Perawatan Kolam Renang

Kolam Renang 0

Memiliki kolam renang dirumah tentunya sangat menyenangkan. Namun yang menjadi masalah adalah ketika merawat kolam renang. tentunya Anda tidak ingin anggota keluarga mendapatkan maslah dikarenakan air kolam renang tidak bersih.

Terlebih jika Anda memiliki kolam renang yang terbuka, tentunya dengan sistem air terbuka membuat kolam Anda menjadi terkena hujan, rontokan dan beberapa bahan organik yang lainnya. Jika tidak dibersihkan maka akan mengundang penyakit seperti disentri, tipus dan kolera. Nah dibawah ini ada beberapa perawatan kolam renang seperti:

Seminggu 2x

  • Untuk dapat mempertahankan keseimbangan air, maka tingkat pH atau ukuran keasaman harus diuji dua kali seminggu. Sebaiknya tingkat pH di air kolam harus sedikit basa, yaitu berkisar di angka 7,2-7,6. Untuk dapat mengendalikannya Anda dapat menggunakan asam, seperti asam muriatic, atau alkali seperti baking soda. Perlu dicatat bahwa penambahan dari asam alkali ini sangat tergantung pada apakah air terlalu asam atau terlalu basa. Jika tingkat pH salah maka akan mengakibatkan kerusakan dari kolam dan peralatan kolam renang.
  • Sanitasi kolam renang sama dengan mensterilkan kolam renang, dimana bentuk bakteri dan alga dapat dihancurkan. Kolam renang yang tidak sering dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bakteri dan bentuk ganggang dapat dihilangkan dengan menggunakan klorin. Klorin tersedia dalam tablet, bentuk butiran atau cairan. Karena tingkat klorin tidak tetap konstan, maka disarankan untuk klorinasi dengan konstan(tambahkan 3-4 kali jumlah klorin harian).
  • Daun, serangga, kotoran burung dan zat kotor lainnya harus dibersihkan dari permukaan kolam dengan menggunakan jaring. Dan juga ubin kolam renang harus dibersihkan.

Seminggu 1x

  • Untuk dapat mengontrol kontaminan alga, maka Anda dapat memberikan algaecide seminggu sekali. Sebaiknya dilakukan di pagi hari. Fungsi dari algaecide disini dapat membantu untuk menghancurkan ganggang tanpa harus merusak ubin dari kolam renang.
  • Apabila Anda berenang kemungkinan besar akan menemui partikel yang ada di permukaan air kolam. Anda dapat menghilangkannya menggunakan bahan kimia yang mampu menghilangkan partikel logam dari air.
  • Untuk mengatasai masalah air keruh Anda dapat menggunakan clarifier ke air kolam.

Bulanan

  • Air kolam yang terlalu rendah kalsium akan menjadi korosif. Sehingga pemeriksaan akan kalsium dirasa sangat penting.
  • Tingkat alkalinitas yang tepat akan mencegah perubahan mendadak dalam tingkat pH air kolam. Sehingga didalam kolam tingkat alkalinitasnya mencapai 80-120 ppm adalah standar wajib, Anda dapat menyesuaikannya dengan menambahkan baking soda.

Demikian beberapa perawatan kolam renang, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Rate this article!
Perawatan Kolam Renang,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply