Skip to main content

Pengertian Olahraga Renang Gaya Kupu-kupu dan Berbagai Hal Lain yang Berkaitan

pengertian olahraga renang gaya kupu-kupuOlahraga adalah salah satu hal yang penting bagi kehidupan manusia. Ada banyak orang yang merasa sering sakit-sakitan karena tidak memiliki gaya hidup yang sehat dan tidak pernah berolahraga. Padahal ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mendukung kesehatan seseorang. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah renang. Ada banyak jenis gaya dalam olahraga renang, salah satunya adalah renang gaya kupu-kupu. Ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahui dengan benar mengenai pengertian olahraga renang gaya kupu-kupu. Anda bisa mencari tahu mengenai renang gaya kupu-kupu terlebih dahulu jika memang ingin mencoba menekuni olahraga renang. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat Anda rutin melakukan olahraga renang. Tubuh Anda akan bisa merasakannya setelah beberapa kali rutin melakukannya.

Anda tidak perlu khawatir akan bingung dalam melakukan renang gaya kupu-kupu, karena kami akan menjelaskan mulai dari pengertian olahraga renang gaya kupu-kupu untuk Anda dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan renang gaya kupu-kupu tersebut. Renang gaya kupu-kupu sendiri adalah sebuah gaya dalam renang yang mana posisi dadanya menghadap pada bagian permukaan air. Lalu kedua dari belah lengannya menekannya ke bawah dengan bersamaan serta digerakkan pada arah luar sebelumnya diayunkan pada bagian depan. Kemudian pada bagian kedua kakinya, menendang pada bagian bawah dengan bersamaan serta ke atas mirip dengan gerakan dari sirip ikan atau juga lumba-lumba.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam mengenai pengertian olahraga renang gaya kupu-kupu, maka berikut akan dijelaskan dengan lebih rinci dimulai dengan posisi badannya.

  • Posisi badan

Usahakan psisi dari badannya sedatar mungkin pada permukaan dari air. Renang gaya tersebut adanya gerakan naik serta turun dengan vertical sesuai pada irama dari kaki serta pukulan dari dolphin. Gerakan berupa naik turun tersebut tidak akan Anda temukan pada renang gaya lainnya. Anda harus menahannya dengan sebaik mungkin sehingga tubuh bisa tetap datar dengan permukaan air. Ada dua hal penting yang bisa menghasilkan adanya tubuh streamline :

  • Pada saat hendak bernafas mengusahakan agar kepalanya naik sedikit asal bagian mulutnya keluar permukaan air serta bisa untuk mengirup udara. Pada saat sudah mengambil udara maka kepalanya tunduk kembali agar tubuhnya tetap streamline
  • Pada saat melakukan tendangan, kedua kakinya seperti pukulan dolphin. Mengusahakan agar tidak begitu dalam, dikarenakan pukulannya dalam agar adanya tahanan pada bagian depan.
  • Gerakan kaki

Selanjutnya untuk lebih mengerti mengenai pengertian olahraga renang gaya kupu-kupu, maka akan dibahas mengenai gerakan kakinya. Gerakan kakinya sendiri mirip seperti gaya bebas. Hanya saja pada renang dari gaya kupu-kupu dilakukan dengan bersama-sama. Berikut adalah urutan dari gerakan kaki gaya kupu-kupu :

  • Posisi/keadaan dari kakinya lurus sampai pada telapak kaki
  • Gerakan kakinya ke atas dimana kakinya membengkok di bagian persendian lutut.
  • Menendang kaki ke bagian bahwa secara keras diutamakan pada bagian punggung kaki. Dilakukannya dengan meluruskan kedua kaki dari membengkokannya
  • Tendanganta masih berjalan, akan kelihatan sikap kakinya lurus
  • Kemudian kakinya ke bagian bawah selesai lalu kakinya digerakan pada bagian atas lalu ditekuk pada bagian persendian lututnya
  • Gerakan lengan

Gerakan kaki pada gaya kupu-kupu seperti gaya bebas tetapi dilakukan dengan bersamaan. Berikut adalah urutannya :

  • Kakinya lurus sampai telapak kaki
  • Gerakan kakinya ke bagian atas dan kakinya membengkokan di bagian persendian lututnya. Membengkokan kakinya tidak besar hanya saja jari-jarinya yang hanya keluar dari permukaan air
  • Menendang kaki ke bagian bawah secara keras terutama bagian punggug kaki. Kakinya diluaruskan jadi kedua kaki membengkok
  • Mendang kaki yang masih berjalan, dimana sikap kakinya lurus
  • Selanjutnya tendangan kakinya ke arah bagian bawahnya selesai. Maka gerakan kakinya ke bagian atas dari posisinya yang lurus lalu ditekuk di bagian persendian lututnya.

Berbagai pengertian olahraga renang gaya kupu-kupu diatas akan membantu Anda dalam memahami dengan benar mengenai renang gaya kupu-kupu agar gerakan yang dilakukan bisa maksimal.

Artikel terkait :