Skip to main content

Standar Ukuran Kolam Renang dan Jenis Kolam

ukuran kolam renangOlahraga renang adalah olahraga yang memiliki banyak kegiatan yang mengasyikkan di dalam air, sangat dipercaya jika olahraga renang bisa menghilangkan atau mengurangi stres yang dimiliki oleh seseorang. Renang rekreasi biasanya dilakukan oleh banyak keluarga karena hal ini merupakan hal yang menyenangkan. Bagi para atlet renang pun sama, olahraga renang adalah olahraga yang membuktikan skill yang dimiliki oleh atlet perenang. Jika anda ingin mendalami olahraga ini, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui ukuran kolam renang dan jenis kolam renang.

Ukuran Kolam Renang untuk standar Ajang olahrga

Kolam renang yangdigunakan untuk berlomba memilki standar yang disesuaikan untuk seluruh dunia. Oleh karena itu, jika anda ingin membangun gelanggang olahraga renang, maka anda harus mengetahui ukuran kolam renang nasional dan internasional yang biasanya dipakai saat di ajang perlombaan. Pada dasarnya hal ini membuat para atlet merasakan berada di kolam yang memang biasa digunakan untuk berlomba. Selain itu kolam renang yang memiliki ukuran standar internasional sangat jelas mendukung para atlet Indonesia untuk berlatih sehingga sangat disarankan kalam renang memiliki ukuran yang sudah disesuaikan dengan standar Internasional. Adapun jug standar nasional yang biasanya digunakan untuk perlombaan nasional. Berikutadalah standar yang digunakan dalam ukuran kolam renang.

  1. Kolam Renang untuk Standar Internasional

Sangat jelas jika kolam renang standar internasional adalah kolam renang yang biasanya digunakan sebagai ajang olahraga untuk seluruh dunia. Hal ini diperlukan agar seluruh peserta bisa memiliki tolak ukur yang sama saat menggunakan kolam renang. Berikut merupakan ukuran kolam untuk renang dengan standar internasional.

  1. Panjang kolam untuk standar internasional 50 meter
  2. Lebar kolam untuk standar internasional 25 meter
  3. Kedalaman kolam untuk standar internasional minimal yaitu kurang lebih 1,35 meter dan mulai pada jarak 1 meterdi jalur awal hingga kurang lebih 6 meterjika dihitungdari jarak dinding kolam dan memiliki balok start. Kedalaman yang dimiliki oleh bagian kolam lainnya adalah 1 meter.
  4. Suhu Air yang digunakan kolam standar internasional adalah kurang lebih 25° C
  5. Kolam renang standar internasional menggunakan pencahayaannya dengan kekuatan 1500 lumen
  6. Garis Lebar lintasan kolam renang standar internasional 2,50 meter setiap jalur atau lintasan
  7. Jumlah lintasan kolam renang standar internasional berjumlah 8 jalur
  8. Kolam Renang yang digunakan Standar Nasional

Kolam renang standar nasional adalah kolam renang yang hanya disesuaikan standarnya untuk Indonesia saja. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mampu menyelesaikan ukuran kolam renang standar internasional. Berikut ini adalah ukuran yang dimiliki oleh kolam renang berstandar nasional. Standarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan standar yang dimiliki oleh kolam renang internasional

  1. Ukuran panjang kolam untuk olahraga renang standar nasional: 50 meter
  2. Ukuran lebar kolam untuk olahraga renang standar nasional: 25 meter
  3. Ukuran kedalaman kolam renang standar nasional minimal: 2 meter
  4. Lebar jalur kolam renang yaitu 2,5 meter tiap jalur atau lintasan
  5. Jumlah lintasan pada kolam renang standar nasional adalah 8 jalur
  6. Suhu air untuk kolam standar nasional adalah kurang lebih 25° C
  7. Pencahayaan yang digunakan saat malam hari dengan lampu berkekuatan 1500 Lumen

Jenis Kolam Renang yang Biasanya digunakan

Setelah membahas masalah ukuran kolam renang, saatnya akan dibahas berbagaimacam kolam renang yang biasanya digunakan oleh orang – orang untuk berenang. Banyaknya jenis kolam biasanya disesuaikan dengan fungsinya yang dimiliki oleh kolam tersebut. Jika anda penasaran, berikut ini adalah jenis kolam yang bisa anda kunjungi.

  1. Lap Pool

Lap pool adalah kolam renang yang dibangun dengan desain memanjang dan sempit. Kolam renang lap pool biasanya di desain untuk orang – orang  yang bermasalah dengan kesehatannya. Adanya ide membangun kolam renang seperti ini harapannya orang – orang akan intens dalam melakukan renang karena ukurannya yang disesuaikan untuk latihan intens.

  1. Exercise Pool

Jenis kolam renang selanjutnya menurut fungsi yaitu exercise pool atau kolam renang untuk latihan. Sesuai dengan namanya, kolam renang ini adalah kolam renang yang biasanya digunakan untuk latihan para atlet renang. Hal ini bisanya ditemukan di kolam renang yang biasanya dikunjungi. Ukuran kolam renangnya lebih kecil pada umumnya dan diberikan fasilitas berupa arus pada kolam tersebut. Penggunaan arus bertujuan untuk melatih para perenang melakukan renang melawan arus.

  1. Play Pool

Kolam renang ini adalah kolam renang yang biasanya digunakan banyak anak untuk berenang dan lain sebagainya. Kolam renang ini hanya memiliki ketinggian air yang rendah karena dikhususkan untuk anak – anak. Selain itu desain kolam renang yang warna warni dan menarik bisa menjadi daya tarik utama dari kolam renang play pool. Adapun versi besar dari play pool seperti waterpark atau water boom yang dilengkapi oleh berbagai macam wahana yang menghibur.

  1. Private Pool

Private pool atau kolam renang pribadi merupakan adalah jenis kolam renang yang digunakan untuk pribadi. Desain yang dimiliki oleh kolam ini disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik kolam tersebut. Tujuan utamanya hampir sama berfungsinya sebagai ruang keluarga, namun ruang ini berada di dalam air sehingga lebih memiliki suasana yang berbeda. Kolam renang pribadi bisa memiliki ukuran dan desain yang disesuaikan dengan keinginan si pemiliknya.

Demikian beberapa jenis kolam renang dan ukuran kolam renang yang sudah dijelaskan pada anda. Semoga pengetahuan anda tentang renang bisa semakin terasah dan bisa menghasilkan prestasi.

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *