Skip to main content

Memahami Pernafasan Anda

Kunci utama belajar renang cepat berhasil adalah Anda harus memahami dan beradaptasi pernapasan. Walaupun memang hal ini akan sedikit merubah dari kebiasaan Anda, namun sebisa mungkin Anda melakukannya secara natural.

Langkah pertama adalah, Anda dapat menark napas kemudian tahan. Lalu buka mulut Anda sambil masih menahan nafas. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah keluar udaranya? Tentu tidak bukan, sehingga Anda tidak perlu untuk takur ketika mulut Anda kemasukan air.

Langkah kedua adalah Anda menarik nafas seperti baisa, kemudian tahan sebisa mungkin Anda menahannya. Jangan lupa untuk menghitung berapa lama Anda dapat menahan nafas. Jika sudah catat waktunya. Kemudian ulangi namun untuk kali ini Anda menarik napas yang dalam lalu tahan. Bandingkan hsil dari keduanya, bagaimana?

Anda tentunya tidak percaya jika ternyata yang lebih lama menahan nafas adalah yang pertama. Hal ini dikarenakan apabila paru-paru Anda terlalu meregang, maka  kan menyebabkan ketidaknyamanan. Sehingga ketika berenang Anda tidak perlu menarik nafas terlalu dalam.

Langkah ketiga adalah cobalah untuk menghitung frekuensi dari nafas Anda per menitnya. Jangan lupa untuk mencatatnya. Kemudian tarik nafas dan tahan selama mungkin yang Anda bias. Setelah itu catat frekwensi napas Anda per menit.

Bandingkan keduanya, lebih cepat yang mana?Tentu lebih cepat percobaan yang kedua. Hal ini dikarenakan untuk percobaan yang kedua tubuh Anda mengambil sekitar 4-5% dari 20% oksigen yang Anda hirup. Kemudian tubuh akan memerintahkan paru0paru untuk bekerja lebih cepat ketika Anda mengalami kekurangan oksigen. Sehingga mulai sekarang cobalah untuk mengurangi menahan nafas ketika Anda berenang.

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *