Skip to main content

Olahraga Renang Dapat Melatih Pernafasan dan Manfaat Lainnya

olahraga renang dapat melatihRenang adalah salah satu jenis olahraga yang bisa menjadi hiburan bagi sebagian orang. Karena beberapa tempat berenang atau kolam renang selalu ramai dikunjungi pada saat musim liburan tiba. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa, renang menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Yang sebenarnya, renang merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat. Diantaranya, olahraga renang dapat melatih pernafasan kita agar menjadi lebih kuat. Karena dengan kegiatan renang ini, pernafasan merupakan hal yang paling penting agar bisa menyelam dengan waktu yang lebih lama. Jika kegiatan renang ini dilakukan berulang-ulang secara rutin. Otomatis juga akan meningkatkan kekuatan pernafasan kita menjadi lebih panjang bahkan memperlancar peredaran dara yang ada di jantung dan paru-paru.

Ada banyak manfaat dari berenang ini selain keutamanaan olahraga renang dapat melatih pernafasan. Manfaatnya dadalah sebagai berikut: 1) Berenang dapat memperkuat otot dan tulang, karena dalam olahraga ini, kaki dan tangan melakukan gerakan yang sama dalam jangka waktu tertentu secara berulang-ulang, sehingga tak heran jika otot para atlet renang akan jauh lebih keras dan ideal. 2) dapat membantu menambah tinggi badan, menurut penelitian olah raga renang dapat membantu anda untuk memperoleh tinggi yang ideal. 3) Olahraga renang dapat menyehatkan jantung anda secara alami. 4) Membantu anda memperoleh tubuh yang ideal, karena seperti yang telah disebutkan diatas. Renang dapat memperkuat otot yang mana juga akan membentuk otot-otot dibagian tubuh anda menjadi lebih ideal dan sempurna. 5) dapat membantu anda meredakan depersi atau stres. Karena hampir semua gerakan yang ada pada model atau tipe renang dapat mempengaruhi hormon endorfin yang ada pada otak sehingga dapat mempengaruhi tingkat stresor yanga da pada otak dan cenderung meningkatkan suasana hati serta pikiran menjadi lebih senang dan tenang. 6) olahraga renang ini juga dapat membantu anda menurunkan berat badan anda serta mencegah anda terkena diabetes. Karena dengan berenang anda dapat membakar kalori anda, juga lemak dan gula yang ada di dalam darah.

Masih lanjutan dari manfaat berenang yang mungkin banyak diantaranya yang tidak sampat terbahas. Namun, mari coba kita ulas sebanyaknya-banyaknya mengenai manfaat dari berenang: 7) Olahraga renang dapat melatih pergerakan tangan, kaki, kepala, dan hampir semua bagian tubuh lainnya sehingga lebih fleksibel untuk berbagai gerak tubuh seperti yang dibutuhkan oleh para dancer. 8) Bahkan renang juga bisa menajdi salah satu alternatif untuk terapi ketika anda mengalami cidera. Namun dengan catatan harus berdasarkan rekomendasi dari ahli terapi.

Cukup banyak kan manfaat dari berenang? Beberapa manfaat diatas hanya manfaatnya secara umum saja. Karena sebetulnya olahraga renang sangat baik untuk semua kalangan, baik untuk bayi, ibu hamil, bahkan lansia.  Diantaranya manfaat berenang untuk bayi adalah 1) olahraga renang dapat melatih motorik bayi 2) dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan fisik bayi serta syaraf bayi. 3) membantu meningkatakan sistem daya tahan tubuh bayi 4) Meningkatkan dan menumbuhkan keberanian sejak dini agar tidak gampang terkejut dan rewel saat dimandikan bahakn membantu bayi beradaptasi di tempat baru. Sehingga memang tak heran jika pelayanan Baby Spa juga menyediakan untuk melatih bayi berenang. Dengan catatan menggunakan air yang suhunya tdak terlalu dingin sehingga bayi bisa menyesuaikan suhu air dengan suhu tubuhnya dengan cepat serta tidak menangis. Pelatihan renang untuk bayi ini harus selalu didampingi dengan ahlinya serta orang tua si bayi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian manfaat berenang bagi wanita hamil sebenarnya juga tak jauh-jauh dari manfaat secara umum dan manfaat yang diperoleh untuk bayi yang diantaranya adalah 1) dapat meningkatkan daya tahan tubuh si ibu agar tidak mudah terserang penyakit. 2) memberikan efek tidur yang nyenyak 3) menghindari atau mengurangi tingkat stres yang seharusnya tidak dialami oleh ibu hamil karena sangat membahayakan kandungannya. 4) bahkan olahraga renang dapat melatih otot disekitar panggul agar lebih mudah dalam proses persalinan nantinya. 5) renang juga dapat mencegah terjadinya prematur.

Artikel terkait :