Skip to main content

Pengetahuan Tentang Olahraga Renang Secara Lengkap

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar, maka alangkah lebih baik jika Anda juga tetap menyeimbangkannya dengan cara berolahraga. Menurut pakar kesehatan, jenis kegiatan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang mudah dan menyenangkan yaitu dengan olahraga renang. Hal ini dikarenakan berenang tidak membutuhkan peralatan yang rumit dan gampang untuk dilakukan mulai dari usia balita hingga orang tua sekalipun. Selain itu, ada beberapa teknik renang yang harus Anda ketahui dan kuasai untuk mempermudah proses berenang.

olahraga renang di Indonesia

Teknik olahraga renang di Indonesia terbilang cukup mudah terutama bagi pemula. Dengan menggunakan teknik renang yang baik, Anda akan merasakan manfaat dan kemudahan yang diperoleh dari kegiatan renang ini. Dalam melakukan kegiatan berenang, sebaiknya gunakan baju renang untuk mempermudah Anda ketika berada dalam air. Ada banyak jenis baju renang yang dapat Anda pilih dan gunakan. Tetapi sebaiknya, gunakan jenis baju renang yang memiliki kualitas bagus dan nyaman ketika dipakai Anda untuk berenang.

Macam-Macam Gaya Olahraga Renang

Kegiatan berenang sering dijadikan sebagai ajang kejuaraan, baik dalam ajang nasional maupun internasional. Seringkali, para perenang dituntut untuk bisa menguasai bermacam teknik atau gaya dalam berenang. Hal ini bertujuan untuk memperoleh kecepatan dalam ajang perlombaan, karena siapa perenang yang paling cepat dalam mencapai garis finish, maka dialah pemenangnya. Oleh karena itu, berbagai macam jenis teknik renang harus bisa dikuaisai oleh perenang untuk memperoleh kemenangan. Teknik renang tersebut diantaranya yaitu :

1. Teknik renang gaya dada

Teknik olahraga renang gaya dada merupakan teknik yang dilakukan dengan cara berenang menggunakan posisi dada yang menghadap ke air. Teknik renang ini sering disebut juga dengan gaya katak, karena memang mirip sekali dengan seekor katak yang sedang berenang. Gaya dada menggunakan tangan dan kaki sebagai kekuatan untuk mendorong tubuh ke depan. Dan apabila Anda ingin berenang dengan santai, maka teknik ini sangat bagus untuk dipilih karena kecepatan yang dihasilkan dengan gaya ini lebih rendah daripada menggunakan gaya bebas.

2. Teknik renang gaya bebas

Olahraga renang gaya bebas dilakukan dengan posisi dada yang tengkurap atau menghadap ke dalam permukaan air. Dalam teknik ini dibantu dengan dua gerakan yang berasal dari gerakan tangan dan kaki. Untuk gerakan tangan, terdapat tiga gerakan yaitu menarik, mendorong dan istirahat. Sedangkan untuk kaki, teknik yang digunakan yaitu naik ke atas dan turun ke bawah. Ketika sedang berenang, posisi wajah menghadap ke permukaan air dan apabila Anda ingin bernafas, gelengkan kepala ke samping untuk menghirup oksigen.

3. Teknik renang gaya kupu-kupu

Pengertian olahraga renang gaya kupu-kupu merupakan teknik butterfly stroke atauada juga yang menyebutnya sebagai gaya lumba-lumba atau dolpin. Organ tubuh yang dijadikantumpuan yaitu kekuatan tangan. Gerakan tangan yang digunakan yaitu menarik ke belakang lalu diayunkan ke depan. Dan untuk gerakan pada kaki yang dilakukan yaitu naik-turun ke atas dan ke bawah. Teknik butterfly stroke memang lebih sulit untuk dipelajari dibandingkan dengan teknik renang yang lainnya.

4. Teknik gaya punggung

Posisi tubuh pada saat olahraga renang gaya punggung yaitu membelakangi permukaan air atau dengan posisi terlentang. Pada dasarnya teknik ini mirip dengan gaya bebas, perbedaannya yaitu pada teknik gaya bebas posisi badan tengkurap sedangkan gaya punggung posisi tubuh menghadap ke atas. Untuk gerakan kedua tangan mengayuh ke depan dan posisi kedua kaki juga sama seperti gaya bebas. Teknik pengambilan nafas yaitu dengan menempatkan mulut dan hidung di atas pemukaan air. Hal ini bertujuan untuk mempermudah perenang dalam bernafas.

5. Gaya renang samping

Teknik renang gaya samping memang tidak diperuntukan dalam kegiatan lomba. Akan tetapi jika Anda ingin mempelajari teknik ini dapat menambah variasi dalam berenang. Gaya renang ini menggunakan sisi samping bagian tubuh jika Anda ingin mencobanya.

6. Gaya renang anjing

Apakah Anda pernah melihat ketika anjing sedang berenang? Gaya renang ini memang sangat mirip sekali dengan anjing ketika berenang yaitu dengan posisi kedua tangan dan kaki yang sama persisis. Sedangkan posisi kepala terletak di atas permukaan air. Kegiatan renang teknik ini hanya digunakan untuk bersenang-senang saja dan tidak dipergunakan dalam perlombaan renang.

Manfaat Renang yang Diperoleh

Setelah Anda membaca beberapa teknik renang yang telah dijelaskan di atas, kini saatnya untuk mengatahui manfaat yang dapat diperoleh jika Anda melakukan olahraga renang. Manfaat yang didapatkan sangat banyak untuk kesehatan tubuh, terutama bagi Anda yang ingin memulai pola hidup sehat. Selain bermanfaat, renang dianggap olahraga yang menyenangkan karena Anda dapat bermain sepuasnya di dalam air. Manfaat olahraga renang adalah sebagai berikut :

1. Otot menjadi kuat

Ketika berenang, organ tubuh berupa tangan dan kaki melakukan pekerjaan yang memungkinkan agar badan dapat terdorong ke depan, hal ini dapat menambah kekuatan otot karena masa air lebih berat dibandingkan dengan masa udara. Selain itu, saat Anda berenang dapat memperkuat daya tahan pada lengan sehingga cara tersebut adalah teknik terbaik untuk membangun masa dan kekuatan otot. Inilah mengapa altel renang kebanyakan mempunyai otot yang kuat.

2. Menambah tinggi badan

Jika Anda memiliki postur tubuh yang masih tergolong ke dalam kategori kurang tinggi, maka upaya yang dapat Anda lakukan salah satu caranya yaitu dengan berenang. Olahraga renang dipercaya efektif dalam meningkatkan tinggi badan badan seseorang. Bahkan, para peneliti dan pakar kesehatan menempatkan berenang menjadi urutan pertama dalam meninggikan badab secara optimal.

3. Membantu program diet

Kegiatan olahraga renang untuk diet dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan lemak dan kalori akan terbakar secara efektif jika Anda berenang. Sudah banyak yang membuktikan bahwa olahraga ini adalah salah satu cara yang tepat dalam menunjang program diet yang dilakukan. Dan tentunya kegiatan berenang dilakukan secara rutin untuk mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Olahraga renang bagi kesehatan yaitu untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan saat berenang semua otot tubuh akan bergerak yang mengakibatkan proses memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh dapat berjalan dengan lancar sehingga aliran darah tidak terhambat. Hal inilah yang membuat jantung seseorang akan tetap sehat dan terjaga dengan baik.

5. Memperkuat pernafasan

Olahraga renang dapat melatih pernafasan dengan baik. Saat berenang, Anda membutuhkan kekuatan dalam bernafas agar dapat menyelam dan berada di dalam air dengan waktu yang lama. Dengan cara tersebut, maka sistem pernafasan menjadi lebih panjang dan akan terlatih ketika Anda berenang. Dan apabila Anda mengalami gangguan pernafasan, cara ini cukup efektif digunakan sebagai terapi penyembuhan karena dengan berenang dapat mengurangi ketegangan dalam jiwa dan meredakan stress. Selain itu, pada bagian dada dan difragma akan menjadi lapang yang  mengakibatkan pernafasan menjadi lancar.

6. Mencegah penyakit diabetes

berolahraga renangKelebihan gula dalam darah dapat dicegah dan ditekan dengan cara berolahraga renang. Karena berenang selain bisa membakar lemak dan kalori, ternyata juga dapat membakar kandungan gula dalam darah. Sehingga dengan melakukan olahraga renang setiap hari atau tiga kali dalam seminggu, hal ini dapat berdampak positif dalam mencegah datangnya penyakit diabetes.

7. Menambah kelenturan tubuh

Jika Anda ingin mempunyai tubuh lentur, kegiatan yang cocok untuk dilakukan yaitu dengan cara berenang. Karena saat berenang, semua anggota tubuh Anda akan bergerak mulai dari kepala, tangan, pinggul, kaki, dan juga anggota tubuh yang lain. Dengan gerakan yang dilakukan oleh seluruh anggota tubuh tersebut, maka lama kelamaan tubuh Anda akan menjadi lentur dan fleksibel untuk melakukan berbagai macam jenis gerakan.

8. Menghilangkan stress

Saat Anda mengalami berbagai macam masalah kehidupan atau lelah melakukan pekerjaan sehari-hari yang sangat sibuk dan membuat Anda menjadi stress. Maka sebaiknya sempatkan waktu Anda untuk melakukan olahraga renang. Kenapa harus renang? Karena ketika berenang, hormon endorfin dapat meningkat yang menyebabkan hati menjadi lebih nyaman dan tenang sehingga stress akan menjadi hilang. Dan menurut para peneliti, bahwa bermain dengan air akan membuat suasana hati dan pikiran lebih bahagia karena tubuh menjadi lebih sejuk.

9. Menurunkan gejala asma

Tahukah Anda bahwa berenang dapat menurunkan resiko terkena penyakit asma? Beberapa peneliti menyatakan bahwa kegiatan berenang dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh pernafasan atau yang disebut dengan asma. Karena saat berenang, Anda dilatih untuk bisa mengatur pernafasan dengan baik sehingga proses bernafas akan menjadi baik dan lancar. Selain itu, gerakan yang dilakukan dalam berenang juga dapat memperkuat otot yang berada disekitar daerah paru-paru dan jantung yang akan menurunkan resiko terkena penyaki asma.

10. Meningkatkan kebugarantubuh

Memiliki kondisi tubuh yang bugar dan sehat merupakan keinginan setiap orang. Karena dengan keadaan tubuh seperti itulah penyakit tidak akan berani mendekat. Bagaimana cara mendapatkan tubuh yang bugar? Caranya sangat mudah sekali, hanya dengan melakukan kegiatan olahraga renang secara rutin minimal 20 menit setiap hari, maka hal tersebut dapat meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Selain itu, kegiatan berenang dapat merangsang metablisme serta lemak di dalam tubuh akan terbakar dengan baik.

11. Mempermudah proses belajar

Berenang dapat meningkatkan kemampuan visual dan motorik bagi anak maupun orang dewasa. Hal tersebut terjadi karena adanya perkembangan serabut saraf pada otak yang bisa menghubungkan antara otak kanan dan kiri untuk saling berkomunikasi. Selain itu, keempat lobus otak serta pada belahan otak kanan dan kiri dapat diaktifkan secara bersamaan. Kondisi tersebut dapat membantu meningkatkan kognisi yang mengakibatkan Anda mudah untuk mencerna berbagai macam pelajaran.

12. Moodboster

Kondisi tubuh yang lemah dan kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari akan berdampak buruk terhadap mood Anda. Oleh sebab itu untuk bisa mendapatkan moodboster kembali, cobalah olahraga renang. Karena selain baik dalam membantu menjaga kesehatan tubuh, olahraga renang juga dimasukkan ke dalam kegiatan rekreasi yang sangat menyenangkan bersama keluarga atau teman dekat. Menurut beberapa ahli juga menyatakan bahwa bermain di air dapat membantu menjernihkan pikiran dan mengembalikan mood yang baik.

13. Meningkatkan memori dan memperbarui sel otak

Berolahraga renang ternyata dapat mempunyai manfaat yang cukup besar terhadap kesehatan otak yaitu dengan cara memperbarui sel neuron pada hipokampus yang hilang dan memperbaiki kinerja otak agar tidak mengalami depresi atau konsdisi stress yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Karena apabila hipokampus mengalami penyusuta, maka bagian otak yang berfungsi untuk menyimpan memori akan terganggu dan mengakibatkan kemampuan belajar menurun.

14. Menurunkan kolesterol jahat

Bagi yang memiliki kandungan kolesterol tinggi di dalam tubuh, Anda bisa melakukan kegiatan berenang untuk menurunkan penumpukan kolesterol jahat yang dapat beresiko buruk terhadap kesehatan. Olahraga renang bakar kalori dan kolesterol jahat yang akan didorong keluar sehingga hanya meninggalkan kolesterol baik di dalam tubuh. Selain itu, berenang juga dapat menjaga sel-sel tipis yang melapisi arteri atau dikenal juga sebagai endothelium.

15. Menambah kemampuan kognitif

Kegiatan berenang mampumemperlancar aliran darah dalam tubuh menuju otak. Hal ini akan berdampak positif dalam membantu meningkatkan kemampuan kognitif dalam diri Anda. Karena saat berenang, aliran darah akan menjadi lancar yang mengakibatkan kemampuan untuk menyimpan memori meningkat dan Anda akan menjadi lebih fokus dalam mempelajari sesuatu.

16. Sebagai terapi ketika cidera

Berkecimpung dalam dunia olahraga memiliki resiko tinggi terhadap cidera. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak atlet yang mengalami cidera saat sedang melakukan olahraga. Bagaimana solusi yang tepat untuk hal tersebut? Solusi yang banyak digunakan para atlet ketika mengalami cidera yaitu melakukan terapi dengan berenang. Cara olahraga renang yang efektif akan menggunakan banyak organ tubuh yang menyebabkan proses penyembuhan berjalan dengan cepat. Apabila melakukan terapi ini, tentu saja Anda harus didampingi oleh ahlinya dan juga mengacu pada anjuran terapist.

17. Meningkatkan kapasitas paru-paru

Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan renang bagi kesehatan jasmani yang lain yaitu mampu meningkatkan kapasitas paru-paru. Karena ketika berenang, Anda diharuskan untuk menggunakan oksigen secara efisien serta akan lebih efektif mengeluarkan karbon dioksida. Selain itu jika olahraga renang dilakukan secara rutin maka jantung akan berdetak lebih rendah dan tekanan darah menjadi turun. Hal ini dapat meningkatkan kapasitas paru-paru.

18. Menambah daya tahan tubuh

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, Anda bisa menggunakan solusi mudah yaitu dengan berenang. Semua anggota tubuh mengalami gerakan ketika berenang, maka hal ini akan berdampak positif terhadap daya tahan tubuh Anda. Dengan berenang seluruh anggota tubuh akan selalu sehat dan menyebabkan tubuh memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap kemungkinan terserang penyakit. Karena jika tubuh sehat, penyakit tidak akan berani mendekat.

19. Meredakan sakit pada sendi

Pernahkah Anda mengalami sakit pada tulang belakang? Biasanya kondisi tersebut disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang Anda. Peradangan sendi dapat disembuhkan dengan cara berenang. Hal ini dikarena gerakan pada renang mampu membuat otot semakin kencang dan kuat. Cara penyembuhan dengan berenang dianggap cukup efektif dalam membantu proses pemulihan pada sendi tulang.

20. Membantu proses pertumbuhan

Berenang mempunyai manfaat baik jika dilakukan oleh bayi atau anak-anak. Karena pada masa ini, bayi atau anak-anak masih berada pada tahap pertumbuhan. Sehingga dengan melakukan renang, proses pertumbuhan akan sangat terbantu. Hal ini disebabkan karena gerakan pada renang dapat memancing organ-organ yang berperan dalam pertumbuhan dan mengakibatkan pertumbuhan akan menjadi sangat cepat.

21. Lebih aktif

Apabila Anda mempunyai seorang anak yang masih balita dan tergolong ke dalam kategori anak pendiam, sebaiknya lakukan pembelajaran renang sejak dini kepada anak Anda. Karena ketika berenang, anak akan merasa senang bermain dengan air dan menggerak-gerakkan bagian tubuhnya untuk bisa berenang. Hal ini akan merangsang kemampuan sel motorik otak untuk lebih aktif melakukan sesuatu dan menjadi pintar.

22. Olahraga renang untuk ibu hamil

Para pakar kesehatan sangat menganjurkan ibu hamil untuk melakukan olahraga renang untuk mempermudah proses persalinan nantinya. Pada saat berenang, hampir semua anggota tubuh ikut melakukan gerakan renang seperti kepala, tangan, pinggul, bahu dan kaki. Gerakan organ tubuh itulah yang mempu membantu mempermudah ibu hamil ketika melahirkan karena otot menjadi tidak kaku dan lentur sehingga semua proses bersalin akan menjadi lancar.

23. Membuat semangat

Saat lelah yang diakibatkan menumpuknya pekerjaan, maka semangat akan menjadi turun dan Anda akan malas untuk melakukan sesuatu. Sehingga untuk mengembalikan semangat, Anda harus melakukan kegiatan olahraga renang.Kegiatan berenang yang menyenangkan karena dapat bermain dengan air juga dapat berdampak positif terhadap psikologi seseorang yang menyebabkan Anda termotivasi dan mendapatkan semangat baru untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Jenis Baju dalam Olahraga Renang yang Dapat Digunakan

Saat melakukan kegiatan olahraga renang, tidak lengkap jika tidak menggunakan baju khusus renang. Baju renang merupakan fasilitas olahraga renang yang akan memudah Anda ketika berenang. Selain itu, baju renang dapat mempercantik penampilan Anda agar terlihat trendi dan kekinian saat berenang. Banyak sekali jenis baju renang yang dapat Anda temukan di toko-toko yang menyediakan baju renang. Hal ini tentunya dapat mempermudah Anda untuk memilih mana baju yang sesuai dan cocok dengan selera. Berbagai macam jenis baju tersebut yaitu :

1. Baju renang muslim

Baju renang muslimPerkembangan fashion muslim saat ini sangat populer dikalangan masyarakat. Hal ini membuat para desainer melirik suatu peluang besar dalam dunia fashion baju renang. Semakin banyaknya peminat terhadap pakaian muslim, tentunya baju renang muslim juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Desain yang digunakan untuk membuat baju muslim harus diseduaikan dengan syariat islam yaitu bisa menutupi seluruh aurat wanita agar tidak terlihat oleh yang bukan mahramnya. Standar baju muslim yang diguanakan terdiri dri jilbab, baju panjang sampai lutut dan celana panjang.

2. Baju renang sporty monokini

Bagi Anda yang mempunyai postur tubuh tinggi bak model, maka sangat cocok jika menggunakan jenis baju renang sporty monokini.  Karena model baju ini merupakan hasil perpaduan antara one piece dengan bikini, sehingga akan memperlihatkan lekuk pinggang yang Anda miliki. Jenis baju sporty monokini akan sangat pas dan terlihat cantik saat Anda gunakan untuk berenang di dalam air.

3. Model baju renang tankini

Baju renang yang cantik ini dapat Anda gunakan ketika hendak berenang, karena model baju tankini memiliki perpaduan bentuk tanktop dan celana pendek. Baju jenis ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang mempunyai bentuk pinggang lebar dan perut buncit. Desain baju tankini menggunakan pilihan warna yang gelap, sehingga saat dikenakan akan memberikan efek langsing terhadap tubuh Anda. Dengan cara tersebut, Anda akan lebih terlihat cantik dan pede ketika berenang di tempat umum.

4. Baju renang long sleeve

Jika Anda tidak menyukai model baju yang tidak terdapat lengan panjangnya, maka baju long sleeve ini dapat menjadi solusi untuk dipilih. Jenis baju long sleeve juga sangat cocok bagi Anda yang memiliki selera sporty. Model yang digunakan yaitu baju yang memiliki lengan panjang serta celana yang beukuran pendek. Desain ini cukup simple dan terlihat elegan jika digunakan untuk berenang.

5. Baju renang burkini

Desain baju renang jenis burkini diseduaikan dengan kebituhan umat muslim yang ingin melakukan kegiatan berenang di luar rumah. Baju ini sama dengan jenis baju renang muslim lainnya yaitu dibuat dengan starndar berupa kain yang menutupi kepala atau yang disebut juga dengan jilbab, baju lengan panjang yang sampai meunutupi lutut serta celana panjang. Kain dasar yang digunakan untuk membuat baju ini sangat nyaman ketika dipakai. Sehingga kegiatan berenang yang Anda lakukan di luar rumah atau pantai akan terasa menyenangkan.

6. Baju renang jenis fatkini

Untuk Anda yang mempunyai ukuran tubuh gemuk, sebaiknya pilih model baju renang faktini untuk menambah cantik penampilan. Karena baju faktini didesain khusus untuk sebagian orang yang memiliki berat badan lebih agar kegiatan berenang tetap berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Warna yang digunakan juga dipilih dengan corak yang dapat terlihat kurus seperti warna gelap dan lainnya.

7. Baju renang bikini

Baju model ini biasanya digunakan untuk beberapa negara yang bukan mayoritas muslim seperti amerika dan negara barat lainnya, karena memang desain yang digunakan sangat mencolok dan memperlihatkan lekuk tubuh. Dan jika Anda mempunyai postur tubuh ramping dan tinggi, baju ini sangat cocok untuk Anda gunakan sehingga aura cantik akan keluar dari dalam diri Anda.

8. Baju renang untuk diving

Apabila Anda mempunyai hobby berselancar di laut atau disebut juga dengan diving, maka baju yang cocok untuk dipilih yaitu baju renang khusus diving. Desain yang simple memang sengaja dibuat untuk mempermudah Anda dalam melakukan aksi diving di laut. Modelnya berupa baju langsungan atau warepack yang menggunakan lengan panjang dan celana panjang. Tujuan para desainer membuat baju renang dengan lengan dan celana panjang yaitu agar saat berselancar, kulit Anda tidak langsung terkena matahari dan tetap terlindungi.

9. Model high-waisted

Desain ini dibuat agar terlihat klasik dan elegan saat digunakan. Bentuknya hampir sama dengan model bikini, akan tetapi bagian bajunya mirip dengan tanktop yang tidak menyatu dengan celananya. Terlebih jika Anda mempunyai bentuk tubuh menyerupai jam pasir, maka baju jenis ini sangat cocok digunakan untuk berenang. Baju ini juga dapat digunakan ketika Anda sedang berenang di kolam atau pantai. Untuk warna yang digunakan sangat bervariasi, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera.

10. Baju renang one piece

Model baju renang one piece terbilang cukup baru dan kekinian. Baju renang one piece cocok jika digunakan oleh Anda yang memiliki bentuk tubuh ideal. Desain cantik yang digunakan berbentuk terusan hingga menutupi bagian perut dan tidak menggunakan lengan. Corak warna yang digunakan sangat anggun dan terlihat kalem.

Berenang merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan bagi jasmani Anda. Sehingga para pakar kesehatan juga merekomendasikan olahraga renang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar setiap saat. Ada beberapa macam teknik renang yang biasa digunakan oleh para atlet renang. Teknik tersebut digunakan untuk mempermudah Anda mempelajari cara berenang dengan baik. Ketika sudah mempunyai teknik yng baik, tentunya Anda membutuhkan berbagai macam jenis baju renang untuk terlihat cantik dan dapat menunjang penampilan Anda agar terlihat lebih trendi.