Skip to main content

Beberapa Tips dalam Membuat Kolam Renang Minimalis di Rumah

Kolam renang minimalisOlahraga renang memang salah satu olahraga yang sangat digandrungi masyarakat dunia terutama Indonesia. Hal ini dikarenakan iklim indonesiayang tropis dan cenderung panas mengakibatkan masyarakat suka berenang atau berendam di air. Maka dari itu banyak masyarakat indonesia yang tak segan segan membangun kolam renang di halaman rumah mereka. Model kolam renang ini sangat bermacam macam, salah satunya adalah kolam renang minimalis. Dalam membuat kolam renang model minimalis, anda perlu memperhatikan beberapa tips. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Beberapa Tips Yang Harus Anda Lakukan Dalam Membuat Kolam Renang Minimalis

Bagi anda yang ingin membuat kolam renang minimalis dirumah, sangat disarankan menyimak penjelasan berikut ini. Lets check it!

  1. Ukuran

Tips yang pertama dalam membuat kolam adalah ukuran. Anda perlu memperhatikan ukuran halaman rumah anda sebelum membuat kolam renang minimalis. Jika halaman rumah anda cukup luas, anda bisa membuat kolam renang minimalis dengan ukuran besar atau sedang.

Namun jika halaman rumah anda kecil atau sempit, anda bisa membuat kolam renang dengan ukuran yang kecil. Usahakan anda menempatkan kolam renang dihalaman belakang rumah anda. Hal ini dikarenakan jika anda menempatkannya di depan rumah, privasi anda tidak akan terjaga dan mudah kotor karena pastinya akan terkena debu yang berterbangan.

  1. Sirkulasi

Anda disarankan membuat sirkulasi di kolam renang. Sirkulasi didalam kolam renang sangat penting karena sebagai saluran pembuangan air kolam. Jika kolam renang yang anda buat tidak memiliki sirkulasi, maka air kolam renang anda akan cepat keruh.

Anda bisa membuat sirkulasi air kolam renang dengan membentuk teras teras atau tumpahan air dipinggir kolam renang anda. Tumpahan air dipinggir kolam ini berfungsi sebagai sarana pembuang air yang meluber dari kolam renang. Lalu teras teras yang dibuat dipinggir kolam ini berfungsi sebagai hiasan atau pemanis kolam renang minimalis anda.

  1. Filterasi

Filtrasi didalam kolam renang ini juga memiliki fungsi sebagai penyaring air agar tidak cepat keruh. Filterasi didalam kolam renang dapat diletakan di beberapa tempat seperti didasar kolam atau di dinding kolam. Model filterasi air ini juga sangat bermacam macam, sebaiknya anda mulai memilih salah satu model filtrasi sebelum membuat kolam renang minimalis.

  1. Saluran pembuangan air

Sebelum membuat kolam renang minimalis di halaman rumah anda, sebaiknya anda memperhatikan apakah ada saluran pembuangan air di sekitar rumah anda. Saluran pembuangan air berfungsi sebagai pembuangan air jika anda menguras kolam renang. Jika anda tidak memiliki saluran air yang baik dan memadai, dapat dipastikan anda akan sulit dalam menguras air kolam renang. Bisa jadi rumah anda akan banjir atau kolam renang anda akan cepat keruh.

  1. Tema

Dalam pembuatan kolam renang di halaman rumah, anda juga harus memikirkan tema yang akan anda terapkan. Usahakan tema kolam renang sesuai dengan desain dari rumah anda. Biasanya desain atau bentuk kolam renang minimalis itu persegi panjang atau bulat. Meskipun memiliki bentuk yang sederhana namun terlihat sangat elegan.

Anda bisa menambahkan aneka hiasan seperti pancuran air di pinggir kolam, tangga berundak, perosotan kecil untuk anak anda, atau pelampung besar yang berbentung hewan seperti angsa, dan lain sebagainya. Jika anda merasa bingung dalam menentukan tema, sebaiknya anda meminta saran kepada orang yang paham di bidang arsitektur.

  1. Keramik kolam renang

Penentuan keramik untuk kolam renang sangat berpengaruh pada hasil pembuatan kolam renang minimalis. Anda sangat disarankan memilih keramik untuk kolam renang berwarna cerah seperti biru, putih, hijau. Jika anda memilih keramik yang berwarna gelap seperti hitam, coklat, dan lain sebagainya maka air di dalam kolam anda akan terlihat keruh dan tidak bersih.

  1. Budget yang anda miliki

Jika anda memiliki budget yang besar untuk membuat kolam renang di halam rumah, anda bisa membuatnya dengan model yang elegan dan hiasan yang beraneka ragam. Dengan budget yang besar, anda tidak perlu bingung dalam membeli segala kebutuhan untuk pembangunan kolam renang.

Usahakan jika anda memiliki budget yang besar, belilah perlengkapan untuk membuat kolam renang dengan kualitas yang baik dan bagus. Namun jika anda memiliki budget yang pas pasan, anda disarankan menggunakan jasa konstruksi secara borongan agar bisa menghemat pengeluaran.

Beberapa Model Kolam Renang Minimalis

Setelah anda mengetahui apa saja hal hal yang harus dipenuhi dalam pembuatan kolam renang minimalis, sekarang waktunya anda mengetahui apa saja model kolam renang minimalis yang bisa anda buat dirumah.

  1. Persegi panjang

Bentuk kolam renang minimalis yang pertama adalah persegi panjang. Kolam renang dengan bentuk persegi panjang merupakan bentuk kolam renang yang sering digunakan. Hal ini dikarenakan kolam renang persegi panjang terlihat lebih elegan dan memiliki space yang lumayan besar.

  1. Oval atau bulat

Bentuk kolam renang yang ketiga adalah oval atau bulat. Bentuk kolam renang yang oval dan bulat sangat cocok untuk anda yang memiliki halamn rumah yang sempit namun ingin memiliki kolam renang pribadi. Walaupun bentuknya kecil, namun kolam renang berbentuk oval dan bulat sangat elegan dan mewah.

Penjelasan diatas mengenai beberapa tips dalam membuat kolam renang minimalis dan beberapa bentuknya dapat menjadi bahan pengetahuan anda sebelum membuat kolam renang di halaman rumah. Persiapkan segala kebutuhan untuk membuat kolam renang agar proses pembangunan lancar tanpa hambatan.

Artikel terkait :