Skip to main content

Aneka Teknik Olahraga Renang

teknik olahraga renangUntuk bisa menjaga badan agar tetap sehat maka setiap orang harus melakukan gaya hidup yang sehat. Ada banyak factor penting pendukung yang membuat seseorang bisa terus menjalani hidup yang sehat. Setiap orang harus selalu menjaga asupan makanan yang mereka konsumsi, selain itu mereka juga harus menyediakan waktu untuk berolahraga secara rutin. Olahraga terkadang dianggap sepele padahal manfaatnya sangat besar. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan rutin, salah satunya adalah renang. Mungkin bagi beberapa orang belum mengetahui dengan pasti mengenai teknik olahraga renang yang benar. Jika Anda berniat ingin hidup sehat denan berenang maka Anda harus mengetahui teknikya dengan tepat.

Sebelum melakukan olaharga renang secara teratur maka ada baiknya Anda mengetahui dan mempelajari mengenai teknik olahraga renang dengan benar agar olahraga yang dilakukan bisa benar dan memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan badan Anda. Olahraga renang sendiri ada berbagai jenis gaya yang bisa dilakukan. Masing-masing gaya memiliki tekniknya masing-masing. Anda bisa memilih salah satu gaya yang memang menurut Anda paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa melakukan olahraga renang kurang lebih dua kali dalam seminggu. Jika dilakukan dengan teratur walaupun sebentar maka tubuh Anda bisa merasakan manfaat dari olahraga renang yang dilakukan dengan teratur tersebut. Anda bisa merasakan tubuh Anda menjadi sehat.

Mungkin sebelum Anda memilih salah satu gaya renang yang untuk ditekuni, maka sebelumnya harus mempelajari teknik olahraga renang yang mendasar terlebih dahulu. Berikut ada beberapa teknik yang harus Anda ketahui dengan benar agar tidak terjadi suatu cedera atau berbagai hal lain yang tidak diinginkan :

  • Pernafasan

Teknik olahraga renang yang pertama adalah mengenai pernafasan. Anda harus mengatur nafas secara baik agar anda tidak tersedak atau juga sesak saat berenang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan berdiri di bagian pinggir kolam dimana rendah serta wajahnya tetap ada di permukaan air. Selanjutnya harus menarik nafas lewat mulut dan menahannya beberapa saat lalu memasukan kepala ke air serta mengehmbuskan nafas lewat hidung. Anda harus melakukan latihan ini jika hendak berlatih renang dengan perlahan. Usahakan melakukan latihan denagn banyak 10 sampai dengan 15 kali setiap hendak melakukan gerakan atau juga latihan lainnya. Usahakan melakukan latihan dengan berulang kali sehingga Anda bisa menemukan irama dari diri Anda sendiri.

  • Meluncur

teknik olaraga renang berikutnya adalah meluncur. Jika Anda baru pertama kali mengenal olahraga renang maka Anda harus menguasa teknik meluncur terlebih dahulu. Meluncur sendiri adalah gerakan tubuh dimana tubuh horizontal dibawah dari permukaan air. Anda harus turun terlebih dahulu ke kolam dangkal serta membelangkangi adanya dinding kolam. Menempelkan telapak kaki bagian kanan atau kiri pada dinding kolam untuk tokan agar bisa meluncur. Mendorong badannya dengan tolakan kakinya serta meluncur dengan sejauh mungkin dimana tangannya sejajar kearah depan. Kepalanya diusahakan untuk masuk ke air jadi kupingnya sejajar lengan tangan. Anda bisa melakukannya sebanyak sepuluh sampai dengan 15 kali agar bisa membuat badan seimbang.

  • Mengambang atau mengapung

Teknik olahraga renang selanjutnya yaitu Mengambang yang merupakan gerakan dari tubuh yang melayang dibawah dari permukaan air serta kepalanya diatas dari permukaan air dimana adanya dorongan tangan serta kaki untuk menyeimbangkan. Mengapung sendiri terdiri dari dua jenis yaitu mengambang dengan terlentang serta mengambang dengan tegak lurus secara vertical

Berbagai teknik olahraga renang diatas adalah berbagai teknik dasar yang harus dikuasai oleh Anda yang hendak menekuni olahraga renang. Selan teknik dasar diatas, Anda juga harus mengetahui bahwa dalam renang sendiri terdapat beberapa jenis gaya yang berbeda dimana masing-masing gaya memiliki tekniknya masing-masing. Dengan mempelajarinya lebih dahulu maka diharapkan gerakan yang dilakukan bisa dilakukan dengan benar dan juga bisa membuat banyak manfaat untuk tubuh. Anda harus mengetahuinya dengan benar agar bisa membuat tubuh semakin sehat dan juga mendapatkan berbagai manfaat lainnya. Anda bisa mempraktekannya sendiri secara teratur.