Skip to main content

Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Berenang

Foto: swimming,org

Dalam mengatasi rasa takut saat berenang mungkin menjadi hal sulit bagi perenang. Hal tersebut memungkinkan beberapa perenang musti belajar dari awal kembali, namun Anda tidak harus seperti itu. Seperti halnya yang dialami oleh Adam Peaty, Pemenang Medali Emas cabang renang pada Olimpiade Tahun 2016, saat mengalami ketakutan terhadap air.

Adam mencoba dalam mengatasi ketakutan itu dan menjadi juara. Bila Anda mengalami gugup kala masuk ke kolam renang pertama kali, jangan khawatir, sebab bukan hanya Anda seorang yang mengalaminya. Karena sebagian besar kolam renang yang ada menawarkan kemudahan bagi orang dewasa untuk belajar. Seperti disediakan berupa papan petunjuk mengenai ukuran kedalaman kolam renang, kemudian terdapat fasilitas pembatas ukuran kedalaman kolam renang serta tersedia bala bantuan disekitar kolam renang.

Berikut ini adalah beberapa cara agar membantu Anda dalam mengatasi rasa takut saat berenang, yaitu:
1.      Pertama-tama basahi kedua kaki Anda menggunakan air kolam renang, kemudian cobalah perlahan-lahan masuk ke dalam air. Apabila Anda baru pertama kali atau jarang berenang, lakukan di tempat paling rendah kedalamannya.
2.      Setelah itu, usahakan Anda berada berdiri tegak sambil kaki berada di lantai kolam renang dengan nyaman. Kemudian percikkan air kolam renang ke wajah Anda sembari memikirikan hal-hal positif atau kalimat positif untuk diri Anda.
3.      Selanjutnya, cobalah Anda belajar mengeluarkan gelembung air, dengan cara menahan nafas di bawah air lalu bernafas keluar dari air.
4.      Kemudian pegang sisi pinggir kolam renang, dan lakukan latihan gerakan menendang dengan tubuh Anda sebagai latihan peregangan.
5.      Ingat, jangan merasa terburu-buru dalam melakukan setiap langkah diatas. Karena hal utama bagi Anda adalah mencapai kondisi yang nyaman, aman dan tenang.
Selamat mencoba..

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *