Batas Usia Belajar Renang Untuk Bayi

Tips 0

Tidak dipungkiri bahwa kebayi sangat antusiar ketika diajak bermain air, terlebih lagi jika Anda sudah mulai mengenalkan renang kepadanya. Memang ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari belajar renang untuk bayi, seperti:

  • Berenang sebagai bagian dari aktifitas yang dapat melatih sistem kardio serta pernafasan bayi. Alhasil kinerja jantung dan juga pernafasannya menjadi lebih baik.
  • Berenang bayi dapat berfungsi untuk melatih syaraf motorik bayi sehingga dapat bekerja dengan lebih baik dan cepat.
  • Bayi dapat dilatih mental dan sosialnya, karena ketika berenang bayi akan belajar bersosialisai, cara mengatasi rasa takut, serta bagaimana memahami lingkungan di sekitarnya.

Lalu kini yang menjadi pertanyaan adalah kapan bayi dapat diajarkan untuk dapat berenang? Nah dibawah ini ada beberapa batas usia bayi berenang:

  1. Anda dapat mengajarkan bayi berenang setelah berusia enam minggu. Jika Anda mengajarkannya sebelum usia tersebut dikhawatirkan kulitnya terkena iritasi dan sangat sensitif terhadap infeksi bakteri yang oada umumnya ada di kolam renang umum. Ditambah lagi dengan usia yang relatif muda resiko kedinginan di kolam sangat besar.
  2. Usia bayi dari 6 hingga 12 bulan sudah aman untuk diajak berenang. Hal ini dikarenakan pada usia ini bayi sudah dapat beradaptasi dengan baik untuk berada di air kolam ataupun teknik pernafasan yang paling sederhana.
  3. Ketika bayi Anda sudah dapat menegakkan kepalanya ketika duduk di pangkuan orang tua, dengan ini maka bayi sudah dirasa cukup kuat untuk menopang kepalanya sendiri sehingga ketika belajar renang dapat tegak.

Namun bagi anda yang berkeinginan untuk mengajarkan renang di usia dini, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Suhu air kolam
  • Kebersihan kolam
  • Psikologi bayi. Anda harus dapat memperhatikan waktu yang tepat kapan seorang bayi belajar berenang, yaitu ketika bayi tidak lelah, tidak terlalu kenyang dan juga tidak mengantuk.
  • Anda dapat memberikan suasana gembira pada bayi. Usahakan untuk tidak langsung menceburkan bayi di saat pertama kali bayi belajar berenang ke kolam. Hal ini dapat menimbulkan rasa trauma.

Demikian batas usia belajar renang untuk Bayi, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply