Skip to main content

Kunci Renang Gaya Bebas yg Efektif

Renang gaya bebas yg efektif? Ya. Efektif tujuannya Anda berenang dengan cepat tetapi dengan tenaga yg sehemat barangkali, hingga Anda dapat meniti jarak yg jauh kurun waktu yg relatif singkat. Wah, pasti seluruh kepingin dong dapat demikian. Bagaimana caranya?

Sesudah saya membaca serta lihat sana-sini, nyatanya ada sebagian kunci untuk dapat berenang gaya bebas dengan cara efektif. Filosofi dari seluruh kunci itu cuma ada dua : jadi besar gaya dorong (propulsi) serta mengecilkan tahanan air (drag). Bila Anda jadi besar gaya dorong, Anda dapat berenang lebih efektif sampai 30 %. Sedang bila Anda mengecilkan tahanan air, Anda dapat berenang lebih efektif sampai 70 %. Dari sini jelas tampak bahwasanya mengecilkan tahanan air nyatanya tambah lebih mutlak.

Untuk mengecilkan tahanan air, ada sebagian kunci :

  1. Body streamline. Masukkan kepala kedalam air serta tujukan pandangan ke basic kolam, maka tungkai Anda bakal dapat mengapung dengan gampang.
  2. Buat jadi tubuh Anda lebih panjang. “Perahu yg panjang bergerak lebih cepat. ” Langkah supaya tubuh Anda dapat jadi lebih panjang yaitu dengan menyorongkan lengan ekstensi Anda sejauh-jauhnya ke depan. Jadi, demikian tangan Anda entry ke air, janganlah segera mengayuh, namun julurkan sebagian lama sejauh barangkali ke arah depan.
  3. Miringkan tubuh Anda (body rolling) ke segi kiri serta ke segi kanan. Kemiringan ini tidak cuma dada, walau demikian semua tubuh. Tahanan air bakal lebih kecil saat tubuh Anda dimiringkan, dibanding bila Anda selalu berenang di atas perut Anda.

Adapun untuk jadi besar gaya dorong, sebagian kuncinya yaitu seperti berikut :

  1. Kerjakan kayuhan “high-elbow”, yaitu dengan terus melindungi lengan atas tinggi saat mengayuh.
  2. Kerjakan kayuhan dengan cara penuh, yaitu dimulai dari ekstensi s/d melalui segi paha Anda.
  3. Rapatkan jari-jari tangan Anda. Terkecuali ibu jari yg bisa saja sedikit direnggangkan dari jari telunjuk. Walau jari-jari tangan di buat rapat, tetapi mesti terus rileks. Tak bisa tegang. Rileks serta rasakan airnya.
  4. Buat akselerasi sebesar barangkali waktu mengayuh. Berarti, diawali dari pelan lalu digerakkan selekas-lekasnya.

Selain itu, ada sebagian kunci yg lain supaya renang gaya bebas Anda dapat efektif :

  1. Bernafaslah dengan ritmis. Dengan kata lain, jaga ritme pernafasan. Serta sebisa-bisanya kerjakan pernafasan dua segi (bilateral breathing), yaitu dengan mengambil nafas tiap-tiap 3 kayuhan hingga bakal berganti-ganti ke segi kiri serta ke segi kanan. Dengan pernafasan dua segi, diinginkan tubuh Anda bakal lebih seimbang pada kiri serta kanan.
  2. Biarlah lengan recovery Anda betul-betul rileks serta beristirahat. Karena, Anda selalu berikan istirahat pada otot-otot Anda.
  3. Berenanglah dengan rileks serta enjoy. Utamakan jarak per langkah, yaitu jarak yg dapat Anda lewati dalam satu langkah.
  4. Anda tak mesti menggerakkan kaki terlampau cepat. Gerakkanlah kaki sekedarnya, sebatas untuk mengimbangi gerakan tubuh yang lain. Terkecuali pada perlombaan sprint, Anda dapat mempercepat gerakan kaki Anda untuk menambah gaya dorong.

Demikian kunci-kunci untuk berenang gaya bebas dengan lebih efektif. Selamat coba!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *