Polo Air

Info Kolam Renang, Lainnya 0
banner 468x60

Polo air yaitu olahraga air beregu, yang bisa dikira sebagai gabungan renang, gulat, sepak bola serta bola basket. satu tim bertanding terdiri dari dari enam pemain serta satu kiper. tujuan permainan menyerupai sepak bola, yakni untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, satu gol dihitung satu poin.
olah raga polo air adalah cabang olahraga yang telah cukup lama dipertandingkan di indonesia, apalagi cabang olahraga ini telah dipertandingkan pada pekan olahraga nasional pertama ( pon-i ) diadakan, sampai pertandingan multi-event regional, nasional ataupun internasional ( sea games, asian games, olympic games & world championships ) hingga saat ini.

oalahraga pola air BetawiTiap-tiap regu polo air terdiri dari 13 atlet yang terdiri dari 2 penjaga gawang serta 11 pemain. tiap-tiap regu yang dapat bertanding harus menggunakan uniform ( training/kaos ), celana renang seragam, topi polo air yang bernomor ( 1 s/d 13 ) yang dibedakan berwarna putih atau biru serta penjaga gawang nomer 1 serta 13 dibedakan dengan topi warna merah. ( bila regu yang bertanding mempunyai topi dengan warna tersendiri mesti membawa 2 set ( 1 set diberikan pada sekretariat pertandingan, dibutuhkan bila di antara pemain dari regu tersebut kehilangan topinya pada waktu bertanding ). tiap-tiap regu polo air turunkan 6 pemain dengan 1 penjaga gawang, keseluruhan 7 orang pemain di tiap-tiap pertandingan serta 6 orang cadangan yang perlu duduk dibangku cadangan didalam lapangan pertandingan, dengan 1 orang manager, 1 orang kepala pelatih serta 1 orang asisten pelatih. cuma kepala pelatih yang bisa berdiri serta jalan hingga batas 5 mtr. dari bangku cadangan untuk berikan instruksi pada regunya pada waktu posisi regu tesebut lakukan penyerangan. bila regu tersebut didalam posisi bertahan kepala pelatih cuma bisa berikan instruksi didalam posisi duduk.

Tiap-tiap pertandingan resmi menggunakan standar ketentuan international ( FINA ), pertandingan dipimpin 2 ( dua ) orang wasit & dibantu oleh 2 orang hakim garis ( goal judge ). lama pertandingan yaitu 8 menit ( bersih ) x 4 babak. jeda istirahat tiap-tiap babak 1 & 2 dan 3 & 4 yaitu 2 menit namun jeda istirahat untuk babak 2 ke babak 3 yaitu 5 menit. bila skor akhir dari babak 4 seri, dapat dilanjutkan 2 babak tambahan ( 2 x 8 menit ) untuk memastikan pemenang, bila tetap berlangsung seri, pertandingan dapat dilanjutkan dengan 5 ( lima ) bola tembakan penalti untuk tiap-tiap regu. tembakan pinalti diwakilkan oleh 5 orang pemain dari tiap-tiap regu, yang sudah ditentukan dengan berurutan serta tercatat disekretariat pertandingan dan diatur untuk berdiri di ke-2 segi tepi kolam renang untuk membedakan tiap-tiap regunya. titik tembakan pinalti di ambil 5 mtr. dari posisi gawang yang dikerjakan dengan bergantian dengan aba aba dari wasit yang memimpin tembakan pinalti.

Di Indonesia, polo air telah dikenal sejak th. 1908 serta berkembang di jaman th. 1950 s/d 1960-an, di jaman ini perubahan olahraga polo air indonesia berkembang dengan baik hingga cukup diperhitungkan di tingkat asia apalagi didunia. tim polo air indonesia banyak ikuti event internasional layaknya ganefo, kejuaraan asia & tidak dulu absen ikuti asian games th. 1954. 1958, 1962. 1966 serta paling akhir asian games pada th. 1970. apalagi prestasi tim polo air indonesia bisa dinilai amat baik. memasuki th. 1980 s/d 1999 olahraga ini tidak berkembang dengan baik, indonesia cuma kirim tim polo air hanya keikut sertaan di sea games. ( tabel hasil sea games & kejuaraan asia, asian games bisa dipandang di bawah ini )

Baru memasuki jaman th. 2000, ada 9 propinsi yang sudah lakukan pembinaan cabang olahraga polo air, layaknya propinsi Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jateng & DKI Jakarta. cabang olahraga inipun alami banyak pergantian didalam ketentuan & berkembang amat cepat didunia. indonesia yang semula cukup diperhitungkan di negara asia cuma turut berperan serta di sea games.

Pada th. 2005, pb. PRSI ( Pengurus Besar Persatuan Renang Semua Indonesia ) mengupayakan untuk memajukan kembali cabang olahraga ini, dengan diselenggarakan pertandingan pra liga polo air th. 2005, liga polo air i th. 2006, terbentuknya team polo air putri di Jakarta, diikuti dengan Sumatera Barat, Jawa Barat serta Jawa Timur yang lantas terselenggaranya kejuaraan nasional polo air putri, kejuaraan internasional Betawi cup 2005 dan liga polo air II th. 2007, liga polo air III 2008 serta liga polo air 2009.

Serta diawalinya pertandingan liga polo air Indonesia dinilai amat sukses dikarenakan membawa angin fresh untuk cabang olahraga ini, terlebih dengan diperbolehkan pemain asing untuk turut dan bermain mewakili tempat propinsi masing masing, perumpamaannya peng-da PRSI DKI Jakarta dulu mengontrak 3 pemain asal negara China, diikuti peng-da Sumatera Selatan memakai pemain dari Kazakhstan.

Dengan terus diselenggarakan liga polo air Indonesia dengan berkelanjutan, iklim persaingan jadi lebih semarak, melibatkan banyak sponsor serta pemain asing. ini berikan efek yang amat positif serta berikan situasi pertandingan yang tambah baik serta kompetitif dan bisa jadikan penentuan atlet paling baik untuk pembentukan tim nasional polo air Indonesia dengan diadakannya program promosi serta degradasi atlet paling baik untuk tim nasional. diinginkan pada tahun-tahun mendatang seluruh pihak baik pemerintah, induk organisasi, pemerhati olahraga aquatics Indonesia, komune olahraga polo air ( Jakarta waterpolo community ) bisa bahu membahu untuk memajukan perubahan olahraga polo air di Indonesia.

Area kursus polo air bisa didapati di sebagian kota di Indonesia layaknya : – kota Jakarta ( kolam renang senayan, gelora bung karno senin-sabtu jam 18. 00-21. 00 ) – kota Padang, Sumatera Barat – kota Bandung, Jawa Barat – kota Palembang & Musi Banyuasin – Sekayu, Sumatera Selatan – kota Jambi – kota Surabaya, Jawa Timur – kota Makasar, Sulawesi Selatan – kota Medan, Sumatera Utara ( K. R. Selayang ). – C. L. –

sumber : sarwendipermana.blogspot.com

Tags:
banner 468x60
Rate this article!
Polo Air,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply