Ranomi Kromowidjojo, Nama Indonesia di Kancah Renang Dunia

Berita Renang, Internasional 0
banner 468x60

Ranomi kromowiddjojoDi hari paling akhir Kejuaraan Dunia Akuatik di Barcelona, Spanyol, satu nama khas Indonesia mencapai medali emas. Ya, di papan score serta di layar televisi tertulis peraih medali emas itu yaitu “KROMOWIDJOJO”. Namun janganlah kira Indonesia mencapai emas, lantaran dia yaitu Ranomi Kromowidjojo, perenang andalan Belanda.

Medali emas di hari paling akhir kejuaraan dunia itu yaitu emas ke-2 Ranomi. Namanya telah populer dari Olimpiade London, juga jauh pada mulanya ia telah membawa prestasi untuk renang Belanda.

Kromowidjojo memanglah mempunyai darah atau garis keturunan Indonesia, tepatnya Jawa Suriname. Ayahnya bernama Rudi Kromowidjojo datang dari Suriname.

Dalam biografinya yg dimuat di laman website www. ranomi. nl ia dituliskan bahwasanya Ranomi memanglah suka renang dari kecil. Ia kerap dibawa kakeknya ke Kursus Renang Groningen. Tak hanya renang, Ranomi juga senang olah raga karate, ia turut berlatih di sekolah karate punya ayahnya yg bernama Zakura. Tetapi setelah itu ia menentukan renang untuk arena prestasi, serta pilihannya nyatanya pas.

Pada th. 2005, dia bikin awal pintu masuknya di persaingan internasional. Dia jadi sisi dari tim inti Pemuda Belanda yg di pimpin oleh pelatih Marcel Wouda serta bekas pelatihnya, Jeanet Mulder.

Pada th. 2006 dia memulai karir di tingkat senior saat tetap berumur 15 th. di Kejuaraan Eropa Budapest. Ia berhasil mencapai perak di final 4×100 putri. September 2006, dia jadi sisi dari tim senior Olimpiade senior Belanda yg di pimpin oleh Jacco Verhaeren.

Pada bln. Maret 2007 ia dibawa untuk berperan serta dalam Kejuaraan Dunia Renang di Melbourne (Australia). Di sini ia berlaga di nomer estafet 4 × 100 putri, meraih final serta mencapai perunggu. Waktu itu ia masuk ke peringkat 13 dunia.

Pada th. 2008 Ranomi berbarengan tim estafet Belanda mencatatkan rekor dunia dalam nomer 4 × 100 m putri pada Kejuaraan Eropa di Eindhoven. Sebagian bln. setelah itu ia juga berjaya di Olimpiade Beijing. Di mana ia berlaga di nomer individu style bebas 200 m. Serta sudah pasti ia tetap sisi dari tim estafet yg sama serta mereka mencapai medali emas Olimpiade! Sesudah Olimpiade, ia geser ke Eindhoven untuk berlatih. Di pimpin oleh Jacco Verhaeren

2009 yaitu th. keemasan Ranomi di kolam renang. Di musim panas, Ranomi mencapai 6 medali emas di Kejuaraan Dunia di Roma. Dia memenangkan gelar juara dunia di 4×100 m di tim estafet. Pada Kejuaraan Eropa di Istanbul Ranomi kembali mencapai emas style bebas 50 serta 100 m.

Pada th. 2010 Ranomi juga sukses di nomer individu. Pada bln. Maret ia mencatatkan saat 53, 4 di style bebas 100 m putri serta memimpin peringkat dunia.

2012 jadi th. Ranomi. Berhasil di Olimpiade London dengan catatan saat 52, 75 detik di nomer style bebas 100m. Serta th. ini, Ranomi kembali membawa kejayaan untuk Belanda di Kejuaraan Dunia Barcelona. Ranomi Kromowidjojo sekurang-kurangnya juga bikin kebanggaan untuk kita yg di Indonesia. Berhasil Ranomi.

sumber : kompasiana.com

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply