Skip to main content

Macam Macam Gaya Berenang dan Cara Melakukannya

macam macam gaya berenangRenang merupakan salah stu cabang olahraga yang digemari masyarakat dunia salah stunya masyarakat Indonesia. Berenang memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang baik bag tubuh dan kesehatan. Banyak orang orang yang gemar melakukan olahraga ini mulai dari anak kecil sampai orangtua. Namun tahukah anda dalam olahraga renang terdapat beberapa gaya? Jika anda belum mengetahui, simaklah penjelasan dibawah ini tentang macam macam gaya berenang dan cara melakukannya. Lets check it!

Beberapa Macam Gaya Berenang Dan Cara Melakukannya

Pada era moderen ini telah dikembangkan 4 gaya berenang. Tidak usah berlama lama lagi, untuk mengobati rasa penasaran anda langsung saja simak penjelasan berikut ini.

  1. Renang gaya bebas

Renang gaya bebas merupakan salah satu gaya berenang yang mudah dilakukan. Gaya renang ini tidak memerlukan teknik khusus dalam melakukannya. Namun meskipun begitu, anda harus tetap memperhatikan cara cara dan teknik melakukan gaya renang bebas ini.

Cara melakukannya yaitu dengan posisi badan anda menghadap ke arah air, kemudian kedua tangan anda diluruskan kedepan. Dalam gerakan lengan, salah satu tangan anda harus mendayung ke depan secara bergantian. Sambil menggerakan tangan anda secara bergantian, kedua kaki anda digerakan naik turun didalam air.

Pernafasan pada renang gaya bebas ini dilakukan pada saat salah satu lengan anda digerakan kedepan keluar permukaan air. Pada saat itu, kepala anda dimiringkan keatas ke kanan atau ke kiri, dan pada saat itulah anda mengambil nafas di atas permukaan air. Setelah mengambil nafas, kepala anda dibalikan kembali ke arah air.

Cukup mudah bukan melakukan renang gaya bebas? Namun kekurangan renang gaya bebas adalah gerakan kaki yang naik turun sehingga menyipratkan air kemana mana. Oleh sebab itu renang gaya bebas jarang dilombakan dalam pertandingan renang.

  1. Renang gaya kupu kupu

Yang selanjutnya adalah renang gaya kupu kupu. Renang gaya kupu kpu adalah salah satu gaya renang yang posisi badannya menghadap ke permukaan air. Gaya renang ini termasuk gaya renang termuda karena baru diresmikan pada tahun 1933. Renang gaya kupu kupu terbilang gaya renang yang cukup sulit karena membutuhkan koordinasi antara gerakan tangan dan kaki.

Cara melakukan renang gaya kupu kupu adalah dengan kedua tangan lurus kedepan, kemudian kedua tangan tersebut ditekan kedalam air sehingga menimbulkan dorongan yang mengakibatkan bagian kepala terdorong keluar permukaan air. Setelah itu tangan yang ada di dalam air berputar ke atas air lalu kembali lagi. Pada saat yang bersamaan, gerakan kaki anda menendang kebawah dan atas seperti gerakan sirip ikan lumba lumba.

Teknik pengambilan nafas pada renang gaya ini adalah pada saat gerakan lengan anda mendorong keluar bagian kepala. Anda bisa mengambil nafas melalu hidung atau mulut, disesuaikan dengan keinginan anda. Renang gaya kupu kupu sering diperlombakan dalam nomor lomba renang karena dinilai memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

  1. Renang gaya dada

Renang gaya dada sering disebut dengan gaya katak. Hal ini dikarenakan posisi kaki pada saat renang gaya ini menerupai katak pada saat berenang. Renang gaya dada termasuk gaya renang tertuai di dunia. Pasalnya pada masa peradaban mesir kuno masyarakatnya telah berenang menggunakan gaya dada. Hal ini bisa dilihat dari penemuan lukisan lukisan di dinding gua di daerah Mesir yang berisi tentang seseorang yang sedang berenang.

Gaya renang dada cukup mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan memperhatikan cara cara sebagai berikut. Langkah pertama adalah gerakan tangan. Posisi lengan anda pada saat renang gaya dada adalah lurus kedepan. Lalu tangan kedua tangan anda digerakan dengan cara membuka dan menutup didalam air.

Kemudian langkah yang selanjutnya adalah gerakan kaki. Gerakan kaki pada saat melakukan renang gaya katak adalah kedua kaki anda menendang ke arah luar seperti gerakan kaki katak pada saat berenang. Pengambilan nafas pada saat renang gaya ini yaitu pada saat mulut anda berada di permukaan air. Agar posisi mulut anda berada diatas permukaan air, anda perlu melakukan hentakan atau dorongan dari gerakan tangan anda.

  1. Renang gaya punggung

Renang gaya punggung juga termasuk salah satu gaya renang tertua di dunia. Sejarah gaya renang punggung pertama kali ditemukan pada lukisan lukisan di peradaban mesir kuno. Tidak hanyai itu, masyarakat Yunani pada jaman dahulu juga telah mempraktekan renang gaya punggung dalam perlombaan atau olimpiade.

Renang gaya punggung berbeda dengan gaya renang lainnya. Hal ini dikarenakan posisi renang gaya punggung terlentang diatas air bukan tengkurap seperti gaya renang dada, bebas, dan kupu kupu. Gaya renang punggung memiliki teknik yang khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. Dalam melakukan renang gaya ini, anda harus memperhatikan beberapa cara caranya, seperti.

Badan anda harus mengapung terlentang di atas permukaan air, kemudian kedua tangan anda direntangkan lurus ke atas. Setelah itu tangan kanan dan kiri anda mengayuh di dalam air secara bergantian. Sambil melakukan gerakan tangan, anda juga perlu melakukan gerakan kaki agar tubuh anda bisa maju kedepan.

Gerakan kaki pada gaya renang ini sebenarnya sama dengan gerakan kaki gaya bebas yatu dengan menaik turunkan kedua kaki secara bergantian di dalam air. Karena posisi tubuh anda terlentang diatas air, anda bisa bebas mengambil nafas melalui hidung atau mulut anda.

Penjelasan diatas mengenai gaya berenang semoga bisa dijadikan bahan pengetahuan anda tentang renang. Anda bisa memilih salah satu gaya renang diatas untuk dipelajari. Lakukanlah latihan secara rutin agar anda bisa menguasainya.

Artikel terkait :