Tehnik Dasar Berenang Gaya Kupu-Kupu

banner 468x60

gaya kupu-kupuUntuk kalian yang suka dengan olahraga berenang pasti tidak asing lagi dengan gaya berenang yang satu ini, yakni gaya kupu-kupu. Gaya kupu-kupu ini memanglah tidak asing untuk yang kerap lakukan olahraga berenang namun untuk pemula barangkali gaya ini dapat sedikit asing di telinga mereka. supaya lebih memahami perihal gaya kupu-kupu ini segera saja dapat menjelaskan tehnik yang dipakai dalan renang gaya kupu-kupu :

  1. Gerakan kaki yang dikerjakan yaitu gerakan dolphin kick yakni ke-2 kaki dirapatkan serta mengayun berbarengan. lutut janganlah ditekuk terlampau banyak dikarenakan bila ditekuk dapat membuat badan sisi bawah tengelam.
  2. Gerakan tangan kita yaitu tarik serta segera dilanjutkan dengan dorongan. gerakan ini baiknya membentuk lekuk lubang kunci. gerakan tarik membentuk 1/2 lingkaran serta segera dlanjutkan dengan gerakan dorong hingga pinggang atau pangkal paha kita.
  3. Gerakan dorong mesti dikerjakan dengan cepat serta lurus ke belakang, sesudah itu tak perlu ada hentian tetapi segera saja tangan diatas atas air. perihal inilah yang dapat membuat tubuh kita terangkat ke atas.
  4. Gerakan tangan kita diatas air dimaksud recovery. saat melakukan recovery eluarkan daya sekecil barangkali, hingga dapat betul-betul jadi recovery untuk kita. eluarkan daya yang kecil maka waktu ke-2 tangan mengayuh di bawah air kita dapat mengeluarkan daya yang besar.
  5. Gerakan tangan waktu recovery yaitu jempol dibawah serta kelingking diatas. telapak tangan menghadap ke arah luar, bukan hanya menghadap ke arah bawah. pertahankan gerakan ini hingga ke-2 tangan masuk kembali ke didalam air.
  6. Pinggul mesti turut bergerak naik serta turun hingga gerakan seperti lumba-lumba bukan sekedar dikerjakan oleh kaki, tetapi oleh semua badan. tangan, tubuh sisi atas, pinggul serta kaki : seluruhnya mesti serasi serta ritmis saat melakukan gerakan bergelombang. sesuadah ke-2 tangan masuk ke didalam air, angkat pinggul hingga menyembul ke permukaan air.
  7. Saat ke-2 tangan masuk ke didalam air, jangan sempat kepala serta tubuh sisi atas kita tenggelam ke bawah terlampau didalam.
  8. Terangkatnya tubuh sisi atas kita ke atas air tak perlu terlampau tinggi, cukuplah hanya dagu kita ada di atas permukaan air di mana saat itu kita mengambil nafas.
  9. Pada tiap-tiap siklus ada 2 x tendangan. tendangan pertama dikerjakan pada waktu ke-2 tangan masuk ke didalam air. tendangan ke dua, yang dikerjakan dengan lebih kuat dikerjakan di dalam-tengah gerakan kayuhan tangan. tendangan ke duan inilah yang dapat mempermudah ke-2 tangan kita saat melakukan recovery. bila kita didalam satu siklus cuma menendang satu kali, kita dapat kesusahan untuk lakukan recovery.
  10. Saat didalam air, hadapkan muka ke bawah. dekatkan dagu ke dada anda. ini dapat menolong tubuh anda dapat streamline.
  11. Untuk menghirup hawa anda bisa mampu lakukan pada waktu tubuh naik lantas mendongakkan kepala ke arah depan. janganlah mengerjakannya terlampau lama, dikarenakan bisa menggangu kesempurnaan gerakan recovery.

sumber : sinauolahraga.blogspot.com

Tags:
banner 468x60
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply