Skip to main content

Manfaat Olahraga Renang Untuk Bayi

manfaat olahraga renangRenang merupakan salah satu olahraga tertua di dunia. Segudang manfaat renang membuat olahraga tersebut tidak pernah sepi peminat dan justru semakin banyak yang menekuni. Selama ini, orang mungkin hanya familier dengan manfaat olahraga renang untuk anak dan orang dewasa, padahal renang pun memiliki banyak sekali manfaat jika diajarkan pada bayi, sedari dini. Sebuah lembaga penelitian di Amerika telah membuktikan bahwa bayi yang diajarkan berenang memiliki tumbuh kembang yang lebih baik dari segi emosional, kognitif, ketahanan tubuh, maupun ketangkasan. Menyadari hal tersebut pula, kini telah banyak bermunculan tempat-tempat pelatihan renang khusus untuk bayi yang dapat diikuti supaya sedari dini sang buah hati dapat mempelajari olahraga renang dan merasakan manfaat-manfaatnya.

Kontrol emosi yang lebih baik merupakan manfaat olahraga renang yang sangat penting bagi bayi. Renang telah terbukti dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan suasana hati yang tidak menyenangkan, serta menekan tingkat kecemasan seseorang. Jika diajarkan sedari dini kepada bayi, maka dia akan bertumbuh menjadi seseorang yang memiliki kontrol emosi sangat baik dan cenderung selalu berpikir dengan kepala dingin dalam situasi mendesak sekalipun, sehingga bisa mengambil keputusan paling bijak. Bayi juga akan lebih ceria dan dapat menjadi pembangkit suasana. Tentunya dengan karakter positif seperti itu, bayi kemudian akan menjadi anak yang mudah disukai oleh lingkungan sekitarnya serta mudah mendapatkan teman dan prosentase untuk terserang depresi sangat sedikit.

Manfaat olahraga renang selanjutnya untuk bayi adalah menstimulasi kekuatan otot dan imunitas tubuh bayi dengan cara yang menyenangkan. Mengingat bayi dan anak-anak sangat menyukai air, ketika diajarkan berenang, mereka tidak akan menganggap hal tersebut sebagai beban, namun justru suatu kegiatan yang menyenangkan. Mereka akan dengan senang hati berenang tanpa merasa terpaksa dan justru betah berlama-lama untuk berenang. Dengan demikian, kekuatan otot mereka pun akan semakin meningkat, serta imunitas tubuh semakin baik.

Mencegah obesitas pada bayi merupakan manfaat olahraga renang yang lain. Sebagian orang tua dan orang dewasa sekitar mungkin berpikir bayi yang memiliki tubuh gemuk sangat lucu dan menyenangkan. Namun sebenarnya, mereka justru memiliki resiko lebih tinggi terkena obesitas, yakni kelebihan berat badan di mana beratnya didominasi oleh lemak jahat tubuh. Hal ini tentunya bukan merupakan sesuatu yang baik untuk kesehatan buah hati. Obesitas sendiri mudah memicu komplikasi penyakit lain yang berbahaya. Sehingga, lebih baik bila sedari dini bayi memiliki berat badan yang ideal menurut kesehatan. Sebab, jika obesitas dibiarkan sedari dini, anak akan sangat rentan terhadap penyakit dikarenakan tubuhnya sendiri sudah digerogoti oleh lemak-lemak jahat yang menumpuk.

Keseimbangan tubuh bayi menjadi lebih baik juga merupakan manfaat olahraga renang yang penting. Dengan mengajari bayi berenang sejak kecil, mereka akan lebih pandai dalam mengatur keseimbangan tubuhnya. Salah satu kekhawatiran orang tua adalah ketika buah hati terluka. Kadang, anak memang memiliki keseimbangan diri yang agak bermasalah sehingga mudah terjatuh atau menabrak sesuatu sampai cedera. Melalui latihan berenang semenjak dini, di mana renang memerlukan keseimbangan tubuh yang bagus, bayi pun akan bertumbuh kembang dengan terbiasa menyeimbangkan setiap gerakan untuk menghindari cedera dan semacamnya. Kekhawatiran orang tua pun menjadi lebih ringan bila buah hatinya tidak mudah jatuh atau cedera akibat menghantam sesuatu karena kurangnya keseimbangan ketika bergerak.

Manfaat olahraga renang untuk bayi yang terakhir adalah meningkatkan nafsu makan dan membuat tidurnya pun lebih nyenyak. Mengingat renang merupakan olahraga yang cukup menguras tenaga, secara otomatis bayi akan menginginkan asupan makanan yang lebih banyak dan tidak memiliki keinginan untuk menolak makanan, sehingga nafsu makannya pun akan meningkat, namun berat badan tetap ideal karena langsung dikeluarkan dalam bentuk tenaga ketika bayi mendapatkan terapi renang selanjutnya. Sedangkan mengenai tidur yang lebih lelap, hal itu dikarenakan rasa senang bayi karena dapat bermain air cukup lama ketika berenang yang membuat suasana hatinya sangat bagus ketika pergi tidur. Kepuasan serta kesenangan tersebut membuatnya dapat istirahat dengan nyaman dan tenang.

Artikel terkait :