Skip to main content

Macam Macam Game Berenang di Kolam Renang

game berenang di kolam renangRenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan menggembirakan. Tak heran banyak masyarakat Indonesia bahkan dunia yang gemar melakukannya. Masyarakat banyak yang melakukan renang karena semata mata untuk berolahraga atau hanya untuk rekreasi semata. Masyarakat yang melakukan renang dengan tujuan rekreasi biasanya berenang sambil melakukan game. Ada banyak game berenang di kolam renang yang bisa anda lakukan. Jika anda belum mengetahui apa saja jenis permainannya, silahkan simak penjelasan dibawah ini tentang beberapa game yang dilakukan saat berenang.

Beberapa Macam Game Yang Bisa Dilakukan Saat Berenang Di Kolam Renang

Berikut ini akan dijelaskan beberpa game berenang di kolam renang yang sering dilakukan oleh masyarakat dunia. Lets check it!

  1. Permainan berburu harta karun

Game ini adalah yang paling pasaran dalam game di kolam renang. Game berburu harta karun maskutnya, anda ditugaskan untuk mencari koin, bola, atau barang semacamnya didalam dasar air kolam renang. Koin atau bola dilemparkan dari atas oleh seorang wasit atau orang yang tidak ikut melakukan game.

Permainan ini sangat berguna untuk melatih pernafasan dan paru paru anda di dalam air. Hal ini dikarenakan karena anda akan menyelam ke dalam dasar kolam renang untuk mencari barang tersebut. Tidak hanya itu, permainan berburu harta karun ini dapat meningkatkan ketelitian anda sebagai pemain.

Karena anda harus menyelam dan memasang kedua mata anda untuk melihat sekeliling dasar kolam apakah terdapat harta karun yaitu sebuah koin atau bola. Namun perlu diingat, permainan ini hanya diperuntukan untuk anda yang sudah mahir berenang dan menyelam saja. Karena jika anda tidak mahir dalam berenang dan menyelam, anda bisa tenggelam di kolam renang.

  1. Permainan kapal selam

Game berenang di kolam renang yang selanjutnya adalah permainan kapal selam. Permainan ini cukup mudah dilakukan. Sesuai dengan namanya yaitu kapal selam, berarti permainan ini berhubungan dengan bawah air. Nama kapal selam disini adalah sebagai perumpaan untuk diri anda yang sedang menyelam di dalam air.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Anda harus menggerombol bersama teman teman yang akan ikut bermain. Jumlah ideal untuk bermain kapal selam ini adalah 4 sampai 8 orang. Usahakan anda membuat lingkaran dari 4 sampai 8 orang tersebut. Ketiga aba aba dimulai anda harus menarik nafas sekuat kuatnya diatas permukaan air.

Hal ini dikarenakan, menarik nafas dengan kuat kuat akan membuat anda bertahan lama di dalam air. Sebenarnya anda juga bisa membuang nafas didalam air melalui mulut anda secara perlahan. Langkah ini dinilai sangat baik dan tepat karena bisa membuat anda bertahan lama di dalam air.

Dalam game ini, anggota yang paling lama menahan nafas di dalam air, dialah yang diputuskan sebagai pemenangnya. Permainan kapal selam juga sangat bermanfaat, karena bisa melatih kekuatan paru paru dalam menahan nafas didalam air.

  1. Permainan bola voli

Permainan bola voli tidak hanya bisa dilakukan di darat saja, namun bisa juga dilakukan di kolam renang. Permainan ini sangat mudah dilakukan oleh semua kalangan. Anda yang berminat melakukan permainan bola voli di atas kolam renang harus menyiapkan beberapa perlengkapan seperti net, bola voli, dan peluit atau sempritan.

Permainan ini juga memerlukan anggota sekitar 10 orang yang dibagi didalam dua tim. Peraturan bola voli di dalam kolam renang sama saja dengan permainan bola voli didarat atau diatas lapangan. Untuk anda yang tidak mahir dalam permainan ini pastinya akan kesulitan melempar bola karena membutuhkan loncatan yang tinggi agar bola bisa sampai di daerah lawan.

Tidak hanya itu, anda juga harus pandai dalam bergerak di dalam air. Hal ini dikarenakan saat bermain bola voli tentunya anda akan berlari kesana kesini untuk mengejar dan memukul bola. Permainan bola voli kolam renang juga membutuhkan satu wasit yang duduk dipinggir kolam renang. Perlu diingat, bagi anda yang menginginkan bermain permainan bola voli, harus pandai berenang agar tidak tenggelam didalam air.

  1. Permainan bola basket

Selanjutnya adalah permainan bola basket. Permainan bola basket ternyata juga bisa dilakukan di dalam kolam renang. Peraturan permainan bila basket didalam kolam renang sama saja dengan peraturan bola basket yang dilakukan dilapangan. Anda akan terbagi didalam dua kelompok lalu ada seorang wasit yang mengawasi.

Sebelum melakukan permainan ini, anda juga harus mempersiapkan beberapa peralatan seperti ring basket, peluit, dan bola basket. Anda yang bermain bola basket didalam kolam harus lincah bergerak didalam air.

Hal ini dikarenakan anda akan bergerak kesana kemari untuk memasukan bola ke dalam ring. Anda juga harus handal dalam berenang karena anda bisa sewaktu waktu tenggelam saat bermain permainan ini.

  1. Permainan botol air

Permainan botol air sebenarnya hampir sama dengan permainan harta karun. Cara melakukannya juga sangat mudah. Pertama tama anda harus mengisi botol air mineral yang berwarna bening atau transparan. Usahakan anda mengisi air anda didalam botol dengan penuh sehingga dapat tenggelam didalam air. Setelah mengisi dengan penuh air, lemparkan botol berisi air tersebut kedalam kolam, kemudian anda dan teman bermain anda mencari botol tersebut sampai ketemu. Anak yang menemukan botol air duluan, dia adalah pemenangnya.

Nah itu dia mengenai penjelasan game berenang di kolam renang. Semoga dapat menjadi bahan reverensi anda dalam mengetahui apa saja permainan didalam kolam renang. Pilihlah permainan yang sesuai dengan minat anda agar seru dan menyenangkan saat dilakukan.

Artikel terkait :