Skip to main content

Kupas Tuntas Berbagai Gaya Renang, Teknik Renang, dan Manfaat Renang

Berenang gayaRenang adalah salah satu cabang olahraga yang memang banyak digandrungi oleh orang orang indonesia. Iklim indonesia yang bertipe tropis mengakibatkan penduduknya senang melakukan renang. Renang memiliki banyak gaya. Gaya renang ada bermacam macam, disini akan dijelaskan contohnya, cara melakukan, dan manfaat melakukan gaya renang tersebut.

Olahraga renang memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa gaya renang dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan dapat melancarkan peredaran darah. Namun dibalik segudang manfaatnya beberapa gaya renang dapat menyebabkan cidera. Nahuntuk mengobati rasa penasaran anda, disini akan dijelaskan uraiannya.

Berbagai gaya renang mudah dan memiliki banyak manfaat

Untuk mengobati rasa penasaran anda disini akan dijelaskan beberapa gaya renang yang banyak dilakukan oleh para orang orang di indonesia.
1. Gaya renang kupu kupu
Gaya renang ini sering disebut sebagai butterfly stroke. Gaya renang ini terbilang cukup sulit karena pengoordinasian antara gerakan kaki dan tangan yang dinilai memang butuh konsentrasi yang tinggi. Renang gaya kupu kupu sering digunakan dalam perlombaan renang internasional seperti olimpiade, dan lain sebagainya. Bagi anda para pemula memang cukup sulit untuk melakukan gaya renang kupu kupu.

Agar bisa melakukan gaya ini, anda harus berlatih secara rutin dengan pelatih. Namun jika anda tidak menginginkan dilatih oleh pelatih renang gaya kupu kupu, anda bisa autodidak atau berlatih sendiri. Namun jika anda berlatih sendiri akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasai gaya renang tersebut.

2. Gaya renang bebas

Gaya renang bebas dalam bahasa inggris sering disebut front crawl. Renang gaya bebas ini terbilang cukup mudah karena tidak memerlukan teknik khusus dalam gerakannya. Gaya front crawl dianggap gaya renang yang menguntungkan bagi para perenang karena anda dapat melaju dengan cepat di dalam air.

Gaya renang ini cocok digunakan untuk anda yang bukan atlet renang namun anda ingin bisa berenang. Namun gaya renang bebas tidak cocok digunakan untuk perlombaan karena dianggap tidak elegan.

3. Gaya renang dada

Gaya dada sering disebut gaya katak karena posisi kaki pada gaya renang ini menyerupai posisi kaki katak saat berenang. Gaya renang dada sangat cocok digunakan untuk rekreasi yang berarti cocok digunakan untuk anda yang suka berenang namun tujuannya bukan untuk kompetisi melainkan untuk sekedar menghibur diri atau mengisi waktu luang.

Gaya renang ini cukup mudah dilakukan. Untuk anda yang belum bisa melakukan gaya renang ini bisa berlatih sendiri atau dilatih oleh pelatih renang. Renang gaya dada merupakan gaya renang yang pertama yang harus dikuasai oleh pemula atau yang sering disebut gaya renang dasar.

4. Gaya renang punggung 

Renang gaya punggung memang sudah dikenal pada jaman dahulu yaitu jaman romawi pada saat olimpioade paris tahun 1900. Gaya renang ini bisa dibilang gaya renang tertua yang ada di dunia dibandingkan gaya bebas. Gaya renang punggung biasa disebut back crawl stroke karena memang posisi badan pada saat diatas air terlentang menghadap keatas. Gaya renang ini juga sering diperlombakan di olimpiade. Gaya back crawl stroke terbilang cukup sulit karena memang menggunakan teknik khusus.

Teknik dan Cara Melakukan Gaya Renang

Renang GayaSetelah anda mengetahui tentang beberapa gaya renang yang terkenal dan sering digunakan oleh orang orang, kini saatnya anda mengetahui tentang teknik dan cara melakukan empat gaya renang diatas.
1. Teknik gaya renang kupu kupu
Teknik gaya renang kupu kupu atau yang sering disebut butterfly stroke dan gaya lumba lumba, memiliki teknik dan cara melakukannya. Untuk mengobati rasa keingin tahuan anda, simaklah penjerlasan berikut.

2. Posisi start

Posisi start gaya renang kupu kupu adalah dengan membungkukan badan diatas balok tumpuan. Pada saat badan dibungkukan diatas air, lutut kaki anda sedikit ditekuk untuk memudahkan proses peluncuran. Posisi start sangat penting karena dapat mempengaruhi baik atau tidaknya perenang saat melakukan peluncuran.

3. Posisi badan

Tidak hanya posisi start, posisi badan pada saat melakukan renang gaya butterfly stroke sangat penting. Posisi badan sangat menentukan kesempurnaan perenang dalam melakukan gerakan. Pada saat diatas air, tubuh perennag diusahakan sedatar mungkin agar memudahkan tangan untuk mengayun. Selain itu inilah beberapa posisi badan yang harus diperhatikan.

  • Posisi kepala

Agar perenang mudah dalam mengambil nafas, perenang harus mengusahakan agar kepalaya naik sedikit saja ke atas permukaan air. Jika perenang sudah mengambil cukup nafas diharap segera menempatkan kembali kepalanya di dalam air agar mempersingkat waktu.

  • Posisi kaki

Gaya renang kupu kupu posisi kaki sebaiknya tidak menghentakan kaki di dalam air terllau dalam dan keras. Gerakan kaki pada saat melakukan gaya ini yaitu dengan menekuk kedua kaki pada lutut dan kemudian diluruskan kembali.

4. Gerakan kaki

Gerakan kaki pada salah satu jenis gaya renang ini adalah dengan menggerakan kaki secara bersamaan. Bagian kaki yang palin penting pada renang gaya kupu kupu adalah tungkai. Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan diuraikan teknik gerakan kaki renang gara kupu kupu.

  • Perenang harus memosisikan kakinya lurus muali dari pangkal sampai ujung kaki.
  • Perenang harus menekuk bagian lutut namun secara perlahan jangan sampai bengkok.
  • Perenang harus melakukan tendangan didalam air dengan cara meluruskan kaki yang pada awalnya dibengkokan, usahakan lakukan tendangan tersebut dengan keras agar mendapatkan jarak renang yang jauh.
  • Setelah ditendang, posisikan kaki ke keadaan awal yaitu diluruskan kebawah.

5. Gerakan lengan

Gerakan lengan pada gaya kupu kupu yaitu dengan memasukan kedua lengan ke dalam air. Selanjutnya gerakan kedua lengan anda secara bersamaan antara lengan kanan dan kiri. Gaya renang kupu kupu mudah dilakukan untuk anda yang sering berlatih renang. Berikut adalah cara melakukan gerakan lengan dalam renang gaya kupu kupu.

  • Catch atau menangkap : Cara melakukan gerakan menangkap yaitu lengap digerakan keluar permukaan air, kemudian dilanjutkan dengan gerakan mengangkap. Gerak menangkap ini dilakukan pada saat anda sudah masuk kedalam air. Gerakan ini juga bersamaan dengan gerak pertama yaitu cambukan.
  • Down sweep atau meraih : Setelah perenang melakukan gerak menangkap, langkah selanjutnya adalah dengan gerakan meraih. Cara melakukannya adalah siku siku dan pergelangan tangan agak sedikit membengkok ke bawah kemudia keluar lalu meraih air.
  • Insweep atau menarik : Langkah yang ketiga adalah menarik. Cara melakukannya yaitu dengan menarik tangan ke dalam dan belakang dibawah kepala yang dekat dengan badan.
  • Upsweep atau mendorong : Gerakan ini dilakukan pada akhir gerk menarik dan mendorong lengan ke belakang dan mengeluarkannya dari dalam air.
  • Recovery atau pemulihan : Gerakan ini dilakukan dengan cara mengangat siku perenang ke atas permukaan air lalu memutar bahu agar lengan pindah ke depan.

6. Pernafasan

Pengambilan nafas pada gaya renang kupu kupu adalah dengan mengangkat kepala ke atas permukaan air. Pada saat pengambilan nafas, diusahakan kepala perenang sedikit naik keatas permukaan. Hal ini dimaksutkan agar perenang dapat menghirup oksigen dengan sempurna. Usahakan kepala keluar ke permukaan air tidak terlalu lama agar menghemat waktu dan mendapatkan oksigen dengan baik. Proses pengambilan nafas sangat penting karena dapat mempengaruhi kekuatan menahan napas perenang di dalam air.

  • Pengoordinasian gerakan

Pada renang gaya kupu kupu gerakan lengan dan kaki harus sesuai dan sejajar pada permukaan air. Gerakan kaki juga perlu diperhatikan karena sangat berpengaruh pada kecepatan perenang di dalam air.

2. Teknik gaya renang bebas

Gaya renang bebas memiliki teknik yang cukup mudah. Anda bisa mempelajari teknik gaya renang ini dengan mudah karena tidak memerlukan teknik yang berbelit dan khusus. Ada beberapa posisi tubuh yang harus perenang perhatikan dalam renang gaya bebas. Untuk lebih jelasnya simaklah uraian dibawah ini.

  • Posisi tubuh

Posisi tubuh renang gaya bebas bisa dibilang gampang bisa dibilang sulit. Hal ini dikarenakan perenang harus memposisikan tubuhnya dari mulai kepala sampai kaki sejajar dan lurus dengan air. Posisi tubuh sangat berpengaruh pada teknik renang gaya bebas yang selanjutnya. Maka dari itu anda harus menguasai teknik ini.

  • Teknik meluncur

Teknik meluncur pada gaya ini bisa dibilang sama dengan teknik renang gaya punggung. Perenang harus menguasai teknik meluncur dengan memperhatikan langkah langkah berikut.

  • Langkah pertama adalah perenang harus mengambil posisi dengan berdiri di depan kolam renang. Kaki perenang diusahakan menempel di dinding kolam.
  • Yang kedua perenang harus membukukan tubuh ke depan dan harus sejajar dengan permukaan air. Jangan lupa kedua tangan anda harus diluruskan.
  • Langkah yang ketiga adalah perenang harus menolakan kaki yang menempel di dinding kolam.
  • Usahakan posisi kaki dan tangan anda tetap lurus dan sejajar.
  • Jangan lupa untuk mengambil nafas saat berenang.
  • Langkah yang terakhir adalah mengulang kegiatan diatas secara berulang agar kecepatan tubuh and di dalam air semakin bertambah dan melesat jauh kedepan.
  • Teknik lengan

Untuk bisa melakukan renang gaya bebas dengan baik, anda harus menguasai teknik lengan. Ada 2 teknik lengan yang bisa anda pelajari, seperti:

  • Dengan latihan di tepat

Teknik lengan dengan latihan di tempat dapat anda lakukan dengan cara berikut ini:

  • Berdiri dengan tubuh dibungkukan ke depan dan meluruskan kedua tangan anda.
  • Anda harus menari tangan kebawah sambil menekan air sehngga tangan anda ada dibawah tubuh.
  • Lakukan kedua langka diatas secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.
  • Jika posisi lengan anda belum sempurna ulang langkah langkah diatas sampai teknik anda sempurna.
  • Dengan latihan sambil meluncur

Teknik lengan renang gaya bebas dengan latihan sambil meluncur dapat anda lakukan dengan cara berikut ini:

  • Langkah yang pertama yaitu pastikan kedua tangan anda diluruskan ke depan atau dalam posisi siap meluncur. Setelah itu dayunglah lengan kanan dan kiri anda secara bergantian di dalam air.
  • Sembari mendayung kedua lengan anda secara bergantian, miringkanlah tubuh anda sedikit.
  • Lakukan langkah diatas secara berulang agar teknik lengan anda sempurna.
  • Teknik kaki

Teknik kaki pada renang gaya bebas sangat penting karena sanata berpengaruh pada jauh atau tidaknya jarak pada saat anda berenang. Teknik ini tidak bisa diperlajari denan mudah karena memerlukan keahlian khusus dalam melakukannya. Namun jika anda berlatih denan tekun pastinya anda akan mudah melakukannya. Teknik gerakan kaki bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu:

  • Melakukan teknik kaki gaya renang bebas dengan mengggerakan kedua kaki secara bersamaan. Kaki yang digerakan bersamaan dilakukan pada saat meluncur.
  • Yang kedua, anda bisa menggerakan kaki anda dengan menghadap dinding kolam dan tangan ana berpegangan pada dinding atau pegangan yang ada di kolam.
  • Yang selanjutnya anda bisa dibantu oleh teman anda untuk menggerakan kaki di dalam air.
  • Teknik pernafasan

Dalam berenang, teknik pernafasan memang sangat penting karena dapat mempengaruhi kuat atau tidaknya anda saat berada di dalam air. Berikut adalah beberapa cara pengambilan nafas pada renang gaya bebas.

  • Yang pertama anda harus memiringkan kepala sampai mulut anda keluar dari permukaan air. Ini adalah waktu yang tepat bagi anda untuk mengambil nafas.
  • Setelah itu anda harus membalikan kepala anda ke dalam air. Pada waktu ini anda bisa menghembuskan nafas di dalam air.

Dalam renang gaya bebas, anda perlu memperhatikan bahwa anda hanya bisa memalingkan kepala anda ke satu arah. Ke kanan atau ke kiri saja.

  • Teknik pengoordinasian pernafasan dan gerakan lengan

Berikut ini adalah beberapa langkah agar teknik pengoordinasian pernafasan dan gerakan lengan anda sempurna. Lets check it!

  • Anda harus mengambil gerakan pertama yaitu gerakan meluncur.
  • Kemudian, lemparkan lengan kanan atau kiri anda secara bergantian.
  • Ketika anda melemparkan lengan kanan dan kiri secara bergantian atau mendayung anda jangan lupa mengambil nafas.
  • Setelah gerakan mendayung dan mengambil nafas, anda jangan lupa menghadapkan muka anda ke dalam air.
  • Lakukan langkah di atas secara berulang, sampai anda merasa mampu dan gerakannya sempurna.
  • Teknik pengoordinasian antara gerakan tangan dan kaki

Untuk melakukan teknik ini, anda harus paham betul dengan teknik gerakan lengan dan kaki. Anda harus melakukan kedua teknik tersebut secara bersamaan dan dilakukan dengan benar.

  • Teknik pengoordinasian antara gerakan tangan, kaki, dan pernapasan

Agar bisa melakukan teknik ini, terlebih dahulu anda harus memahami teknik gerakan tangan, kaki, dan pernapasan yang telah dijelaskan diatas. Lakukan tiga teknik diatas secara bersamaan.

3. Teknik renang gaya dada

Teknik renang ini sering disebut renang gaya katak oleh orang orang. Renang gaya dada bisa dilakukan untuk anda yang sedang bersantai karena salah satu gaya renang ini tidak memerlukan keahlian dan teknik khusus. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan tentang teknik renang gaya dada dibawah ini.

  • Teknik meluncur

Teknik meluncur renang gaya dada sangat mudah dilakukan untuk anda yang hobi berenang. Agar anda sempurna dalam teknik peluncuran di kolam renang, sebaiknya anda melakukan teknik seperti dibawah ini:

  • Cara meluncur yang pertama adalah anda harus berdir tegak di pinggir kolam. Kemudian salah satu kaki anda harus ditempelkan di dindin kolam.
  • Cara yang selanjutnya adalah badan anda harus membungkuk sejajar dengan permukaan air. Sembari membungkuk kedua tangan anda dihimpitkan ke telinga anda.
  • Agar teknik peluncuran renang gaya dada bisa sempurna dan anda bisa mendapatkan luncuran yang jauh, anda harus mendorong salah satu kaki anda yang ddi tempelkan di dinding kolam.
  • Teknik gerakan kaki

Gerakan kaki pada salah satu aya renang ini memang sangat penting. Hal ini dikarenakan teknik gerakan kaki sangat mempengaruhi jarak renang anda di dalam kolam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan cara melakukannya.

  • Cara pertama, setelah anda meluncur dengan badan terlungkup di dalam air, anda harus menarik kedua kaki ke samping secara bersamaan.
  • Setelah anda menarik kedua kaki anda ke samping, kaki anda kemudian di luruskan dengan melecutkannya.
  • Lakukan kedua langkah diatas dengan benar agar anda bisa menghasilkan jarak renang yang jauh.
  • Teknik gerakan tangan

Teknik gerakan tangan juga tidak kalah penting dari gerakan kaki. Karena gerakan tangan bisa mempengaruhi jarak renang anda. Ada beberapa cara melakukan teknik gerakan tangan, seperti:

  • Setelah anda melakukan teknik meluncur, anda harus meluruskan kedua tangan dan kepala anda sejajar dengan permukaan air.
  • Selanjutnya, kedua tangan anda ditarik ke arah dada. Lakukan kedua langkah tersebut secara berulang. Jangan lupa telapak tangan anda juga ikut mendayung.
  • Teknik mengambil nafas

Jika kita ingin melakukan renang gaya dada yang benar dan sempurna, anda harus menguasai teknik bernafas. Teknik bernafas dinilai teknik yang penting karena jika anda tidak menguasai teknik ini anda tidak akan bisa berenang dengan baik, bahkan anda bisa tenggelam. Teknik pengambilan nafas bisa dilakukan dengan cara menaikan kepala anda keluar permukaan air pada saat gerakan tangan anda ditarik ke depan dada.

4. Teknik renang gaya punggung

Gaya BerenangGaya renang punggung ini merupakan gaya yang paling sulit dilakukan karena memiliki teknik yang khusus dan hanya beberapa orang saja yang bisa melakukannya dengan benar. Untuk anda yang ingin bisa melakukan renang gaya punggung dengan benar, perhatikan cara dibawah ini.

  • Posisi badan

Posisi badan renang gaya punggung memang berbeda dengan gaya renang lainnya. Posisi badan gaya ini yaitu terlentang menghadap ke atas dan sejajar dengan air.

  • Teknik meluncur

Dengan memiliki posisi tubuh terlentang, teknik meluncur pada gaya renang pungggung ini jelas berbeda dengan yang lainnya. Teknik meluncur memiliki beberapa cara yaitu:

  • Cara pertama, kedua tangan anda pegangan di dinding kolam. Sambil memegang dinding kolam, kaki anda dibengkokan dengan menumpu di dinding kolam.
  • Posisi lutut anda ditekuk dengan berada di antar kedua lengan anda.
  • Setelah itu, tangan anda dilepaskan sambil kaki anda mendorong ke belakang.
  • Usahakan saat anda mendorong kaki kebelakang, wajah anda menghadap ke atas dan ada diluar permukaan air.
  • Lakukan cara cara diatas secara berulang sampai gerakan meluncur anda sempurna.
  • Teknik gerakan lengan

Gerakan lengan pada renang gaya punggung memiliki beberapa tahapan, seperti:

  • Fase menarik : Tarikan pada renang gaya punggung dilakukan pada saat telapak tangan anda sudah masuk ke dalam air.
  • Fase mendorong : Gerakan mendorong dilakukan pada setelah melakukan tarikan. Gerakannya adalah dari ke belakang lalu kebawah.
  • Teknik gerakan kaki

Teknik gerakan kaki pada renang gaya punggung sama saja dengan teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas. Teknik gerakan kaki pada gaya ini cukup mudah, anda hanya menggerakan kaki ke atas dan kebawah secara bergantian di dalam air.

  • Teknik pengambilan nafas

Bisa dibilang pengambilan nafas pada gaya renang punggung ini sangat mudah karena posisi wajah sudah menghamdap ke atas dan tidak terendam air. Anda bisa bebas mengambil nafas dengan leluasa.

  • Teknik koordinasi gerakan

Untuk melakukan pengoordinasian gerakan yang baik, anda harus mampu melakukan teknik posisi bada, meluncur, gerakan lengan dan kaki secara bersamaan. Untuk menghasilkan gaya yang sempurna, anda haru berlatih secara rutin.

  • Posisi tubuh saat start

Berbeda dengan gaya renang lainnya yang melakukan start di luar air. Renang gaya punggung melakukan start di dalam air dengan posisi terlentang. Anda harus menguasai teknik ini karena sangat berpengaruh pada jarak dan kecepatan renang anda di dalam air. Jika posisi tubuh anda saat start salah, maka dalam melakukan teknik yang lainnya juga akan salah.

Manfaat Melakukan Renang

Renang adalah salah satu cabang olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan berenang memiliki keuntungan dan manfaat jika rutin melakukannya. Berikut adalah manfaat renang bagi kesehatan.

  1. Membakar kalori

Melakukan olahraga renang memang dipercaya ampuh untuk membakar lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh anda. Maka dari itu anda yang ingin memiliki tubuh proposional dan berat badan ideal disarankan untuk berenang. Untuk hasil yang maksimal jika anda melakukan renang lakukanlah dengan sekuat tenaga anda agar lemak dan kalori di dalam tubuh terbakar. Setelah berenang anda cukup berisitirahat beberapa menit saja lalu berenang lagi.

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Dibandingkan dengan berlari dan senam aerobik, berenang lebih ampuh dalam meningkatkan kekuatan otot tubuh anda. Hal ini dikarenakan berenang membutuhkan tenaga yang besar untuk mendorong tubuh yang ada di dalam air. Melakukan renang secara rutin juga dapat membentuk tubuh anda lebih atletis dan proposional.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga renang merupakan salah satu bentuk latihan aerobic yang memiliki untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dengan berenang anda bisa memperlancar peredaran darah yang menuju jantung. Berenang juga dapat menambah kemampuan anda untuk menahan nafas di dalam air.

  1. Mengurangi penyakit asma

Beberapa penelitian membuktikan bahwa berenang memang dapat mengurangi penyakit asma. Lakukan olahraga renang secara teratur agar anda dapat terhindari dari salah satu penyakit pernafasan tersebut. Selain asma berenang juga dapat mengurangi kadar gula yang ada ditubuh anda yang menyebabkan penyakit diabetes.

  1. Mengurangi stres

Berenang dapat mengurangi stres menurut beberapa penelitan yang sudah dibuktikan. Berendam di dalam air dapat mengurangi stres dan beban pikiran anda. Berendam di dalam air atau berenang dapat meningkatkan rasa senang dan kebahagiaan anda.

  1. Menambah tinggi badan

Jika anda memiliki tinggi badan yang kurang, disarankan anda melakukan olahraga renang. Renang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang sehingga anda dapat menjadi lebih cepat tinggi. Agar menuai hasil yang maksimal, anda juga perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Anda juga disarankan melakukan renang secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Uraian diatas tentang macam macam gaya renang, teknik renang, dan manfaat berenang semoga dapat menjadi reverensi pengetahuan tentang olahraga renang. Perlu diingat dalam berenang sebaiknya anda mengenakan baju khusus renang. Tidak hanya itu, anda perlu memahami etul teknik teknik dan cara berenang yang baik agar anda tidak tenggela atau kecelakaan di dalam air. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat.

Artikel terkait :