Menangani Serta Menghindari Anak Tenggelam

Artikel Kolam Renang 0
banner 468x60

Tenggelam yaitu penyebab kematian keempat disebabkan kecelakaan. tiap-tiap th, kian lebih 4000 orang tenggelam, serta sepertiganya yaitu anak dibawah umur 14 tahun.

Anak Tenggelam
Kematian dikarenakan air yang masuk ke saluran pernapasan hingga otak kekurangan oksigen. belum lagi, tenggelam kerap dibarengi benturan di kepala serta leher yang dapat menambah fatal. anak amat senang air, dengan badan yang kecil, bak mandi lalu bisa jadi area beresiko untuk mereka.

Kolam renang yaitu area lain yang butuh diwaspadai. lebih kurang 300 anak dibawah umur 5 th. tenggelam di kolam renang di amerika serikat. dengan umum, tenggelam di kolam renang bisa dikarenakan kram kaki atau leher, penurunan kesadaran, bermain di air yang lebih didalam, tidak dapat berenang serta jatuh terpeleset. di makin lagi, umumnya mereka tidak memakai alat penyelamat yang lengkap. kunci utamanya yaitu mencegah jangan sempat tenggelam berlangsung.

Hindari Tenggelam :

Rekomendasi Dari American Academy Of Pediatrics Untuk Bayi Serta Anak Dibawah Umur Empat Tahun :

Janganlah dulu meninggalkan sesaat lalu seorang anak sendirian atau menitipkannya pada anak yang lain waktu ada di kolam renang, bak mandi, ember penuh air atau genangan air terbuka dimana lalu. siapa lalu juga tidak dapat menukar orang dewasa saat menjaga anak di lebih kurang air.
kerjakan “touch supervision”, berarti anak mesti bisa terjangkau oleh tangan serta dengan perhatian penuh. orang dewasa tersebut tidak bisa beraktivitas lain yang memerlukan konsentrasi layaknya menelpon, bercakap, atau pekerjaan rumah tangga.
Untuk kolam renang pribadi, yakinkan mempunyai pagar. penutup kolam renang, alarm, maupun benda lain tidak bisa menukar pagar empat segi untuk menghindar anak mendekati kolam renang.
menurut perubahannya, anak belum siap untuk diajar berenang hingga lagi th. ke-4. waktu pas mengajar anak berenang mesti sesuai dengan kekuatan anak. pelajaran berenang juga tidak jadi jaminan anak tak lagi tenggelam hingga pengawasan terus sangat utama.
Orang tua, pengawas, atau pemilik kolam renang semestinya belajar resusitasi jantung paru ( pernapasan buatan ) serta meyakinkan ada sarana penyelamat yang lengkap.
yakinkan anak menggunakan alat pelampung yang terjamin yang bikin anak bisa mengambang di air.
yakinkan orang yang dapat melindungi anak kita di kolam renang betul-betul seutuhnya berkonsentrasi terlebih apabila banyak anak yang perlu diawasi.
Pada kolam renang pribadi, pagar yang dianjurkan yaitu empat segi dengan ketinggian empat kaki atau lebih serta tidak dapat dipanjat. jarak pada dasar pagar dengan tanah serta pada pagar dengan pagar tidak bisa kian lebih empat inci. pintu pagar mesti dapat menutup sendiri serta arah membukanya mesti menjauhi kolam renang. alarm serta penutup kolam renang yang keras juga bisa menambah perlindungan.

Untuk Anak Umur 5-12 Tahun :

Anak butuh diajarkan berenang. tak hanya didalam kolam, anak juga mesti tahu peralatan pengaman berenang di area lain layaknya laut, danau, atau sungai dikarenakan risiko tenggelam di pengaruhi situasi lingkungan ( contohnya kedalaman, suhu air, cuaca ), ada tidaknya akses pertolongan, atau bahaya lain.
Anak mesti diajarkan untuk tidak berenang sendirian tanpa pengawasan orang dewasa.
Apabila anak bermain di alam, sampaikan untuk memakai alat pelampung yang safe contohnya waktu bermain perahu, bermain di laut, atau memancing.
Anak mesti tahu bila melompat atau menyelam ke didalam air bisa mengakibatkan luka. kedalaman air serta kemungkinan ada benda beresiko didalam air mesti diwaspadai sebelum saat anak masuk ke air. sisi tubuh pertama yang masuk air sebaiknya kaki terlebih dulu.
Ingatkan pada anak bahwa hawa dingin bisa menambah risiko tenggelam.
Anak yang mengidap penyakit kejang atau epilepsi mesti diawasi waktu berenang atau mandi berendam. mandi shower lebih dipilih dari pada berendam apabila tidak ada orang yang mengawasi.

Bila Tenggelam/Hampir Tenggelam Berlangsung Dihadapan Anda :

Membantu Anak Tenggelam Juga Berisiko Buat Anda. Yakinkan Anda Menguasai Situasi Serta Cukup Terlatih :

Pertama, coba menggapai anak yang nyaris tenggelam dengan tangan dari segi kolam renang. bila tidak dapat meraihnya, coba dengan tali atau alat pertolongan lain.

Bila anda mengambil keputusan masuk air, dekati dengan hati-hati dari belakang. janganlah mendekati anak dari depan, dikarenakan ia dapat merangkul anda serta anda lalu jadi sukar bergerak.

Bicaralah serta tenangkan korban waktu anda mendekat. tanyakan apakah seluruhnya baik-baik saja.
capailah bajunya atau tangkupkan satu tangan anda di dagu anak tersebut serta tarik korban dari belakang sampai ke area aman.

Katakan pada korban untuk menghindari tangannya dari anda serta teruslah tenangkan korban
bila korban berhenti bernapas atau tidak teraba nadinya, kerjakan resusitasi jantung paru ( pernapasan buatan ).
bila korban selamat tetapi sesudah itu menderita batuk, demam, maupun sakit otot, segera periksakan ke dokter.

sumber : anakku.net

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply