Skip to main content

Sejarah Olahraga Renang: Dulu Hingga Sekarang

olahraga renangSiapa yang tidak mengenal olahraga renang. Olahraga yang satu ini cukup populer sehingga banyak orang yang menekuninya. Tentu saja olahraga yang satu ini juga dijadikan sebagai ajang untuk perlombaan. Jika ditelusuri lebih dalam lagi, pasti anda akan kaget jika selama ini ini olahraga renang memiliki sejarah yang cukup panjang. Hal ini dibuktikan dengan adanya lukisan di gua batu yang menggambarkan kegiatan orang tersebut sedang berenang. Jika anda ingin mengetahui kegiatan renang dan sejarahnya maka simak artikel yang satu ini.

Sejarah Adanya Olahraga Renang

Sudah sejak lama olahraga yang membutuhkan media kolam renang ini dikenalkan, maka sudah lama pula olahraga ini dijadikan perlombaan dalam ajang olahraga seperti SEA Games atau Olimpiade. Banyak orang yang mengikutinya karena ingin memenangkan juara. Tentu saja ada banyak orang yang mengincar rekor dunia sebagai perenang tercepat. Namun yang perlu anda pahami, banyak orang – orang yang masih belum mengetahui asal usul olahraga renang. Saat ini orang – orang hanya menikmatinya saja tanpa mengetahui yang sudah dilalui oleh olahraga yang satu ini. oleh karena itu, pada artikel ini akan mengupas tuntas semua sejarah penting mengenai olahraga cabang renang. Harapannya anda bisa mengetahui lebih dalam lagi olahraga yang anda tekuni ini.

  1. Pada lukisan di Zaman Batu telah ditemukan dalam “gua para perenang” di daerah bagian Barat-Daya Mesir dekat Libya. Gambar yang berada di gua tersebut mendeskripsikan adanya orang yang sedang melakukan berenang menggunakan gaya dada atau gaya anjing mengayuh, walaupun gambar tersebut bisa saja tidak menunjukkan gerakan yang berkaitan kegatalan berenang yang berarti hal tersebut adalah prosesi ritual.
  2. Penggambaran perenang bisa ditemukan juga yang tepatnya di Hittites, Minoans, Timur Tengah lainnya, Tepantitla di Teotihuacan, dan mosaik di Pompeii. Referensi tulisan tersebut sudah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi. Ada juga beberapa hal yang menyinggungkan tentang para perenang di dalam naskah kuno Vatikan, Borgian, dan Bourbon.
  3. Kemudian Orang Yunani tidak melombakan renang pada perlombaan Olimpiade kuno, tetapi dalam hal praktik olahraga renang, banyak sekali ditemukan bangunan – bangunan seperti kolam renang pada bak mandi yang mereka miliki. Adapun pernyataan yang umumnya disinggung di Yunani adalah dengan mengatakan tentang seseorang bahwa ia tidak mengetahui bagaimana caranya untuk berlari ataupun berenang. Orang Etruscan di memperlihatkan gambar para perenang di 600 tahun sebelum masehi dan adanya makam di Yunani yang memiliki gambar para perenang di 500 tahun sebelum masehi.
  4. Renang awalnya adalah salah satu dari tujuh ketangkasan yang harus dikuasai oleh para kesatria pada Abad Pertengahan, hal ini juga termasuk menggunakan baju zirah saat berenang. Namun, ketika kegiatan renang mulai dilakukan dengan keadaan tanpa menggunakan pakaian, olahraga tersebut menjadi tidak populer. Hal ini disebabkan karena masyarakat sudah mulai konservatif dan hal tersebut juga sudah ditentang oleh gereja di akhir abad pertengahan. Sebagai contoh, saat di abad ke 16, pengadilan Jerman mencatat di dalam Vechta bahwa ada larangan kolam renang umum tanpa busana untuk anak – anak.
  5. Pertandingan Olimpiade yang berlangsung tahun 1896 di Athena berencana akan mengadakan lomba olahraga untuk cabang renang. Pertandingan tersebut hanya bisa di ikuti oleh kaum pria saja. Enam pertandingan lomba renang yang sudah direncanakan hanya empat nomor yang benar – benar diselenggarakan adalah nomor 100 m, 500 m, dan 1200 m gaya bebas dan 100 m hanya untuk pelaut. Perlombaan ini dimenangkan oleh Alfred Hajos yang berasal dari Hungaria dengan waktu 1:22.20 untuk nomor 100 m gaya bebas dan mendapatkan medali emas. Kemudian setelah itu lomba renang terus berlanjut dan diadakan di ajang Olimpiade.
  6. Sejarah olahraga renang selanjutnya ialah lomba ini hanya membedakan antara gaya dada dengan gaya bebas hingga sekarang akhirnya terdapat dua gaya yang ditetapkan untuk perlombaan yaitu (gaya dada dan gaya punggung) dan gaya bebas. Untuk gaya bebas, biasanya sebagian besar atlet menggunakan gaya Trudgen. Perlombaan ini juga memiliki kompetisi untuk lompat jauh. Lomba yang satu ini diukur dengan kedalaman yang telah ditempuh oleh perenang.
  7. Saat ini, akhirnya olahraga renang sudah menjadi olahraga yang memiliki banyak penggemar dan diminati banyak orang. Renang telah banyak dilombakan di dalam ajang perlombaan olahraga yang ada di dunia ini. Para atlet renang bersaing untuk merebutkan medali emas dengan cara menjadi yang paling cepat. Saat sebelum resmi menjadi olahraga, renang hanya bisa dilakukan di berbagai macam tempat, sekarang olahraga ini sudah memiliki tempatnya sendiri untuk ditekuni. Banyak manfaat yang didapatkan oleh anda jika benar – benar belajar renang. Salah satu kelebihannya adalah digunakan untuk melatih pernapasan.
  8. Sedikit informasi pada tahun 1908, lahirlah asosiasi renang yang disebut dengan nama FINA (Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk salah satu ketentuannya yang dibuat adalah membuat cabang nomor gaya kupu – kupu. Gaya kupu – kupu sendiri sudah sekitar 40 tahun telah berpisah menjadi gaya tersendiri dan terlepas dari bagian gaya dada lagi. Kemudian pada tahun 1912 sudah mulai diperbolehkan wanita untuk mengikuti lomba renang dengan jarak yang disesuaikan oleh federasi tersebut.

Berbicara masalah sejarah olahraga renang, ada baiknya anda memahaminya agar paham dan mengerti tentang seluk beluk olahraga renang. Sejarah sangatlah penting karena mengandung berbagai macam informasi yang bisa menguntungkan.

Artikel terkait :