Skip to main content

Beberapa Tips Untuk Belajar Renang Dengan Mudah

belajar renangBerenang merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Apalagi ditambah cuaca Indonesia yang panas sehingga masyarakatnya gemar berendam. Dalam berenang anda harus menguasai trik dan kemampuan khusus. Hal ini dikarenakan berenang adalah olahraga di dalam air sehingga anda tidak bisa asal melakukannya gerakannya. Untuk anda pemula yang ingin belajar renang, sebaiknya menyimak penjelasan berikut ini tentang beberapa tips yang anda harus lakukan sebagai pemula renang. Lets check it!

Beberapa Tips Yang Harus Anda Ketahui Dalam Belajar Renang

Tidak usah berlama lama lagi, langsung saja menyimak penjelasan dibawah ini mengenai tips dalam belajar renang.

  1. Kuatkan niat didalam diri anda

Langkah pertama dalam tips mempelajari renang yang harus kamu kuasai adalah menguatkan tekad dan niat anda. Tanpa adanya tekad dan niat didalam diri, anda tidak akan melakukan segala sesuatu. Niat merupakan salah satu dasar yang paling penting yang harus anda kuasai. Niat membentuk pikiran anda untuk menggapai sesuatu yang diinginkan.

Bulatkan tekad dan niat anda dalam mempelajari olahraga renang. Usahakan anda menghilangkan semua pikiran buruk dan negativ jika berenang itu berbahaya dan beresiko tenggelam. Anda harus memiliki pikiran yang positif dan meyakinkan diri bahwa berenang adalah olahraga yang mudah dipelajari dan menyenangkan.

  1. Mempersiapkan barang yang dibutuhkan pada saat berenang

Langkah yang selanjutnya dalam belajar renang adalah mempersiapkan barang barang yang dibutuhkan pada saat berenang. Barang barang yang dibutuhkan pada saat berenang antara lain seperti baju renang, pelampung, dan kolam renang. Anda harus mengenakan baju renang untuk melindungi tubuh anda didalam air. Pasalnya suhu dan keadaan didalam air berbeda dengan diluar air.

Pakaian renang juga bisa bisa melindungi tubuh anda jika sendanya badan anda terbentuk dasar atau dinding kolam. Pelampung juga tidak kalah penting, karena anda pemula anda sangat disarankan menggunakan pelampung untuk berjaga jaga jika sewaktu waktu anda tenggelam. Anda bisa berenang di kolam renang pribadi atau waterpark.

  1. Anda harus didampingi oleh instruktur renang atau kerabat anda

Karena anda pemula, dalam belajar renang anda harus ditemani oleh instruktur renang atau keluarga anda. Pasalnya jika anda belajar berenang sendiri akan membahayakan diri anda. Dengan ditemani oleh instruktur renang anda akan dijaga dan diajari teknik teknik berenang yang benar. Jika anda tidak ingin belajar renang dengan instruktur, anda juga bisa belajar berenang secara otodidak dengan dibantu keluarga anda.

  1. Mengetahui teknik teknik dasar berenang

Ini adalah hal yang sangat penting dalam mempelajari renang. Anda harus mengetahui teknik dasar berenang karena sangat penting dan menjadi hal yang utama. Dengan mengetahui teknik renang anda bisa melakukan gerakan renang dengan benar. Ada beberapa teknik dasar berenang, seperti:

  • Bernafas : Teknik renang yang pertama adalah bernafas. Teknik ini dinilai sangat penting karena pernafas di air berbeda dengan di darat. Anda bisa berlatih pernafasan renang dengan cara menyelam di air beberapa saat. Semakin lama anda bisa bertahan didalam air, semakin baik pernafasan anda saat berenang.
  • Meluncur : Teknik meluncur adalah teknik yang harus dikuasai oleh pemula karena merupakan gerakan pertama dalam melakukan renang. Anda bisa melakukan latihan meluncur dengan bantuan pihak ketiga agar lebih mudah.
  • Mengapung : Ketika berolahraga di dalam air khususnya berenang, hal yang harus anda kuasai adalah mengapung. Teknik mengapung membantu anda dalam melakukan berbagai gaya renang. Anda bisa latihan mengapung dengan bantuan instruktur atau keluarga anda.
  1. Gaya berenang

Di dalam olahraga renang ada beberapa gaya yang harus anda kuasai. Setiap gaya dalam olahraga ini memiliki kekhasan dan ciri yang berbeda beda. Beberapa gaya renang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Namun anda sebagai pemula tidak perlu khawatir karena ada juga gaya renang yang mudah dipelajari. Gaya renang terbagi dalam beberapa jenis, seperti:

  • Renang gaya bebas : Renang gaya bebas termasuk salah satu gaya renang yang mudah dipelajari karena tidak memerlukan teknik dan keahlian khusus dalam melakukannya. Grakan tangan, kaki, dan cara pengambilan nafas pada renang gaya ini juga sangat mudah dilakukan.
  • Renang gaya dada : Gaya renang ini termasuk gaya renang yang mudah dilakukan karena tidak memiliki teknik yang cukup sulit. Koordinasi gerakan tangan, kaki, dan pengambilan pernafasan pada renang gaya dada juga mudah dilakukan.
  • Renang gaya kupu kupu : Renang gaya kupu kupu merupakan gaya renang yang paling sulit karena memiliki teknik gerakan tangan, kaki, dan pengambilan pernafasan yang sulit. Untuk bisa melakukan renang gaya ini anda harus berlatih secara rutin
  • Renang gaya punggung : Renang gaya punggung memang terbilang salah satu gaya renang yang posisi tubuhnya berbeda dengan yang lainnya. Untuk bisa melakukan renang gaya ini anda juga harus berlatih dengan keras.
  1. Latihan berjalan di dalam air

Berjalan di darat dengan di dalam air tentulah sangat berbeda. Di dalam air, masa tubuh kita menjadi lebih berat sehingga anda akan sulit untuk berjalan di dalam air. Maka dari itu anda harus mulai belajar berjalan didalam air. Anda bisa berlatih berjalan secara perlahan lahan dengan berpegangan pada pinggir kolam agar anda tidak tenggelam. Atau anda bisa berlatih di kolam renang yang dangkal terlebih dahulu.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips yang harus anda kuasai dalam belajar renang. Berlatihlah dengan rutin agar anda bisa melakukan berbagai gaya renang secara lancar dan tidak tenggelam.

Artikel terkait :