Trik Renang dan Cara Bernafas Gaya Dada

banner 468x60

nafas gaya dadaTrik Renang dan Cara Bernafas Gaya Dada. Gaya dada disebut juga gaya katak. Karena berenangnya meniru gerakan katak. Perbedaannya, pada manusia sewaktu sikap meluncur kedua kaki dan lengan lurus, sedang pada gerakan katak sikap seperti ini tidak dijumpai. Dalam abad ke-19, yang diajarkan di sekolah-sekolah termasuk di kalangan militer juga yang dilombakan hanya gaya katak saja, sehingga pada waktu itu gaya tersebut disebut schoolsiag (renang yang diajarkan di sekolah) yang diambil dari bahasa Belanda.

Bagi seseorang yang menguasai gaya ini dia dapat berenang dalamjarak jauh atau pada waktu lama. Aspek-aspek teknis yang perlu diperhatikan dalam gaya dada ialah:
– a) posisi badan,
– b) gerakan kaki,
– c) gerakan lengan,
– d) pengambilan nafas, dan
– e) koordinasi gerakan.
Gerakan pernafasan dilakukan bersamaan dengan gerakan lengan. Pengambilan nafas pada waktu mengangkat kepala keluar dari air sedang pengeluaran nafas dilakukan pada waktu kepala masuk di dalam air. Dengan kata lain pada akhir gerakan menarik oleh kedua lengan, kepala diangkat sampai mulut berada di atas permukaan air untuk segera mengambil nafas. Pada saat kedua lengan dilurüskan kembali, kepala masuk kembali ke dalam air dan waktu itu mengeluarkan nafas. Pengambilan nafas melalui mulut, sedang mengeluarkan nafas melalui mulut atau mulut dan hidung.

Incoming search terms:

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply