Skip to main content

Strategi Pemasaran Dan 24 Cara Tepat Melakukan Promosi Bisnis Kolam Renang

kolam renangKolam renang merupakan salah satu peluang usaha yang belakangan ini sedang sangat diminati oleh banyak orang. Mengapa ? Hal ini dikarenakan banyak orang menilai bahwa untuk membuat sebuah usaha kolam renang tidak memerlukan modal yang banyak dan juga tidak sulit untuk membuat sebuah wahana kolam renang. Karena hal tersebutlah banyak orang yang melirik peluang usaha dengan membuat wahana air yang satu ini.

Namun membuat sebuah usaha kolam renang umum dengan konsep outdoor bukanlah tanpa kendala. Usaha apapun yang hendak anda buka pastilah memiliki beberapa kendala berarti yang perlu anda sikapi dengan bijak. Oleh karena itu, dalam artikel yang akan kami sampaikan berikut ini kami akan memberikan informasi seputar strategi pemasaran dan juga cara yang tepat untuk melakukan bisnis kolam renang yang akan anda buka. Informasi selengkapnya bisa anda simak dibawah ini.

Mengetahui Strategi Bisnis Dan Promosi Kolam Renang Outdoor Yang Baik Dan Benar

Alangkah baiknya sebelum anda mengetahui strategi bisnis dan promosi yang baik untuk membuka kolam renang outdoor anda, anda perlu mengetahui lebih dalam mengenai kolam renang outddor untuk umum tersebut. Kolam renang adalah sebuah petak yang dibuat secara sengaja yang didalamnya terdapat air yang cukup banyak agar bisa digunakan untuk berenang. Kebanyakan orang yang hendak membuat sebuah bisnis kolam renang ini membuat kolam renang dengan dua versi yakni kolam renang indoor dan juga kolam renang outdoor. Namun kali ini kami akan menjelaskan seputar usaha kolam renang outdoor.

Kolam renang dengan konsep outdoor merupakan kolam renang yang berada di luar ruangan. Kebanyakan bisnis kolam renang komersil menggunakan kolam renang outdoor ini sebagai andalan mereka karena lebih efisien biaya pembuatan. Kolam renang outdoor untuk umum atau kolam renang publik ini memiliki standar pembuatan yang perlu diperhatikan dengan seksama. Kolam renang untuk publik ini harus berlokasi ditempat yang memiliki luas sekurang-kurangnya 24m2. Hal ini karena untuk membuat sebuah kolam renang untuk umum diperlukan tempat yang luas agar para pengunjung anda merasa nyaman nantinya.

Selain ukuran yang luas, kolam renang untuk publik ini juga perlu anda perhatikan bagian lainnya seperti jumlah kolam renang yang anda buat harus ada lebih dari satu kolam. Hal ini bertujuan agar para konsumen anda nantinya tidak merasakan jenuh. Akan lebih baik jika anda menyajikan beberapa wahana permainan yang membuat konsumen anda nyaman seperti menambahkan beberapa perosotan, tempat sauna dan lain sebagainya.

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, sebelum anda membuka sebuah usaha maka ada beberapa strategi yang perlu anda persiapkan dengan matang agar usaha yang anda buka tersebut bisa berhasil dan juga berjalan dengan baik dari waktu ke waktu. Selain itu promosi yang baik dan tidak berlebihan juga akan menarik minat konsumen yang melihat usaha yang anda promosikan. Begitupun juga dengan membuat sebuah wahana kolam renang. Ada beberapa strategi yang perlu anda perhatikan untuk mengelola kolam renang buatan anda secara baik dan benar dan berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Memiliki Harga Tiket Dan Fasilitas Penunjang Yang Murah Dan Kompetitif

Harga tiket kolam renang murah merupakan idaman banyak orang. Mengapa ? Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa harga tiket masuk dan fasilitas penunjang dari kebanyakan kolam renang besar di Indonesia ini memiliki harga atau tarif yang tidak murah dan tidak ramah untuk kantong. Sehingga yang akan mengunjungi kolam renang tersebut hanyalah orang-orang dari kalangan-kalangan tertentu saja. Dengan begini maka orang-orang dari kalangan menengah kebawah tidak akan bisa masuk kedalam kolam renang tersebut yang justru akan membatasi jumlah orang yang mengunjungi kolam renang mahal tersebut secara signifikan.

Untuk mengakalinya anda bisa membuat kolam renang murah dengan meringankan tarif masuk kolam renang umum milik anda dan juga fasilitas penunjang untuk menikmati wahana dari kolam renang anda semisal perahu karet, pelampung dan lain sebagainya. Dengan begitu maka orang dari kalangan menengah kebawah pun bisa ikut menikmati wahana kolam renang umum yang sudah anda buat.

  • Memiliki Tempat Yang Cukup Strategis

Strategi selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menyukseskan kolam renang umum buatan anda sendiri adalah anda perlu membuka kolam renang anda pada tempat yang strategis. Strategis disini bukan berarti anda perlu membuka nya ditengah-tegah kota ataupun tempat yang ramai, namun membuka nya ditempat yang tepat cara memilih tempat kolam renang yang strategis ini adalah dengan melihat lingkungan sekitar sebelum anda membuat wahana kolam renang di daerah tersebut. Lingkungan penting dalam hal ini, bayangkan saja jika anda hendak membuka kolam renang namun di atas gunung yang memiliki suhu yang dingin atau di bibir pantai, pastinya kolam renang umum yang anda buat tidak akan sukses bukan ?

  • Menawarkan Fasilitas Yang Memadai

Fasilitas disini bukanlah wahana permainan yang biasa terdapat pada kolam renang anak ataupun yang lainnya melainkan peralatan yang mampu menopang segala wahana permainan ataupun hal lain yang ada pada kolam renang milik anda. Misalnya adalah perahu kaert, papan seluncur, pelampung dan lain sebagainya yang mampu memaksimalkan potensi wahana permainan kolam renang yang anda buat.

  • Sediakan Wahana Permainan Kolam Air Yang Banyak

Wahana permainan air di kolam renang atau biasa juga disebut dengan istilah waterboom merupakan salah satu hal wajib yang diperlukan untuk membuat sebuah kolam renang modern saat ini. Selain adanya kolam renang perosotan anak, anda sebagai pembuat kolam renang harus membuat pula wahana yang bisa digunakan oleh orang dewasa ataupun semua usia dari anak-anak sampai lanjut usia. Dengan begini peminat kolam renang yang anda buat akan semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Strategi Pemasaran Bisnis Kolam Renang Yang Efektif Anda Lakukan

Selanjutnya jika anda sudah paham dan berencana untuk merealisasikan strategi pemasaran kolam renang milik anda sendiri, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah anda perlu untuk melakukan rencana promosi yang baik, matang dan juga tidak berlebihan. Jika anda masih bingung apa saja rencana promosi yang baik dimata konsumen, maka anda bisa menyimak beberapa ulasan yang akan kami sampaikan berikut ini :

  1. Menyebarkan Brosur Di Pusat Keramaian

Cara promosi kolam renangCara promosi kolam renang yang pertama adalah dengan menyebarkan brosur yang berisikan informasi lengkap seputar kolam renang milik anda yang telah anda kemas secara menarik, singkat dan tidak berlebihan. Dengan menyebarkan brosur yang berisikan informasi lengkap seputar kolam renang yang anda miliki dan anda kelola di pusat keramaian maka anda bisa mendapatkan calon konsumen anda dengan lebih banyak dan juga dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan menyebarkannya di jalanan.

  1. Mempromosikan Lewat Radio

Radio merupakan salah satu media promosi terbaik yang ada di Indonesia bahkan dunia. Walaupun kenyataannya radio sudah memiliki jumlah pendengar yang jauh lebih sedikit dibandingkan dahulu, namun radio sekarang ini justru banyak di putar di tempat-tempat umum. Bisnis wisata kolam renang memang cukup sulit untuk di promosikan karena banyaknya persaingan terutama di kota-kota besar. Namun dengan mempromosikannya lewat radio dan di putar secara berulang dan berkala, maka banyak orang akan mulau berdatangan untuk mengunjungi kolam renang favorit yang anda kelola.

  1. Membuat Sebuah Iklan Baris Di Koran

Strategi promosi kolam renang selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat sebuah kolom iklan baris yang biasa terdapat di sebuah surat kabar atau koran. Mengapa langkah promosi melalui surat kabar perlu dilakukan ? Jawabannya adalah karena surat kabar atau koran adalah sebuah media yang hingga saat ini masih banyak dibeli dan dibaca oleh kebanyakan orang. Karenanya akan sangat efisien jika anda membuat sebuah iklan di koran. Karena efisien nya membuat sebuah iklan di koran, alangkah lebih bijaknya jika anda membuat sebuah iklan kolam renang anda berupa iklan baris saja. Karena hal tersebut bisa memangkas biaya promosi anda dan anda bisa mengalihkan biaya promosi berlebih anda ke sektor yang lainnya.

  1. Memberikan Tarif Promo Kolam Renang Yang Terjangkau Oleh Semua Kalangan

Promo kolam renang merupakan oasis ditengah banyak harga tiket masuk kolam renang yang mahal. Jika anda memang berniat melakukan promosi untuk kolam renang yang baru anda buat dan anda kelola, maka melakukan promo terhadap tarif masuk kolam renang ini bisa menjadi salah satu andalan bagi anda. Dengan adanya promo ini pasti banyak orang akan mulai membanding-bandingkan kolam renang anda dengan kolam renang yang lainnya dengan harga tiket masuk yang berbeda. Karenanya akan ada banyak orang yang mulai melirik kolam renang murah yang anda kelola dan bahkan bukan tidak mungkin jika nantinya kolam renang menjadi favorit diantara kolam renang lainnya.

  1. Mencetak Buletin Atau Brosur Rutin Setiap Ada Sesuatu Yang Baru Di Kolam Renang Anda

Mencetak buletin atau brosur merupakan salah satu cara yang ampuh sebagai sarana strategi bisnis kolam renang anda. Apalagi jika anda rutin membuat dan menyebarkan buletin atau brosur anda tiap kali ada sesuatu yang baru pada kolam renang yang anda kelola seperti wahana baru atau fasilitas baru. Promo waterpark atau kolam renang dengan cara ini dan selalu diulangi setiap ada sesuatu yang baru akan membuat konsumen anda menjadi semakin penasaran terhadap kolam renang buatan anda dan nantinya para konsumen anda akan memilih kolam renang milik anda sebagai destinasi wisata kolem renang waterpark mereka.

  1. Menyeponsori Sebuah Acara

Menyeponsori sebuah acara baik itu acara olahraga, musik ataupun kesenian lainnya akan membuat nama perusahaan kolam renang anda menjadi lebih besar dan ini merupakan strategi pemasaran waterboom ataupun kolam renang yang sangat cerdas dan efisien. Semakin sering anda menyeponsori sebuah acara, maka akan semakin besar juga promo kolam renang waterboom anda semakin dikenal oleh publik.

  1. Membuat Iklan Di Media Elektronik

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan kolam renang milik anda ke khalayak ramai adalah dengan membuat iklan di internet dengan menggunakan perantara media elektronik. Selain harga tiket kolam renang yang murah, melakukan promosi di media elektronik tentu sangat diperlukan untuk memperluas wilayah promosi anda dari yang tadinya hanya berada di daerah menjadi seluruh dunia.

  1. Membuat Sayembara Atau Undian Hadiah

Kebanyakan orang yang baru membuka sebuah usahanya akan membuat sebuah sayembara atau undian hadiah ketika usaha yang baru dibukanya sedang memasuki masa-masa promosi. Sama seperti usaha yang lain, promo kolam renang terbaru juga memerlukan sebuah promosi yang tidak hanya menarik para calon konsumen dari sisi keunggulan usaha anda tapi juga menarik dari segi timbal balik untuk para konsumen anda.

  1. Menjalin Kerjasama Dengan Beberapa Pihak Terkait

Pihak terkait disini maksudnya adalah pihak yang dapat meningkatkan provit anda dibidang kolam renang seperti toko peralatan renang dan bahkan penyedia layanan telepon seluler. Saat ini sudah banyak orang menggunakan layanan telepon seluler, dan jika anda menjalin kerjasama dengan salah satu penyedia layanan telepon seluler maka promo kolam renang terbaik bisa anda dapatkan dengan cara yang lebih mudah dan simple. Selain pihak penyedia layanan telepon seluler anda juga perlu untuk menjalin kerjasama dengan brand asesoris perlengkapan renang sehingga ketika brand asesoris perlengkapan tersebut sedang mengadakan promosi, bisnis kolam renang yang anda kelola memiliki kemungkinan besar untuk disebutkan namanya di sela-sela agenda promosi karena sudah menjalin kerjasama yang baik.

  1. Membuat Souvenir Dengan Brand Usaha Anda

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan keuntungan usaha anda adalah dengan membuat souvenir yang memiliki kaitan erat dengan brand usaha yang sedang anda geluti. Souvenir ini bisa berbentuk apa saja dari mulai mug, kaos bahkan kalender. Souvenir merupakan salah satu cara promosi kolam renang yang baik karena selain bisa memperluas pengetahuan akan usaha kolam renang yang sedang anda kelola, souvenir juga bisa meningkatkan keuntungan dari usaha kolam renang itu sendiri karena untuk mendapatkan souvenir ini para pelanggan anda perlu membelinya terlebih dahulu pada store atau toko resmi yang sudah anda sediakan.

  1. Membuat Logo Perusahaan Yang Menarik Dan Terlihat Ceria

Seringkali dalam membuat logo ada banyak kekeliruan dalam hal desain dan kesinambungan dengan suatu perusahaan yang memiliki logo tersebut. Hal ini dikarenakan perusahan tersebut lebih fokus terhadap hal-hal penting lainnya dibandingkan dengan sebuah logo perusahaan.

Padahal dampak yang dihasilkan dari tidak menariknya atau tidak nyambungnya sebuah logo perusahaan dengan jenis usaha yang ada pada suatu instansi perusahaan akan membuat pelanggan anda menjadi enggan untuk menjalin kerjasama. Karena anda berniat untuk membuka usaha kolam renangatau waterboom maka logo perusahaan yang perlu anda buat harus menarik dan juga terlihat ceria agar orang yang melihat promo waterboom murah yang anda buat menjadi lebih tertarik.

  1. Menyewa Seorang Agen Periklanan

Menyewa agen periklanan atau biasa disingkat sales promotion juga merupakan cara yang ampuh untuk membuat nama instansi anda menjadi lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas. Cara promosi kolam renang dengan menggunakan jasa dari seorang agen periklanan umumnya akan mendapat apresiasi yang lebih baik dari masyarakat karena agen periklanan ini umumnya akan membuat calon konsumen menjadi benar-benar yakin akan segala ucapan promosi dari agen tersebut.

  1.  Membuat Inovasi Dengan Memanfaatkan Teknologi

Maksud dari membuat inovasi dengan memanfaatkan teknologi ini adalah anda bisa membuat sebuah aplikasi berbasis android atau ios yang sekarang ini sedang banyak digunakan oleh orang-orang untuk berkomunikasi dan menikmati hiburan. Promo kolam renang terkini dengan cara membuat aplikasi pada dua platform tersebut tentu akan menjadikan calon pelanggan anda menjadi lebih yakin karena keseriusan anda dalam mengembangkan bisnis kolam renang anda sampai anda membuat sebuah aplikasi pada platform android dan ios tersebut.

  1. Membuat Cara Pemesanan Tiket Dari Jarak Jauh

Banyak orang pada era modern seperti sekarang ini yang mulai memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan mereka. Salah satu hal tersebut bisa terlihat dari pemanfaatan teknologi berbasis internet untuk melakukan pesesanan tiket atau booking tiket kolam renang online yang sangat mudah dan juga praktis. Karenanya anda perlu membuat sebuah website atau bekerjasama dengan website traveling ternama untuk memasukkan bisnis kontrkolam renang anda ke dalam list pemesanan tiket secara online.

  1. Memasang Atau Menampilkan Profil Perusahaan Ke Media Cetak Dan Digital

Profil dari sebuah perusahaan merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh para calon pelanggan anda. Dengan mengetahui profil perusahaan, maka calon pelanggan anda akan menjadi lebih tertarik untuk pergi ke kolam renang minimalis yang anda kelola. Namun bagaimanakan cara melakukan promo kolam renang umum yang menampilkan profil perusahaan namun sering dilihat oleh banyak orang ? Jawabannya adalah dengan melakukan promosi pada media cetak maupun media digital seperti portal berita online ataupun sebuah blog dari blogger ternama.

  1. Melakukan Promosi Dari Sektor Ke Sektor

Maksud dari melakukan promosi kolam renang terbaru yang anda kelola dan anda miliki adalah anda perlu melakukan sebuah agenda promosi dari mulai sektor pendidikan hingga ke sektor perkantoran. Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya melakukan olah raga berenang merupakan sesuatu hal yang menyenangkan dan bisa merambah ke seluruh kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karenanya melakukan kegiatan promosi dari sektor satu ke sektor yang lainnya juga perlu dilakukan agar tidak hanya kalangan-kalangan tertentu saja yang berkunjung ke kolam renang umumkolam renang umum buatan anda namun semua kalangan pun bisa menikmati kolam renang anda.

  1.  Mendekati Komunitas-Komunitas Pecinta Olahraga Renang

Komunitas merupakan salah satu tempat yang tepat untuk mempromosikan sesuatu secara baik. Namun untuk melakukannya anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa komunitas yang anda hendak lakukan promosi tersebut sesuai dengan jenis usaha anda. Semisal anda hendak membuka bisnis kolam renang maka anda perlu mengunjungi sebuah komunitas pecinta olahraga renang. Jika anda melakukan promosi pada komunitas yang tidak sesuai maka bisa jadi komunitas tersebut justru akan mem-blacklist usaha anda.

  1. Membuat Acara Seminar Yang Membahas Usaha Anda Secara Menyeluruh

Langkah promosi selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengadakan sebuah acara seminar yang mana isi dari acara seminar tersebut adalah membahas secara lengkap usaha kontraktor kolam renang yang sedang anda rintis. Dengan mengadakan seminar yang acara seminarnya berisikan informasi kolam renang anda secara menyeluruh, maka nantinya para calon pelanggan anda akan menjadi lebih tertarik untuk mendapatkan promo menarik kolam renang yang anda sedang rintis tersebut. Dengan begini nantinya anda bisa mendapatkan jumlah pelanggan dengan lebih banyak lagi.

  1. Menggandeng Kegiatan Amal

Dengan menggandeng kegiatan amal sebagai media promo anda maka hal ini juga baik dari sisi keagamaan baik itu keagamaan anda maupun para calon pelanggan anda. Dengan menggandeng pihak penyelenggara kegiatan amal, maka konsumen anda akan menjadi lebih tertarik untuk membeli tiket kolam renang baru karena mereka beranggapan ketika mereka (para calon pelanggan anda) membeli tiket kolam renang atau waterboom, mereka bisa sekalian melakukan kegiatan amal yang akan membuat batin mereka menjadi lebih sejuk.

  1. Membuat Papan Iklan Di Ruang-Ruang Tunggu Seperti Halte, Terminal dan Lainnya

Memasang sebuah papan iklan yang berisikan usaha yang sedang anda kelola di tempat yang sesuai akan membuat orang-orang menjadi lebih memperhatikan papan iklan tersebut. Tempat yang sesuai untuk memasang papan iklan tersebut salah satunya adalah tempat yang biasa digunakan banyak orang untuk menunggu sesuatu seperti halte kendaraan umum seperti bus dan angkutan kota, terminal sampai dengan smoking room.

Karena banyaknya orang yang menunggu di tempat-tempat tersebut, pasti mereka juga akan memperhatikan keadaan sekitar. Disaat itulah promo kolam renang menarik perlu dipasang di tempat tersebut agar orang-orang yang menunggu tersebut bisa mengetahui usaha kolam renang anda dan nantinya menceritakan kepada para kerabat mereka.

  1. Membuat Sebuah Acara Besar Di Kolam Renang Selama Masa Promosi

Dengan membuat sebuah acara besar yang anda selenggarakan di lingkungan kolam renang bayi anda selama masa promosi, maka hal ini bisa menarik antusias para konsumen anda untuk turut serta datang ke kolam renang anda. Hal ini bisa anda maksimalkan lagi dengan mendatangkan beberapa artis di lingkungan kolam renang anda dan mengadakan meet and greet dengan mereka. Dengan begini, fanbase dari artis yang anda undang tersebut pasti akan berbondong-bondong datang ke kolam renang anda.
<olstart=”22″>

  1. Menjadi Seorang Pembicara Tamu Pada Salah Satu Acara Radio

Selain membuat iklan di radio yang bersikikan bisnis anda, anda juga perlu untuk menjadi pembicara tamu yang ada di beberapa stasiun radio di daerah anda. Dengan menjadi pembicara tamu di beberapa stasiun radio, maka anda bisa mempromosikan usaha kolam renang atau waterboom anda menjadi lebih terperinci jika dibandingkan dengan iklan biasa. Agar lebih optimal, usahakan menjadi seorang pembicara pada lebih dari satu stasiun radio yang ada di kota atau daerah anda.

  1. Menggunakan Balon Udara Yang Terdapat Logo Perusahaan

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk melakukan kegiatan promosi secara tepat dan maksimal adalah dengan menggunakan balon udara yang terdapat logo perusahaan di tengah balon tersebut. Nantinya balon tersebut akan anda terbangkan namun hanya terbang ditempat. Melakukan promosi dengan cara seperti ini belum banyak diikuti oleh banyak orang. Dan jika anda melakukannya, maka akan ada banyak orang yang mulai melirik bisnis kolam renang anda.

  1. Membuat Puk Jalan Yang Menunjuk Ke Arah Wahana Kolam Renang Anda

kolam renang umumMembuat sebuah papan petunjuk yang menunjukkan ke arah usaha yang anda kelola dalam hal ini adalah kolam renang bisa meningkatkan wawasan sektor pariwisata para calon konsumen anda. Kebanyakan orang pun menggunakan cara ini sebagai media terbaik promosi mereka agar para wisatawan baik dalam kotamaupun luar kota untuk datang ke sektor usaha yang mereka kelola. Dan buktinya pun sudah banyak orang yang terpikat karena tidak semua destinasi pariwisata yang menyediakan penunjuk jalan.
Sudah paham bukan apa saja strategi pemasaran dan cara tepat melakukan promosi kolam renang yang akan anda rintis ? Kami yakin jika anda mengikuti beberapa langkah diatas, kolam renang yang anda rintis bisa sangat cepat untuk kedatangan banyak pelanggan. Semoga sukses.

Artikel terkait :