Skip to main content

Tips Memilih Kolam Renang Bayi yang Nyaman

kolam renang bayiBerenang adalah salah satu aktivitas yang cukup baik untuk menggerakan seluruh tubuh. Alhasil jika anda menginginkan badan yang bagus, maka lakukanlah aktivitas renang. Hal ini juga baik bagi bayi. Bayi yang membutuhkan banyak rangsangan motorik, maka dengan menggunakan renang akan memberikan rangsangan tersebut. Jika anda memang berniat melakukan hal tersebut, sebaiknya gunakan kolam renang bayi yang bisa anda beli atau anda buat. Ada beberapa cara memilih kolam renang untuk balita yang bisa anda terapkan.

Cara – Cara memilih Kolam Renang Bayi dengan Mudah.

Berdasarkan penelitian yang ada, renang yang dilakukan sejak bayi akan membantu sang anak memiliki keseimbangan tubuh yang baik dan memiliki kekuatan memegang yang baik pula. Hal ini cukup memberikan edukasi kepada sang anak agar bisa dan berani ketika berada di air. Lakukan hal ini dengan pengawasan anda yang tentu saja untuk keamanan sang bayi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mempunyai kolam renang bayi. Adapun beberapa faktor yang bisa anda jadikan parameter untuk membuat atau memiliki kolam renang khusus bayi anda.

  1. Ketinggian Air

Anda sebagai orang tua harus memastikan dan memperhatikan untuk ketinggian air di kolam berenang tersebut hanya mencapai sekitar pundak bayi anda. Ketinggian air pada kolam renang bayi anda akan membuat tubuh bayi tetap mendapatkan kehangatan dan dapat membantu si bayi untuk mudah bergerak di air. Hal ini juga bisa membuat bayi anda tidak takut tenggelam karena masih bisa diraih oleh anda atau bayi anda.

  1. Kandungan Air

Pada umumnya air yang berada di kolam renang biasanya mengandung klorin. Jika bay anda memiliki kulit kering atau eksim, diharapkan para orang tua untuk berhati – hati pada air kolam untuk bayi tersebut karena dapat menyebabkan gangguan pada kulit bayi. Oleh karena itu ketika anda ingin membuat atau membeli kolam renang, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika memang ada gejala tersebut, maka gantilah air tersebut dan minta disesuaikan kepada kontraktor yang membuat kolam renangnya.

Tips untuk anda ketika mengajak sang bayi berenang, usahakan agar anak anda sudah mandi atau sudah dibilas dengan air agar kulitnya tidak mengalami iritasi dan mendapatkan kondisi tubuh yang sudah disesuaikan dengan lingkungannya.

  1. Kolam Berenang Bersih

Jika anda mengajak bayi anda ke kolam renang umum, anda sendiri tidak mengetahui kebersihan yang diberikan kolam renang tersebut yang bisa saja menyebabkan rawan penyakit. Ada saja masalahnya seperti ada yang buang air kecil sembarang, ada yang memiliki penyakit tertentu, atau ada bakteri dan virus yang tergenang di air tersebut. Oleh karena itu, jika anda meragukan kesehatan kolam renang tersebut sebaiknya anda membuatnya sendiri secara khusus karena sudah pasti kebersihan dan kesehatan kolam renang untuk bayi anda.

Anda hanya perlu menguras kolam renang yang anda buat secara rutin agar tidak banyak kontaminasi dari luar. Selain itu anda bisa juga membuat kolam yang agak luas agar anda bisa bermain dengan bayi anda.

Alternatif Kolam Renang Bayi yang bisa Digunakan

Terkadang karena masih bayi, ukuran kolam yang dibuat kecil sehingga tidak memerlukan ukuran yang luas. Oleh karena itu buat anda yang ingin membuat kolam renang untuk bayi anda namun terkendala biaya, anda bisa memanfaatkan beberapa fasilitas yang dimiliki di rumah anda. Berikut ini adalah alternatif kolam renang bayi yang bisa anda gunakan.

  1. Bak Mandi

Sebelum anda mengajak bayi anda melakukan aktivitas berenang di kolam renang, maka anda bisa menggunakan bak mandi sebagai pengganti kolam renang. Saat bayi anda berada di bak mandi, anda bisa memainkan kontak mata atau sekedar berbicara dengan bayi anda. Hal yang harus anda pastikan adalah sang bayi dalam mood yang senang dan gembira.

Sangga leher dan bokong si kecil untuk mengenalkan terlebih dahulu adanya kolam yang bisa digunakannya untuk bermain air. Anda hanya perlu menurunkannya secara perlahan dan jadikanlah bak mandi menjadi kolam renang bayi anda. Hal ini bisa digunakan untuk mengenalkan sang bayi sebelum dibawa ke kolam renang dan tentu saja mencoba untuk tidak menenggelamkan kepala si kecil dahulu.

  1. Bathtub

Sangat disarankan bagi anda yang memiliki bathtub, maka ajaklah bayi anda bersama dengan anda untuk menikmati rasanya berenang di bathtub. Saat berada di bathtub, anda bisa juga mempraktikkan hal yang sama saat menggunakan bak mandi yaitu ajang perkenalan dan latihan bagi bayi sebelum membawanya ke kolam berenang yang lebih luas.

Apabila di rumah terdapat bathtub, maka anda bisa melakukan kegiatan seperti berikut mengajak bayi anda mengapung atau melakukan gerakan – gerakan ringan lainnya. Pastikan bayi anda senang bermain air agar hal tersebut lebih mudah untuk anda.

  1. Kolam Plastik

Kegiatan berenang di kolam plastik bayi bisa dilakukan hampir sama dengan di bak mandi. Namun, hal ini bisa anda gunakan memang untuk mengenalkan versi lebih besar dari bak mandi. Berenang dan bermain menggunakan kolam plastik bisa dilakukan di luar rumah. Hal ini bisa mengajarkan interaksi pula untuk balita anda pada lingkungan luar. Pastikan jika cuaca di luar sedang bersahabat, jika tidak maka anda bisa gunakan ruangan yang cukup luas untuk berenang.

Sudah banyak tips dan jenis kolam renang bayi yang diberikan untuk anda. Harapannya anda bisa memilih dengan baik kolam yang anda gunakan.

Artikel terkait :