Skip to main content

Manfaat Berolahraga Renang Untuk Atlet

Berolahraga renangBerolahraga renang acapkali menjadi pilihan masyarakat untuk menjaga kebugaran atau dijadikan metode untuk menambah tinggi badan. Renang memang memiliki segudang manfaat. Sehingga, tidak heran bila kemudian renang dijadikan salah satu latihan wajib bagi para bibit atlet atau yang sudah menjadi atlet profesional, terutama atlet renang itu sendiri. Minimal seminggu sekali, para atlet akan mendapat jadwal latihan renang.

Atlet Penting Untuk Bisa Berenang

Mengapa berolahraga renang menjadi penting bagi para atlet? Hal itu dikarenakan renang memiliki dua manfaat yang akan sangat menunjang performa atlet kala berlaga, yaitu kemampuan mengatur pernapasan dan peningkatan kekuatan pada otot tangan dan kaki.

  1. Kemampuan mengatur pernapasan

Hampir semua cabang pertandingan olahraga membutuhkan kemampuan pengaturan pernapasan yang bagus untuk dapat mengantarkan sang atlet pada kemenangan. Sebab, pernapasan merupakan aspek penting yang mempengaruhi kekuatan atlet secara keseluruhan. Jika atlet memiliki napas yang pendek-pendek, secara otomatis gerakannya pun menjadi sangat terbatas. Contohnya dalam cabang perlombaan lari, jika atlet memiliki pernapasan yang buruk, jarak larinya akan terbatas karena dia harus sering-sering menghirup napas. Sedangkan hal itu kemudian akan berdampak pula pada pemborosan energi yang akhirnya membuat sang atlet kehabisan tenaga sebelum saatnya. Sebagai hasil akhir, dia menderita kekalahan yang tentu tidak hanya akan mengecewakan diri sendiri, tetapi juga banyak orang.

Untuk cabang olahraga renang sendiri, kesempatan sang atlet untuk menghirup napas di permukaan sangatlah terbatas dan merupakan poin penting yang menjadi pertimbangan juri. Jika dia tidak sering berlatih, maka kemampuannya untuk mengontrol pernapasan pasti kurang bagus sehingga dari sisi tersebut saja dia sudah kalah poin di mata juri.

  1. Menambah kekuatan otot tangan dan kaki

Cabang olahraga bela diri membutuhkan kekuatan otot tangan dan kaki yang bagus untuk menyerang ataupun bertahan. Sebagaimana telah diketahui bahwa renang merupakan olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh dan membantu menguatkan otot tangan serta kaki, maka renang juga sangat baik untuk para atlet bela diri. Jika mereka rutin berenang minimal seminggu sekali, maka kekuatan otot pun secara otomatis ikut bertambah kuat. Dengan demikian, mereka dapat memberikan kekuatan serangan yang lebih besar serta lebih mampu untuk bertahan dari maneuver lawan.

Penyelenggaraan Renang Untuk Atlet

Bagi yang sudah termasuk sebagai atlet nasional, maka berolahraga renang termasuk kegiatan sehari-hari yang wajib dilakukan. Namun, bagi para atlet amatir, latihan renang umumnya bergantung pada kecakapan pelatih sang atlet ataupun kemauan atlet tersebut sendiri. Perlu sosialisasi yang cukup di kalangan para atlet akan pentingnya berlatih renang untuk masa depan karir mereka sendiri. Peran serta pemerintah dalam sosialisasi ini tampaknya juga penting, terutama dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Cara Menjadi Atlet

Bagi yang ingin meniti karir sebagai seorang atlet, rajin berolahraga renang saja tentu tidak cukup, karena dibutuhkan beberapa upaya nyata yang lain untuk dapat meraih impian tersebut. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat ditempuh untuk dapat menjadi atlet.

  • Bergabung dengan komunitas resmi cabang olahraga tersebut di daerah tempat tinggal. Dengan bergabung, secara otomatis impian untuk menjadi atlet sudah selangkah lebih dekat. Komunitas resmi umumnya mengadakan pelatihan dan seminar bagi bibit-bibit yang dibina untuk menjadi atlet daerah.
  • Menonjolkan prestasi di cabang olahraga tersebut pada pihak sekolah. Menjadi atlet memiliki batas umur tertentu dan umumnya dimulai dari usia dini. Bagi yang masih berstatus sebagai pelajar, dapat menunjukkan kemampuan yang dimiliki kepada pihak sekolah sekaligus meminta dukungan. Sekolah lantas akan melanjutkan hal tersebut dengan mencarikan jalan bagi sang murid agar dapat bergabung dalam pelatihan atlet daerah.

Kesimpulannya, berolahraga renang merupakan salah satu poin penting yang harus ditekuni agar mendapatkan kesempatan lebih besar bagi yang memiliki impian untuk menjadi seorang atlet, sekaligus pula mempertahankan dan semakin memuluskan karir bagi yang sudah resmi menjadi atlet. Walaupun kehidupan atlet di Indonesia belum cukup terjamin, namun tentunya menjadi penyumbang medali untuk negara merupakan salah satu kebanggaan tersendiri.