang si kecil didalam posisi menggendong supaya ia jadi safe didalam dekapan anda. lantas, perlahan-lahan anak dibawa tenggelam dengan jalur menekuk lutut anda. sembari anda menghitung dengan jelas di telinganya, satu, dua, tiga, masuk ! pertahankan posisi si kecil didalam gendongan anda, lantas perlahan-lahan nampak kembali di permukaan. kerjakan berapa kali untuk melatihnya ada dibawah air.

Latihan ini, menurut karel, amat bermanfaat untuk menambah rasa yakin diri anak saat menghadapi air di kolam. disamping ia lantas menguasai semua dasar-dasar renang. namun latihannya enggak usah sering-sering serta butuh dijaga supaya si kecil tidak tersedak atau menelan air, kata karel.

  • Mengetahui Air

Sebagai step awal, anjur karel, kenalkan dulu si kecil pada air untuk ia sesuaikan dirinya dengan air. anda bisa mengerjakannya di tempat tinggal melalui bak mandi berupa bathtub atau kolam renang mini dari plastik yang bisa dipompa.

Karel tidak menganjurkan anda mengajak si kecil ke kolam renang publik meski di sana ada kolam mini untuk anak-anak. dikarenakan pada step awal ini, unsur situasi yang cukup intim serta privacy pada anda serta si kecil amat dibutuhkan. bila pertama-tama telah diajak ke kolam renang publik, maka suasananya yang umumnya hingar-bingar serta bercampur-baur dengan anak-anak lain, jadi dapat mengakibatkan kerusakan pelajaran sangat basic namun jadi mutlak ini, tuturnya mengingatkan.

lantas yang sangat baik yaitu mengajari si kecil berenang di tempat tinggal. isi kolam plastik atau bathtub dengan air setinggi lebih kurang 30 cm. atau setinggi dengkul anak. hingga, apabila si kecil didalam posisi duduk, permukaan air ada hanya dadanya. serta umumnya, pada step awal ini, si kecil dapat duduk sembari tangannya menyibak-nyibakkan air. oh ya, janganlah lupa pengaturan suhu airnya, yang perlu sesuai dengan suhu tubuh. lantas manfaatkanlah air hangat.

Pada step pengenalan ini, prinsipnya anak mesti suka dulu dengan air serta berasumsi air yaitu kawannya. anda bisa membawa dan mainan-mainan bermacam warna yang bisa mengapung air, supaya si kecil betah berlama-lama di air.

Latihan pengenalan pada air ini bisa dikerjakan tiap-tiap hari sebelum saat si kecil dimandikan supaya jadi rutinitas. bisa dikerjakan lebih kurang 15-20 menit.

  • Style Favorit

Nah, saat ini si kecil telah siap untuk mulai diajarkan gaya-gaya berenang. umumnya yang sangat kerap diajarkan yaitu style sebagai favorit orang tuanya. tidak apa-apa, tutur karel.

Namun anda disarankan untuk tidak terburu-buru mengajarkan beragam style berenang pada si kecil. umumnya orang tua bila lihat anaknya telah pintar meluncur, riang bermain di air, itu bermakna anaknya telah siap terima pelajaran. walau sebenarnya tidak demikianlah, catat susan meredith.

Pelatih renang pada bayi serta anak-anak di inggris ini mengingatkan, nyaman di air tidak sama dengan safe. terburu-buru mengajarkan beragam style berenang, jadi dapat tidak safe serta tidak produktif. bukan hanya saja tidak dapat bikin anak jadi perenang yang tambah baik, juga tidak membuatnya tahan pada air.

Anak-anak yang telah memperoleh latihan dasar-dasar renang, menurut susan, sesungguhnya juga memiliki risiko yang lebih bila ada didalam air, dibanding anak-anak yang belum berlatih sekalipun. anak-anak ini condong memiliki perasaan bahwa mereka jadi nyaman serta safe dengan air. juga dikarenakan orang tuanya kerap memiliki kesan bahwa anaknya telah safe dikarenakan biasa ada di air.

Tetap menurut susan, ada perbedaan mutlak pada dapat berenang serta dapat safe didalam air. anak-anak kecil, seberapapun style berenang yang dikuasainya, terus tidak dapat dulu safe tanpa pengawasan orang tuanya.

Meski demikianlah tidak bermakna anda lalu mesti ragu-ragu atau membatalkan sekalipun mengajari si kecil berenang. yakinlah, rasa yakin diri anak jauh semakin besar dari orang tuanya. anak-anak lebih tidak gampang panik. mereka lalu tidak gampang kapok hingga sistem belajarnya lebih cepat. mereka belum hingga pada rasio-rasio ketakutan. jiwa mereka yaitu bermain. lantas tantangan baru dianggapnya sebagai enjoyment, tidak menakutkan namun menggembirakan, catatnya.

  • Tidak Memaksa

Yang mutlak diingat, pesan karel, pada waktu anak mulai studi berenang baik saat ada di kolam renang mini di bawah pengawasan orang tua ataupun di kolam renang besar didalam gendongan orang tua, bagian yang sangat mutlak adalah menolong anak untuk memperoleh rasa yakin diri serta nyaman didalam air. dikarenakan ini adalah langkah awal didalam latihan keamanan didalam air, tuturnya.

Disamping itu, saat mengajarkan berenang pada anak, karakternya mesti bermain serta berolahraga. anak mesti enjoy mengerjakannya, tukas karel. dikarenakan itu anda diminta tidak memaksa anak. terlebih sesungguhnya tidak sukar mengajari anak menyukai air, dikarenakan pada prinsipnya mereka suka bermain.

Bila anak hingga membenci air, menurut susan, tentu ia mempunyai trauma atau periode lantas yang tidak mengasyikkan dengan air. anda mesti melacak tahu dulu pemicunya, baru lantas dicari penanganannya, barangkali dengan melibatkan pakar psikologi anak. namun umumnya, dengan kesabaran serta ketelatenan orang tua, anak-anak bisa studi menyukai air.

Nah, apakah saat ini anda telah siap untuk mengajari si kecil berenang ? janganlah tunda lagi. siapa tahu kelak negara kita mempunyai juara olimpiade renang, yang di antaranya barangkali putra atau putri anda tercinta.

Santi hartono/nakita supaya si kecil berenang dengan safe serta nyaman

* sebelum saat berenang, oleskan cairan spesial di kulit tubuh si kecil supaya cahaya matahari tidak mengakibatkan kerusakan kulitnya yang tetap sensitif. cairan ini juga berperan membuat perlindungan kulit anak dari kemungkinan iritasi yang disebabkan oleh obat/cairan yang sering dipakai di kolam renang layaknya kaporit.

* untuk perlindungan kulit muka yang amat peka sekalian perlindungan mata disebabkan air di kolam renang, pakai kacamata spesial untuk berenang. pada sebagian toko olahraga terkemuka, ada kacamata renang untuk balita. tetapi yang mutlak upayakan sisi muka serta kepala anak senantiasa ada diatas air.

* jauhi melontarkan kalimat yang tidak beri dukungan sepanjang anda mengajari si kecil berenang. perlihatkan senantiasa sikap riang serta muka penuh senyum, hingga si kecil bisa nikmati berenangnya.

* apabila si kecil alami kecelakaan layaknya tersedak air atau tergelincir, ingatlah untuk tidak tunjukkan sikap panik. kerjakan tindakan dengan segera, namun dengan sikap terus riang.

* senantiasa beri pujian setiap saat anak dapat lakukan bagian berenang yang diajarkan kepadanya. sebaliknya, janganlah mengejek atau menyebutkan ia bodoh saat ia gagal, namun berilah kalimat yang membuatnya semakin bersemangat untuk terus studi.

* janganlah lepaskan si kecil sedetik lalu dari pengawasan anda. baik saat ia berenang di tempat tinggal, di kolam renang umum, ataupun di area pelatihan.

* usai berenang, segera mandikan si kecil. apabila berenang di kolam renang umum yang memiliki kandungan kaporit, guyur ia dengan air cukup banyak untuk menyingkirkan kaporit tersebut melekat terlampau lama di kulit. pakai sabun serta sampo spesial untuk anak. sesudah itu, keringkan tubuhnya serta olesi tubuhnya dengan lotion pelembut.

* hentikan aktivitas berenang untuk sesaat saat si kecil sakit, meski ia cuma batuk pilek. demikian juga bila ia terkena ruam kulit serta diare.

sumber : tabloidnova.com

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply