Tentang Renang Gaya Bebas

Belajar Renang, Gaya Bebas 0
banner 468x60

Pengertian Renang Gaya Bebas

Gaya bebas yaitu berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. ke-2 belah tangan dengan bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sesaat ke-2 belah kaki dengan bergantian dicambukkan naik turun ke atas serta ke bawah. pada saat berenang gaya bebas, posisi muka menghadap ke permukaan air. pernapasan dikerjakan waktu lengan digerakkan ke luar dari air, waktu tubuh jadi miring serta kepala berpaling ke samping. pada saat mengambil napas, perenang dapat menentukan untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. dibanding gaya berenang yang lain, gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat bikin tubuh melaju lebih cepat di air.

Gaya bebas adalah gaya yang tidak terikat dengan tehnik-teknik basic spesifik. gaya bebas dikerjakan dengan beragam macam gerakan didalam berenang yang dapat bikin perenang bisa melaju didalam air. hingga gerakan didalam gaya bebas dapat di pakai oleh sebagian orang, baik yang telah terlatih ataupun beberapa pemula.

index
Tehnik Renang Gaya Bebas

  • Posisi Badan

Posisi badan mesti horizontal. meskipun kaki tetap cukup didalam didalam air. ada banyak hal yang butuh di perhatikan supaya posisi badan sejajar / horizontal yakni :

  1. Dahi serta telinga jangan sempat ada diatas permukaan air
  2. Punggung serta pantat sedikit ada diatas permukaan air
  3. Otot – otot perut serta leher rilek.
  • Gerakan Kaki

Gerakan kaki pada renang berikan dorongan ke depan mengatur keseimbangan tubuh. adapun langkah lakukan gerakan kaki pada renang gaya bebas yaitu :

  1. Gerakan kaki diawali dari pangkal paha s/d ujung jari
  2. Pada saat gerakan kaki ke bawah mesti dibarengi cambukan dari pergelangan kaki.
  3. Gerakan kaki ke atas dikerjakan lemas ( rilek ) jangan sempat keluar dari permukaan air.
  4. Gerakan kaki ke atas serta ke bawah dikerjakan dengan bergantian.
  5. Wujud – wujud latihan gerakan kaki, diantaranya :
  6. Menggerakkan ke-2 kaki naik turun dengan bergantian sembari duduk tepi’>di tepi kolam.
  7. Dengan sikap di antara tangan memegang parit kolam serta tangan yang lain membentuk sudut siku ke-2 lurus ke belakang lantas gerakan naik turun dengan bergantian dengan sumber gerakanpada pangkal paha.
  8. Latihan gerakan kaki sembari meluncur. diawali dari pinggi kolam dengan di antara kaki mendorong dinding, lantas sembari meluncur ke-2 kaki digerakkan naik turun dengan sumber gerakan pada pangkal paha.
  • Gerakan Tungkai

Didalam renang gaya bebas, tungkai kaki yang utama yaitu sebagai stabilisator serta sebagai alat untuk jadikan kaki terus tinggi didalam situasi streamline. hingga tahanan jadi kecil.

Langkah lakukan gerakan tungkai yaitu seperti berikut :

  1. Tungkai digerakkan dari pangkal paha
  2. Lutut serta pergelangan kaki melentur
  3. Ujung kaki lurus
  4. Dua atau empat atau delapan gerakan tungkai setiap tua gerakan lengan.
  • Gerakan Lengan

Gerakan Tangan Gaya Bebas Dibagi Jadi 3 Step Yakni :

•Gerakan Menarik ( Pull )
Dari posisi lurus ke depan, lengan ditarik silang dibawah dada dengan
siku dibengkokkan.
•Gerakan Mendorong ( Push )
Sesudah siku meraih bidang vertical bahu, dilanjutkan dengan mendorong hingga lengan lurus ke belakang.
•Istirahat ( Recovery )
Sesudah gerakan mendorong selesai serta tangan lurus ke belakang dilanjutkan angkat siku keluar dari air diikuti lengan bawah serta jari – jari dengan rileks digeser ke depan permukaan air lantas jari – jari dimasukkan ke didalam air.

Tehnik Gerakan Lengan Pada Renang Gaya Bebas :

  1. Siku tinggi ( diatas air serta di air )
  2. Telapak tangan rendah waktu diatas air
  3. Pergelangan tangan ke didalam waktu memulai
  4. Tarikan lengan terpusat pada alur pola gerak
  5. Ibu jari menyentuh paha
  6. Pola gerakan lengan yaitu pola gerakan huruf “s”
  7. Ada dorongan kelajuan wujud – wujud latihan gerak lengan
  8. Berdiri di darat atau di kolam yang dangkal, ke-2 kaki di buka selebar bahu, badan dibungkukkan ke depan serta ke-2 tangan lurus ke depan
  9. Lakukan gerakan menarik, menendang, serta recovery layaknya tehnik yang sudah diterangkan di atas, dengan ke-2 tangan dengan bergantian.
  10. Latihan gerakan lengan sembari meluncur, diawali dari tepi kolam, gerakan kaki bebas ( bisa digerakkan atau tidak ).
    gerakan – gerakan lengan pada renang style bebas perperan sebagai tenaga
  11. Atau penggerak di samping sebagai pengatur keseimbangan tubuh.
  • Mengapung

Mengapung dikerjakan dengan posisi awal berdiri. mengapung yang disebut yaitu mengapun pasir di area ( mengapung jongkok telungkup ). didalam renang yang amat beri dukungan tehnik mengapung yaitu dorongan serta tahanan. lantas tiap-tiap gerakan maju dari seorang perenang, bergantung dari kemampuan tahanan serta dorongan. tahanan yaitu kemampuan yang menahan perenang untuk kembali yang dikarenakan oleh air yang menahannya untuk ke depan. dorongan yaitu kemampuan yang mengakibatkan perenang maju yang dihasilkan oleh gerakan kaki serta lengan. tahanan didalam renang ada tiga jenis, yakni :

  1. Tahanan Depan ( frontal resistance )
  2. Tahanan Gesekan Air ( skin tiction )
  3. Tahanan Pusaran Air ( eddy resistance )

Tiap-tiap tahanan yang dikarenakan letak badan yang tidak pas, dapat kurangi kecepatan perenang.

  • Meluncur

Luncuran didalam renanggayabebas pada hakikatnya sama juga dengan luncurangayarenang yang lain ( kecualigayapunggung atau telentang ), luncuran ada dua jenis, yakni :

a. Luncuran Pasif yaitu luncuran yang disebabkan oleh aktivitas orang lain yang membantu. luncuran ini bisa dikerjakan dengan langkah :

  • Luncuran dengan pertolongan dua orang
  • Luncuran dengan pertolongan satu orang dengan langkah menarik lengannya.
  • Luncuran dengan pertolongan satu orang dengan langkah didorong tungkainya.
  • Luncuran dengan pertolongan satu orang dengan di dukung ( dipegang perut serta pahanya )

b. Luncuran Aktif, Ada 2 Jenis Yakni :

  • Luncuran aktif dari dinding kolam
  • Luncuran aktif dari basic kolam

Tarikan renang gaya bebas yaitu sumber pokok dari luncuran serta oleh perenang jadikan sebagai satu – satunya sumber dorongan atau luncuran.

  • Pernapasan

Pernafasan pada gaya bebas amat merubah badan didalam streamrine. putaran kepala untuk pernafasan sebaiknya dikerjakan dengan axl ( sumbu putaran ) garis selama badan. hingga kepala tak lagi naik terlampau tinggi dari permukaan air. pengambilan hawa dikerjakan dengan mulut. dengan kata lain, pengambilan nafas dikerjakan melewati mulut dengan langkah memiringkan kepala ke kanan atau ke kiri diawali sesudah akhir dari gerakan tangan menarik ( pull ). setelah istirahat ( recovery ) kepala segera masukkan ke didalam air keluarkajn hawa dari mulut. perihal ini ditujukan untuk hindari masuknya air ke hidung serta untuk mempersingkat waktu pengambilan hawa dikarenakan mesti dikerjakan dengan cepat.

Langkah – Langkah Pengambilan Nafas :

  • Lengan kanan diayunkan ke belakang hingga dibelakang pantat. berbarengan dengan gerakan ini, kepala menengok kea rah kanan sembari buka mulut serta menghirup hawa. lengan kiri bergerak ke atas air menuju kea rah depan. pada waktu yang sama lakukan gerakan lengan kanan serta menghirup hawa.
  • Lengan kiri diayunkan ke belakang layaknya halnya lengan kanan tadi, lengan kanan bergerak ke depan. kepala kembali menghadap ke basic kolam sembari menghembuskan hawa melewati hidung atau mulut air.
  • Sikap awal berdiri kangkang mukabelakang di basic kolam dangkal
  • Badan membungkuk, lengan kanan kea rah depan, lengan kiri kea rah belakang.
  • Kepala masuk ke didalam air.

Wujud – Wujud Latihan pPernafasan

  • Menghadap tepi kolam dengan ke-2 tangan berpegangan pada parit ( dikolam yang dangkal ), rendahkan ke-2 lutut sampai kepala masuk ke didalam air. putar leher ke kanan atau ke kiri, pada waktu mulut ada diatas permukaan air hirup hawa sejumlah – banyaknya melewati mulut, lantas putar kembali serta pada waktu mulut ada didalam air keluarkan hawa.
  • Latihan mengambil nafas dimulai dengan meluncur dari tepi kolam.

Rangkaian Renang Gaya Bebas Dengan Keseluruhan Rangkaian Renang style bebas terdiri dari :

  • Posisi badan
  • Gerakan kaki
  • Gerakan lengan
  • Gerakan pengambilan nafas
  • Pengambilan nafas

Latihan Koordinasi Gerakan
Latihan koordinasi gerakan yakni lakukan sebagian gerakan didalam satu rangkaian latihan, sebelum saat latihan renang style bebas, dengan total. sebagian jenis latihan koordinasi gerakan diantaranya :

  • Latihan gerakan lengan serta mengambil nafas dimulai dengan meluncur dari tepi kolam.
  • Latihan gerakan kaki, lengan, serta mengambil nafas.
  • Jika tehnik-teknik basic renang style bebas tersebut telah dikuasai dengan baik, artinya anda sudah bisa lakukan renang style bebas ( crawl ). untuk menambah ketrampilan renang dibutuhkan latihan yang intensif serta sungguh-sungguh.

sumber : sekolah007.blogspot.com

Tags:
banner 468x60
Rate this article!
Tentang Renang Gaya Bebas,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply