Skip to main content

Macam Macam Teknik Renang yang Mudah Dilakukan

Macam Macam Teknik Renang yang Mudah DilakukanRenang merupakan salah satu cabang olahraga dan latihan aerobik. Olahraga renang sangat digandrungi masyarakat dunia terutama Indonesia. Hal ini dikarenakan iklim Indonesia yang tropis dan cenderung panas menyebabkan penduduknya senang untuk berendam di air atau berenang. Olahraga renang memiliki gaya dan teknik tersendiri. Teknik renang untuk pemula harus dilakukan dengan benar karena sangat mempengaruhi posisi badan anda dan jarak tempuh di dalam air. Untuk lebih jelasnya mengenai teknik tentang renang, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Berbagai Macam Teknik Renang Yang Sangat Mudah Dilakukan

Sebelum anda menguasai beberapa gaya renang yang ada, langkah pertama yang anda harus lakukan adalah menguasai teknik renang untuk pemula. Tidak usah berlama lama langsung saja simak penjelasan berikut ini. Lets check it!

  1. Teknik start dan pembalikan di dalam air

Teknik start adalah teknik renang untuk pemula pertama yang harus anda kuasai. Teknik start pada olahraga renang yaitu berada diatas balok di pinggir kolam renang. Dalam posisi start anda harus memperhatikan posisi badan yang benar. Posisi badan pada saat melakukan start adalah membungkukan dada dan lutut anda, kemudian kedua tangan anda menjepit berada di sisi kolam, pandangan mata anda fokus ke arah kaki anda.

Anda juga harus memperhatikan aba aba dari wasit agar anda tidak terlambat atau mendahului start. Lakukanlah teknik start ini dengan baik karena sangat mempengaruhi jarak tempuh renang anda di dalam kolam. Perlu diingat teknik start pada balok kolam renang tidak berlaku untuk renang gaya punggung.

Yang selanjutnya adalah teknik pembalikan tubuh di dalam air, teknik pembalikan dilakukan pada saat anda sudah mencapai ujung kolam lalu akan kembali ke garis finish atau posisi start. Melakukan pembalikan tubuh didalam air ada dua cara.

Cara yang pertama yaitu pembalikan biasa, pembalikan biasa dilakukan dengan cara membalikan tubuh didalam air kemudian lanjut berenang. Yang kedua adalah pembalikan khusus, dilakukan dengan cara tungkai kaki anda menyentuh dinding kolam lalu anda melakukan salto atau memutar tubuh didalam air.

  1. Teknik meluncur

Teknik dalam olahraga renang yang kedua adalah meluncur. Teknik meluncur adalah gerakan tubuh anda secara horisontal yang berada dibawah permukaan air. Teknik meluncur adalah teknik dasar yang harus anda kuasai. Hal ini dikarenakan jika anda tidak menguasai teknik meluncur bisa dipastikan anda tidak akan bisa melakukan berbagai gaya dalam renang.

Teknik meluncur sebenarnya mudah dilakukan jika anda memperhatikan cara cara meluncur yang baik. Berikut adalah cara meluncur yang baik, yaitu anda harus berada di dalam air dan posisi tubuh anda membelakangi dinding kolam. Kemudian and aharus menempelkan salah satu telapak kaki ke dinding kolam, setelah menempelkan salah satu telapak kaki anda di dinding kolam, kedua tangan anda dirapatkan kedepan membentuk angka satu.

Lalu mulailah tolakan meluncur dengan mendorong salah satu telapak kaki anda yang menempel di dinding kolam lurus ke depan. Usahakan kepala anda berada di dalam permukaan air sampai telinga anda sejajar dengan lengan yang diluruskan. Lakukan langkah langkah diatas sampai jarak luncuran anda jauh. Cukup mudah bukan cara melakukannya?

  1. Teknik mengapung atau mengambang

Teknik mengambang atau mengapung harus bisa dikuasai oleh para pemula atlet renang. Hal ini dikarenakan, olahraga renang memang mengharuskan atletnya mengapung dan tidak tenggelam di dalam air. Teknik mengapung diatas air bisa dilakukan dengan mudah jika para perenang mengindahkan tata cara yang berlaku. Hal pertama yang harus dilakukan perenang adalah membulatkan tekad, keberanian, dan optimisme bahwa tidak akan tenggelam di dalam air.

Karena pikiran negatif dan perasaan takut tenggelam di dalam air tidak akan membantu dalam proses pembelajaran. Bagi anda para perenang pemula yang ingin bisa dalam teknik mengapung terlentang harus memperhatikan cara cara berikut, seperti. Meluruskan kedua tangan anda, kemudian kaki anda juga diregangkan lurus agak sedikit membuka, posisikan badan anda terlentang rileks diatas air.

Jika anda akan mengapung dengan posisi tengkurap di dalam air cara melakukannya cukup mudah. Anda hanya perlu menahan nafas sejenak di dalam air, kemudian kedua tangan anda direntangkan lurus kedapan, lalu perlahan lahan kedua kaki anda diangkat dan direntangkan lurus secara rileks diatas permukaan air. Usahakan kepala anda berada didalam permukaan air sampai telinga anda masuk sedikit kedalam air.

  1. Teknik pernafasan

Selanjutnya teknik yang paling penting adalah pernafasan. Karena manusia bernafas dengan paru paru, tentunya membuat kita sebagai manusia sukar untuk bernafas didalam air. Jika anda ingin menjadi seorang perenang yang hebat dan handal, anda harus menguasai teknik perafasan renang dengan baik.

Anda bisa melakukan latihan teknik pernafasan dengan cara menyelam di dalam kolam renang dengan menutup hidung selama beberapa saat. Sebelum melakukan latihan pernafasan didalam air tentunya anda harus mengambil nafas diatas air semaksimal mungkin.

Anda bisa menahan nafas anda di dalam air sampai dirasa tidak kuat lagi, atau anda bisa membuang nafas dengan mulut secara perlahan di dalam air. Lakukan cara latihan pernafasan diatas sebanyak 10 sampai 15 kali agar anda lebih terbiasa menahan nafas di dalam air.

Perlu diingat, sebelum anda menguasai teknik pernafasan dengan baik dan benar, anda tidak disarankan untuk berenang di dalam air. Hal ini dikarenakan bisa membahayakan anda karena bisa saja tenggelam di dalam kolam.

Tentunya penjelasan diatas mengenai teknik renang semoga dapat dijadikan sebagai bahan pengetahuan mengenai olah raga renang ini. Lakukanlah beberapa cara melakukan teknik renang anda secara rutin agar anda cepat menguasai olahraga ini.