Skip to main content

Manfaat Olahraga Renang Gaya Bebas

olahraga renang gaya bebasSalah satu jenis olahraga yang sangat disukai oleh banyak orang adalah olahraga renang. Berenang selain bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh juga bisa menciptakan rasa senang karena bisa bermain air. Inilah mengapa renang menjadi salah satu olahraga paling diminati dari dahulu hingga sekarang. Para peminat olahraga renang juga sangat universal. Mulai dari anak-anak, para remaja, orang dewa hingga orang tua juga sangat menyukai aktivitas olahraga ini. Bukti dari banyaknya penggemar olahraga renang bisa dilihat pada tempat wisata air seperti kolam renang, waterpark, pemandian air panas dan dinging hingga pantai. Alasan lain yang membuat renang ini begitu populer karena bisa melakukan olahraga dengan mencipatakan kesenangan karena menggunakan media air. Tentu sangat berbeda dengan olahraga lain seperti sepak bola yang harus berlarian dan terkadang membuat capek. Selain itu juga renang juga bisa dilakukan dengan berbagai teknik atau gaya seperti olahraga renang gaya bebas.

Bagi Anda yang sangat suka renang tentu perlu mengetahui beberapa gaya yang bisa dilakukan pada saat renang. Hal ini terbilang penting agar Anda bisa mempraktekkannya secara langsung pada saat berenang. Jadi saat renang tidak hanya bermain air saja, namun bisa melakukan berbagai variasi gerakannya. Beberapa gaya atau gerakan dalam renang seperti gaya bebas, gaya punggung, gaya katak, gaya kupu-kupu dan masih banyak lagi. Diantara banyaknya gerakan tersebut, olahraga renang gaya bebas termasuk yang paling digemari oleh banyak orang. Gaya bebas sendiri merupakan gerakan renang yang dilakukan dengan cara memposisikan wajah dan juga dada berhadapan pada permukaan air. Sedangkan untuk posisi kedua tangah bergerak menuju depan yang dilakukan secara bergantian kemudian ditarik kea rah belakang seperti sedang melakukan gerakan mengayuhkan air. Untuk posisi kedua kaki bergerak ke atas dan juga ke bawah secara bergantian. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong tubuh agar maju ke depan. Anda bisa mengambil nafas dengan cara sesekali menengok atau menghadapkan wajah secara bersamaan pada saat tangah sedang mengayuh.

Melakukan olahraga renang gaya bebas ternyata memberikan berbagai manfaat yang sangat bagus sekali untuk tubuh. Hal ini bisa terjadi karena dengan melakukan renang membuat seluruh otot yang ada di tubuh bergerak terus menerus. Beberapa manfaat berikut bisa Anda peroleh dengan melakukan renang gaya bebas. Pertama dapat menambah tinggi badan. Berbagai gerakan yang sangat banyak dan juga dinamis membuat tubuh menjadi tertarik ke bagian depan dan juga ke bagian belakang. Selain itu juga kaki terus melakukan gerakan baik dan turun. Tentu hal ini sangat efektif dan memberikan dampak yang sangat terlihat pada penambahan ukuran tinggi badan. Manfaat yang kedua yaitu dapat melatih otak. Pada saat melakukan renang gaya bebas sangat diperlukan sekali gerakan yang dinamis dan juga sinkron atau sesuai antara seluruh gerakan pada anggota tubuh agar gerakan yang dilakukan tersebut baik dan benar. Tentunya dengan melakukan hal tersebut sangat memerlukan kerja otak untuk dapat mengatur pergerakan seluruh anggota tubuh. Sehingga dengan melakukan renang gaya bebas secara rutin dapat melatih kemampuan dari otak. Inilah mengapa renang gaya bebas ini sangat baik sekali dilakukan oleh anak yang mengalami cacat pada mental.

Manfaat ketika dengan melakukan olahraga renang gaya bebas yaitu dapat memperkuat pernafasan. Melakukan renang dengan gaya bebas memang sangat membutuhkan pengaturan nafas yang baik. Karena melakukan ini dilatih untuk bisa mengambil serta menahan nafas disaat yang tepat, sehingga nantinya tidak membuat kehabisan nafas ataupun tersedak oleh air. Tentu dengan melakukan renang gaya bebas secara rutin dapat membuat semakin terbiasa untuk mengatur pernafasan secara baik yang nantinya dapat membuat pernafasan menjadi lebih kuat. Manfaat selanjutnya yaitu dapat membentuk postur tubuh. Memiliki postur tubuh ideal adalah impian bagi setiap orang karena dirasa akan membuat penampilan lebih sempurna. Melakukan renang gaya bebas adalah cara yang sangat tepat untuk dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk dapat memperoleh hasil tubuh yang bagus. Karena melakukan renang harus  bergerak secara dinamis yang ternyata juga membuat otot pada seluruh anggota tubuh menjadi bergerak dan ditarik secara terus menerus.

Itulah beberapa manfaat melakukan olahraga renang gaya bebas. Sangat bermanfaat sekali bukan? Bagi Anda yang ingin mendapatkan berbagai manfaat tersebut mulailah berenang dengan menggunakan gaya bebas. Tanpa harus bersusah payah dan juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang Anda sudah bisa mendapatkan tubuh yang sehat hanya dengan melakukan renang gaya bebas.

Artikel terkait :