Skip to main content

Kupas Tuntas Sejarah Renang, Cara Melakukan Beberapa Gaya Renang, dan Manfatnya

sejarah renangRenang salah satu cabang olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat dunia khususnya untuk masyarakat yang tinggal di daerah tropis. Hal ini dikarenkaan daerah tropis memiliki suhu yang tinggi dan cenderung panas sehingga membuat masyarakatnya gemar untuk berendam di air atau berenang. Terlepas dari semua itu, apakah ana tahu tentang sejarah renang?

Jika anda belum mengetahui disarankan menyimak penjelasan dibawah ini tentang ulasan sejarah renang secara lengkap dan informatif. Penjelasan dibawah ini dapat menambah pengetahuan anda tentang renang. Tidak perlu lama lama lagi, langsung saja para pembaca menyimak penjelasan dibawah ini. Lets check it!

Sejarah Renang, Sejarah Gaya Renang, Manfaat Berenang

Sejarah renang di dunia terbagi menjadi tiga bagian atau periode. Untuk mengobati rasa penasaran anda langsung saja membaca uraian dibawah ini.

  1. Periode zaman kuno atau pra sejarah

Pada periode ini sejarah renang diketahui melalui lukisan lukisan di dinding gua yang ada di mesir. Tidak hanya itu, di mesir telah di temukan stempel lilin yang menunjukan tahun 4000  sampai 9000 sebelum masehi yang menunjukan 4 perenang yang berenang menggunakan gaya bebas. Di mesir juga telah di temukan lukisan kuno yang menggambarkan tentang seorang pria sedang berenang. Tepat di dalam salah satu makan kuno di mesir jaga ditemukan beberapa gambar perenang yang sedang berlomba menggunakan gaya bebas. Jadi dapat disimpulkan bahwa renang diciptakan pada saat peradaban mesir kuno.

  1. Periode pertengahan sampai tahun 1800

Nicolas Wynman adalah seorang profesor asal Jerman yang menuliskan buku tentang renang pada tahun 1538. Tidak hanya itu, pada waktu yang bersamaan profesor asal Inggris yang bernama E.digby juga menuliskan buku yang mendeskripsikan bahwa manusia lebih pandai berenang daripada ikan. Lalu pada tahun tahun selanjutnya sampai dengan tahun 1800, telah banyak negara yang membentuk asosiasi untuk mempelajari renang. Salah satunya adaah negara Jepang. Jepang mengharuskan warga negaranya yang ingin menjadi anggota samurai untuk menguasai renang. Di yunani juga telah di temukan lukisan lukisan perenang pada tahun 500 sebelum masehi, dan tentunya masih banyak lagi negara yang menjadi pencetus renang.

  1. Periode modern (1896 sampai sekarang)

Renang pertama kali menjadi salah satu kategori pertandingan olimpiade di Athena, Yunani pada tahun 1896. Lalu pertandingan olimpiade ke dua dilaksanakan di Paris dengan menggunakan gaya bebas. Pada jaman dahulu, olimpiade renang tidak dilakukan di dalam kolam renang seperti sekarang. Olimpiade renang jaman dahulu dilakukan di sungai yang memiliki arus yang deras. Maka dari itu tak jarang para perenang yang hilang hingga tewas hanyut terbawa derasnya arus sungai tersebut. Namun seiring berkembangnya jaman dan teknologi, lama kelamaan olimpiade renang tidak dilakukan di dalam sungai yang memiliki arus deras, namun di danau, waduk, sungai yang tenang, dan sampai akhirnya di kolam renang.

Beberapa Sejarah Gaya Renang

Setelah anda mengetahui sejarah renang diatas, sekarang giliran anda untuk mengetahui apa saja sejarah gaya renang yang sering digunakan dalam perlombaan atau olimpiade. Tak perlu menunggu lama, langsung saja. Lets check it!

  1. Sejarah renang gaya bebas

Sejarah renang gaya bebas bermula pada jaman kuno yaitu pada peradaban mesir kuno. Dalam peradaban mesir kuno banyak ditemukan lukisan  perenang yang menggunakan renang gaya bebas. Tidak hanya ditemukan lukisan, di peradaban mesir kuno ditemukan stempel lilin yang bergambar orang sedang berenang.

Namun sejarah renang gaya bebas didunia tidak hanya pada peradaban mesir kuno saja, namun pada tahun 1870, pelatih renang asal Inggris yang bernama John Arthur Trudgen pergi ke Amerika Selatan. John Arthur Trudgen mempelajari renang gaya bebas dari penduduk sekitar. Setelah mempelajari gaya renang dari masyarakat asli amerika selatan, John menyebarluaskan pengetauan dan kemampuannya tersebut kepada para muridnya. Gaya renang yang diajarkan oleh john kepada muridnya sering disebut gaya renang trudgen.

Gaya renang trudgen lalu dikembangkan leih luas ke masyarakat oleh perenang asal australia yang bernama Dick dan Turns. Dalam mengembangkan gaya trudgen, dick dan turns melihat wickham yang berenang dengan gerakan kaki lurus melecut naik turun. Lalu Dick dan Turns juga melihat Richard Cavil yang berenang seperti itu juga.

Kemudian kedua orang tersebut bertanya tanya gaya apakah yang digunakan Cavil dan Wickham saat berenang. Akhirnya ada salah satu keluarga dari Cavil yang memberi tahu bahwa gaya renang tersebut adalah gaya renang “crawl” atau merangkak di dalam air. Lalu kemudian gaya “crawl” ini dipelajari oleh banyak masyarakat dan para perenang dan lebih sering disebut renang gaya bebas.

  1. Sejarah renang gaya dada

renang gaya dadaYang selanjutnya adalah sejarah renang gaya dada. Tentunya renang gaya dada sudah ada dan dikenal masyarakat pada jaman kuno tepatnya pada peradaban mesir kuno. Tidak diherankan lagi, peradaban mesir kuno memang salah satu peradaban besar yang tumbuh dan berkembang di dunia pada jaman dahulu.

Peneliti menemukan lukisan lukisan orang yang sedang berenang di dalam gua perenang yang letaknya dekat dengan Wadi Sora, Mesir barat daya. Lukisan ini menggambarkan seseorang yang sedang berenang dan gerakan kakinya menyerupai gaya kaki katak jika sedang berenang. Maka tak heran pada era sekarang renang gaya dada sering disebut gaya katak.

Selain ditemukan pada peradaban mesir kuno, sejarah renang gaya dada juga juga ditemukan pertama kali di Babilonia yang di lukis oleh masyarakat assyiria. Pada tahun 1538 seorang preofesor dari Jerman yang bernama Nicolas Wynman telah membuat dan menerbitkan buku tentang berenang yang pertama yang berjudul colymbetes. Tujuan wynman menulis buku tersebut adalah untuk mengenalkan bahaya yang terjadi jika anda berenang bukan memperkenalkan gaya dada keada masyarakat luas.

Nah penulis yang membuat dan menerbitkan buku tentang tata cara gaya dada dengan mudah provesor dari perancis yang bernama Melchisedech Thevenot. Gaya renang yang disebarluaskan oleh Thevenot ini adalah renang gaya dada yang dipakai pada jaman sekarang ini. Renang gaya dada diperkenalkan oleh masyarakat dari buku yang dibuat oleh Thevenot kemudian dibaca oleh banyak orang dan dipraktekan kemudian di wariskan secara terus menerus sampai sekarang.

Renang gaya dada pertama kali diperlombakan dalam pertandingan olimpiade di Eropa pada tahun 1800. Pada tahun 1844 juga para pengikut olimpiade di Inggris renang banyak menggunakan gaya dada sebagai cara berenangnya. Masih banyak lagi olimpiade yang menggunakan renang gaya dada.

Yang menjadi rekor adalah pada tahun 1875 seorang kapten yang bernama Matthew Webb berhasil menyebrangi selat Inggris yang memiliki jarak 34,21 km dengan berenang menggunakan gaya dada.  Kapten Matthew berhasil menakhlukan selat tersebut dengan waktu 21 jam 45 menit. Dan pada saat itu juga kapten Matthew dinyatakan sebagai orang pertama yang menyebrangi selat inggris dengan berenang dan perenang gaya dada terjauh di dunia.

  1. Sejarah renang gaya kupu kupu

Sejarah renang gaya kupu kupu dimulai dari seorang perenang Amerika Serikat yang bernama Henry Myers berenang gaya kupu kupu. Gaya kupu kupu sebenarnya adalah pengembangan dari gaya dada. Gaya renang kupu kupu pertama diciptakan oleh pelatih renang yang bernama David Armbuster yang berasal dari Universitas Loa.

David mengembangkan gaya kupu kupu karena dia mengangap gaya renang yang dipraktekan pada saat (renang gaya dada) itu sangat tidak nyaman dan ada masalah hambatan air. Akhirnya David meneliti dan mengembangkan renang gaya dada yang tidak menimbulkan masalah hambatan air. Setelah beberapa lama meneliti akhirnya David menemukan solusi yang tepat yaitu dengan memperbaiki ayunan lengan pada gaya dada yang sering disebut gaya kupu kupu.

Mengapa dinamakan gaya kupu kupu? Hal ini dikarenakan gerakan lengan pada saat berenang menyerupai kupu kupu saat terbang. Pada tahun selanjutnya yaitu 1935 seorang perenang bernama Jack Sieg mengembangkan lagi gaya kupu kupu yang telah diciptkana David. Jack membuat inovasi baru dengan merubah gerakan kaki yang awalnya seperti gerakan kaki renang gaya dada menjadi menendang seperti sirip seekor sirip ekor ikan.

Tidak hanya itu Jack juga membuat inovasi yang lainnya dengan memiringkan tubuhnya ke satu sisi saat berenang. Lalu Jack dan David mengembangkan lagi dengan menggambungkan gerakan lengan seperti kupu kupu dan gerakan kaki seperti sirip ikan. Gaya renang tersebut kemudian dipakai oleh banyak perenang untuk mengikuti olimpiade.

  1. Sejarah renang gaya punggung

Sejarah renang gaya punggung sudah dimulai pada jaman kuno. Renang gaya punggung adalah gaya renang tertua yang ada di dunia setelah gaya bebas. Renang gaya punggung dikembangkan oleh Adolf Kiefer. Adolf kiefer adalah orang yang berhasil merubah dan mengembangkan ranang gaya bebas menjadi renang gaya punggung. Renang gaya punggung menjadi salah satu nomor olahrga yang di pertandingkan dalam olimpiade pada masa kuno.

Cara Melakukan Gaya Renang

Setelah mengetahui tentang sejarah gaya renang di dunia, anda juga harus mengetahui bagaimana cara melakukan macam macam gaya renang yang dilakukan di atas. Untuk mengobati rasa penasaran anda, simaklah penjelasan dibawah ini.

  1. Cara melakukan gaya renang bebas

Renang gaya bebas sering dikatakan gaya crawl ini memiliki beberapa teknik dasar dan cara yang khusus. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan anda membaca tentang cara cara melakukan renang gaya bebas.

  • Cara yang pertama adalah anda harus ancang ancang di dalam air dengan menempelkan kaki anda di dinding kolam renang.
  • Lalu cara yang kedua adalah memulai proses peluncuran. Peluncuran dimulai dengan menjejakan kaki anda di dinding kolan renang. Disaat kaki anda dijejakan di dinding kolam, tangan anda dijulurkan ke depan seperti posisi ingin meluncur.
  • Posisi tangan pada saat meluncur membentuk angka satu atau merekatkan kedua tangan anda menjadi satu sejajar dengan kaki.
  • Agar anda mendapat jarak yang jauh didalam kolam, tangan anda harus sesekali ke luar permukaan air agar tubuh anda lebih terdorong maju melesat di dalam air.
  • Selanjutnya untuk gerakan kaki di dalam air, cukup digerakan naik turun saja secara bergantian antara kaki kanan dan kiri.
  • Lakukan gerakan tangan dan kaki secara bersamaan sampai sempurna agar anda dapat melaju pesat didalam air menggunakan gaya renang ini.
  1. Cara melakukan gaya renang dada

Salah satu gaya renang ini sangat terkenal di masyarakat indonesia maupun dunia. Cara melakukan gaya renang dada mudah bisa anda lakukan dalam kehidupan sehari hari. Untuk bisa melakukannya sebaiknya anda menyimak penjelasan tentang cara cara melakukan gaya renang dada dengan mudah. Lets check it!

  • Langkah yang pertama anda harus ancang ancang dengan cara kaki ditempelkan ke dinding kolam renang.
  • Kemudian bahu anda harus sejajar dengan permukaan air, lalu kedua tangan direntangkan ke depan.
  • Setelah bahu dan tangan anda direntangkan ke depan sejajar dengan air, badan meluncur ke depan.
  • Pada saat meluncur, tangan kembali ke belakang dengan posisi dibawah permukaan air sambil tangan anda mendorong tubuh anda agar melaju cepat.
  • Posisikan kaki di dalam air dengan ditekuk dan ditarik ke arah depan. Setelah ditarik ke arah depan kedua kaki anda diluruskan lagi sambil dihentakan agar anda dapat melaju cepat di dalam air.
  • Posisi kepala anda harus tetap berada di luar permukaan air kecuali pada saat start dan berputar balik.
  • Pada saat berbalik badan dan anda sampai di garis finish, anda harus menyentuh dinding kolam lalu setelah itu kedua tangan anda diangkat keatas secara bersamaan.
  1. Cara melakukan renang gaya kupu kupu

Cara melakukan renang gaya kupu kupuCara melakukan renang gaya kupu kupu bisa terbilang cukup sulit. Namun jika anda berlatih secara rutin bisa dipastikan anda dapat menguasai salah satu gaya renang ini. Agar memudahkan anda dalam proses pelatihan renang gaya kupu kupu, anda bisa melihat penjelasan dibawah ini.

  • Pada posisi start anda harus berdiri secara membungkuk di papan start atau tempat start yang ada di pinggir kolam.
  • Pada saat start dan posisi membungkuk jangan lupa kedua tangan anda diarahkan ke depan membentuk angka satu.
  • Dalam proses peluncuran diusahakan anda melompat dari papan lompatan dengan benar agar hasil luncuran anda jauh dan membuat jarak renang anda menjadi berkurang.
  • Gerakan tangan pada saat masuk ke dalam air yaitu dengan kedua lengan didorong ke bawah lalu diangkat ke atas, kemudian di dorong kebawah lagi.
  • Gerakan kaki pada saat di dalam air yaitu dengan memposisikan kedua tungkai lurus dan rapat, kemudian dilecutkan ke belakang.
  • Lakukan pengoordinasiaan antara gerakan tangan dan kaki secara bersamaan sampai anda lancar melakukan gerakan renang gaya kupu kupu.
  1. Cara melakukan gaya renang punggung

Cara melakukan gaya renang punggung memang berbeda dengan yang lainnya. Jika gaya renang lain memposisikan badannya menghadap ke air, namun berbeda dengan renang gaya punggung. Renang gaya punggung memposisikan tubuhnya terlentang menghadap ke atas. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan dibawah ini.

  • Cara yang pertama anda harus menggerakan naik turun kaki kanan dan kiri secara bergantian di dalam air. Usahakan anda menggerakan kedua kaki kaki anda dengan cepat agar anda tetap berenang lurus di ari tanpa berbelok.
  • Cara yang selanjutnya yaitu gerakan tangan. Pertama tama anda meluruskan salah satu tangan anda ke atas atau disebelah telinga. Kemudian salah satu tangan tersebut dikayuh ke belakang atau ke dalam air, kemudian balik ke atas air. Lakukan gerakan tangan tersebut secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.
  • Lakukan dia cara diatas secara bersamaan. Memang cukup sulit di lakukan karena tubuh kita terlentang di atas air. Namun jika anda berlatih dengan tekun, anda bisa melakukan renang gaya punggung dengan sempurna.

Cara mengambil nafas dalam beberapa gaya renang

Cara mengambil nafas saat berenang memang sangat penting. Hal ini dikarenakan jika anda tidak pandai mengambil nafas pada saat di dalam air, anda tidak akan bisa berenang dengan lancar atau bisa saja tenggelam. Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan simak cara mengambil nafas dalam beberapa gaya renang dibawah ini.

  1. Cara mengambil nafas dalam renang gaya bebas

Cara mengambil nafas renang gaya bebas cukup mudah. Hal ini dikarenakan pada saat berenang menggunakan gaya ini posisi tkepala anda miring ke kanan dan kiri. Para perenang bisa mengambil nafas pada saat kepala anda menengok ke kanan atau ke kiri . Anda bebas mengambil nafas pada saat posisi kepala anda ke kanan atau ke kiri sesuai dengan keinginan dan kenyamanan anda.

Usahakan dalam mengambil nafas anda menghirup oksigen semaksimal mungkin agar anda bisa berenang dengan lancar di dalam air. Jika anda mengambil nafas pada saat kepala anda menoleh ke kanan, berarti anda membuang nafas pada saat posisi kepala anda ke kiri.

  1. Cara mengambil nafas dalam renang gaya dada

Yang selanjutnya cara mengambil nafas renang gaya dada yaitu pada saat anda melakukan akhir gerakan lengan. Anda bisa mengambil nafas pada saat lengan yang ada di dalam permukaan air telah siap untuk mendorong kedepan. Pada saat lengan di dorong ke depan, posisi kepalah anda diangkat sampai mulut anda keluar dari permukaan air. Anda bisa menghirup oksigen dengan hidung ataupun mulut.

Nah pada saat anda sudah menghirup oksigen di luar permukaan air, anda perlu membuang oksigen atau udara tersebut di dalam air. Caranya cukup mudah, setelah posisi kepala anda keluar permukaan air dan menghirup oksigen kepala ada masuk kembali ke dalam air dan perlahan lahan anda membuang nafas melalui mulut di dalam air.

  1. Cara mengambil nafas dalam renang gaya kupu kupu

Renang gaya kupu kupu memang bisa dibilang salah satu gaya renang yang sulit di pelajari. Hal yang sulit dipelajari dalam renang gaya ini adalah koordinasi gerakan lengan dan kaki. Namun apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara pengambilan nafas pada renang gaya kupu kupu? Pengambilan nafas pada renang gaya kupu kupu ada dua cara.

Cara mengambil nafas renang gaya kupu kupu yang pertama yaitu dengan memiringkan kepala ke samping. Maksutnya perenang gaya kupu kupu bisa mengambil nafas dengan memalingkan atau memiringkan kepalanya ke samping kanan atau kiri. Pada saat memalingkan kepala ke kanan atau kiri usahakan mulu atau hidung anda keluar dari air. Anda dapat menghirup udara melalu hidung atau mulut. Mengambil nafas dengan memalingkan kepala kesamping jarang dilakukan oleh perenang karena dianggap sulit.

Kemudian cara yang kedua adalah mengambil nafas dengan cara kedepan dan mengangkat leher anda. Cara ini bisa dilakukan pada saat posisi gerak renang perenang berada di posisi belakang tubuh menuju ke depan. Anda bisa mengangkat kepala anda sampai batas dahi kemudian menghirup oksigen semaksimal mungkin. Anda dapat menghirup oksigen melalui hidung atau mulut.

  1. Cara mengambil nafas dalam renang gaya punggung

Renang gaya punggung memang berbeda dengan renang gaya yang lainnya. Hal ini dikarenakan posisi tubuh pada saat melakukan renang gaya punggung terlentang diatas air buka tengkurap menghadap ke air. Posisi yang terlentang diatas air tersebut tentunya sangat menguntungkan perenang karena bisa bebas dan leluasa mengambil nafas.

Namun disarankan cara pengambilan nafas pada renang gaya punggung adalah pada saat salah satu lengan mengayun ke dalam air. Lalu cara membuang nafasnya pada saat lengan yang satunya lagi di ayunkan ke dalam air. Cukup mudah bukan?

Macam Macam Manfaat Berenang

Renang sebagai salah satu cabang olahraga yang digemari masyarakat dunia tentunya memiliki kegunaan dan manfaat bagi tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian berikut.

  1. Menambah tinggi badan

Banyak orang yang memang sengaja berenang dengan tujuan agar tinggi badannya bertambah. Langkah tersebut dinilai tepat karena berenang dapat merangsang pertumbuhan tulang. Lakukanlah renang secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu agar tinggi badan anda cepat bertambah. Anda juga jangan lupa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium agar lebih menunjang pertumbuhan tulang.

  1. Dapat membakar kalori

Berenang memang digadang gadang bisa membakar kalori di dalam tubuh anda. Hal ini dikarenakan berenang memerlukan tenaga yang besar sehingga membuat anda mengeluarkan energi lebih dalam melakukannya. Berenang sangat cocok untuk anda yang menginginkan tubuh ideal dan proposional. Berenang juga dapat mengurangi bahkan menghilangkan gelambir di dalam tubuh anda.

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa berenang memerlukan energi yang besar. Saat di dalam air, anda akan merasa bahwa berat badan anda lebih besar daripada berada di atas air. Jadi tentunya pada saat berenang di dalam air pastinya memerlukan kekuatan otot yang besar. Jika anda rutin melakukan renang, kekuatan otot anda tentunya akan meningkan dan terlatih.

  1. Mengurangi stres dan depresi

Menurut beberapa penelitian, berenang dapat mengurangi beban pikiran anda dan depresi yang anda alami. Penelitian tersebut sudah dibuktikan dengan meneliti 10 orang yang sedang mengalami depresi kemudian di bagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama yaitu 5 orang diajak untuk berenang, kemudian kelompok yang kedua yaitu 5 orang diajak untuk shopping.

Dari hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan 5 orang yang berenang lebih merasa senang daripada 5 orang yang pergi shopping. Maka dari itu, bagi anda yang sedang memiliki beban pikiran yang berat disarankan untuk berenang.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

memperlancar denyut jantungRenang merupakan salah satu bentuk latihan aerobic. Latihan aerobic memang dianggap berguna untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal dan meningkatkan kesehatan jantung. Berenang dapat memperlancar denyut jantung dan peredaran dari di dalam tubuh. Maka dari itu, untuk anda yang ingin sehat dan memiliki badan yang iedela disarankan untuk berenang. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang sehat untuk menunjang kesehatan jantung anda.

Penjelasan diatas tentang sejarah renang, cara melakukan beberapa gaya renang, dan manfaat berenang semoga dapat menjadi referensi bagi anda. Uraian di atas bisa dijadikan pengetahuan untuk anda yang belum paham betul mengenai olahraga renang.